APA ITU VIRUS CORONA LOCKDOWN, DAN APA YANG BISA KAMU LAKUKAN & APA YANG TIDAK BISA?

Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com: Beberapa negara, termasuk Indonesia, Malaysia, Prancis, dan Italia telah mengumumkan lockdown sebagian atau seluruh daerahnya. Dalam Mata pelajarancg Bahasa Inggris mari ketahui tentang arti kata Lockdown khususnya dalam Pencegahan penyebaran pandemi virus Novel Coronavirus (COVID-19) yang terus menjadi perharian untuk kesehatan dunia.


Ketika Covid-19 memegang kendali tegas atas Indonesia, Pemerintah pusat dan daerah secara nasional berupaya keras untuk mencoba mengurangi dan mencegah penyebaran. Sesuai data pemerintah terbaru Jum'at (27/03/2020), covid-19 telah menelan korban dengan jumlah lebih Total Positif 1.046 di negara ini, 87 orang Meninggal dunia.


Meskipun pemerintah pusat Republik Indonesia hingga hari ini hanya masih menetapkan physical distancing atau jaga jarak, namun beberapa pemerintah daerah telah menerapkan kebijakan lockdown yang dilakukan secara lebih masif contohnya menerapkan penutupan terbatas di kawasan wisata, sekolah, maupun acara. Semi-lock-down diberlakukan hanya oleh kepala daerah tertentu di Indonesia, seperti: Daerah Solo, Bali, Tegal, Papua dan Maluku.


Daerah-daerah tersebut menerapkan kebijakan lockdown dengan berbeda-beda menyesuaikan kondisi daerah mereka terutama daerah yang penduduknya telah positif terinfeksi COVID-19 (coronavirus).

https://pelajarancg.blogspot.com/


Lalu, Apa yang dimaksud dengan lockdown yang diberlakukan untuk Anda? bersama pelajarancg.blogspot.com mari pelajari bersama:



APA ITU LOCKDOWN?

Lockdown adalah protokol darurat yang mencegah orang meninggalkan area tertentu. Lockdown penuh berarti Anda harus tetap di tempat Anda berada dan tidak keluar atau memasuki gedung atau area yang diberikan.


Skenario ini biasanya memungkinkan persediaan penting, toko kelontong, apotek, dan bank untuk terus melayani masyarakat. Semua kegiatan yang tidak penting tetap ditutup selama seluruh periode.


Indonesia, saat ini, tidak Lockdown sepenuhnya, hanya Semi-lock-down atau diberlakukannya physical distancing atau pembatasan dengan jaga jarak. Namun, pembatasan perjalanan yang sepenuhnya telah diberlakukan di beberapa daerah seperti Solo, Bali, Tegal, Maluku dan Papua, dan tempat-tempat umum telah ditutup. Layanan kereta api, bus antar kota telah ditangguhkan di seluruh negeri.


APA KEGIATAN YANG BISA DILAKUKAN?

Kegiatan penting termasuk mengambil bahan makanan dan persediaan medis, pergi ke dokter dan berjalan-jalan asalkan Anda mengikuti jarak sosial. Jika Anda bekerja untuk layanan penting, seperti dokter, para medis, perawat maka Anda tidak perlu mematuhi batasan-batasan ini.


APA YANG TERJADI APABILA ANDA MELANGGAR ATURAN?

Siapa pun yang melanggar aturan, masih belum ada ketegasan hukum yang diberlakukan oleh pemerintah Indonesia, namun sudah ada beberapa usulan mengenai atuaran ini. Sebagai contoh dari referensi Pelajarancg.blogspot.com dapatkan untuk Negara Italia, Warga negara yang kedapatan melanggar aturan ini dikenai hukuman berupa kurungan penjara selama tiga bulan atau denda sebesar 206 euro atau sekitar 3,5 juta rupiah. Negara Prancis, Warga negara yang melanggar akan dikenai sanksi berupa denda sebesar 135 euro atau sekitar 2,3 juta rupiah. Saat ini, restoran, taman kota, juga sekolah-sekolah di Prancis telah ditutup sepenuhnya oleh pemerintah setempat guna menekan angka penyebaran virus corona.


BISAKAH ANDA PERGI BEKERJA?

Sebagian besar kota besar di negara ini telah memerintahkan perusahaan swasta untuk membiarkan karyawannya bekerja dari rumah. Semua kantor akan tetap tutup atau bekerja dengan staf minimal hingga akhir periode lockdown. Pemerintah pusat dan beberapa daerah-daerah telah mengumumkan paket bantuan untuk pekerja harian dan pekerja sementara lainnya.


BAGAIMANA APABILA ANDA MEMIMIKI KEADAAN DARURAT?

Layanan darurat, seperti rumah sakit dan apotek, siap atau akan terus beroperasi seperti biasa.


HARUSKAH ANDA SIAPKAN PERSEDIAAN DIRUMAH?

Toko kelontong, serta market yang memiliki toko di dalamnya, akan tetap buka. Stok mungkin rendah, karena layanan transportasi akan sangat dibatasi.


KESIMPULAN APA ITU VIRUS CORONA LOCKDOWN, DAN APA YANG BISA KAMU LAKUKAN DAN APA YANG TIDAK BISA PADA TULISAN PELAJARANCG.BLOGSPOT.COM:

Selain Istilah tentang arti kata Lockdown, terdapat beberapa Islilah-istilah lain dalam Pencegahan dan pembatasan penyebaran pandemi virus Novel Coronavirus (COVID-19) yang digunakan Beberapa negara diantaranya:
  1. ODP Singkatan dari: Orang Dalam Pemantauan berarti orang dalam pemantauan, biasanya memiliki gejala ringan seperti batuk, sakit tenggorokan, demam, tetapi tidak ada kontak erat dengan penderita positif.
  2. PDP Singkatan dari: Pasien Dalam Pengawasan berarti orang dalam atau menjalani proses observasi melalui proses cek laboratorium yang hasilnya akan dilaporkan kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes RI.
  3. Suspect menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemkes) berarti orang atau pasien dengan pengawasan yang menunjukkan gejala infeksi Corona, pernah melakukan perjalanan ke daerah yang menjadi lokasi pesebaran Corona, melakukan kontak atau bertemu dengan orang yang positif COVID-19.
  4. Lockdown berarti sebuah negara seperti Malaysia, Italia, dan Prancis melakukan pengawasan ketat di semua wilayah negara, mengunci masuk atau keluar dari suatu wilayah/daerah/negara untuk mencegah penularan virus corona COVID-19.
  5. Social Distance berarti sebuah negara seperti Indonesia melakukan cara atau imbuan yang dilakukan kepada masyarakat untuk menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak antar manusia, menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang.
  6. Pandemi dalam pengertian epidemi atau penyebaran penyakit tertentu yang terjadi secara global dibanyak negara di dunia, contohnya: Virus Corona.
  7. Wabah berarti peningkatan secara mendadak suatu penyakit di tempat tertentu, contohnya: Wabah CoronaVirus.