PENGERTIAN CERITA FIKSI, CONTOH & JENIS CERITA FIKSI

Pelajari: Perbedaan unsur instrinsik dan ekstrinsik dalam cerita. pelajarancg.blogspot.com Cerita adalah rangkaian maupun berjenis karangan baik itu berupa fiksi maupun non-fiksi ini sangat disukai oleh anak juga orang dewasa. Di sekolah kita sering ditanya tentang "Apa yang dimaksud dengan cerita fiksi?" tentu saja ini mencakup pengertian bahwa cerita fiksi adalah karya sastra berisi dongeng rekaan atau didasari angan serta fantasi bukan berdasarkan kejadian nyata, namun imajinasi para ahli (pengarang). Sebagai contoh "Si Kancil" adalah cerita fiksi biasanya disebut fabel. Secara Umum cerita fiksi dibedakan menjadi 4 (empat) macam. Apapun macam macamnya:


Pengertian Cerita Fiksi, Contoh dan Jenis Cerita Fiksi


1. Dongeng

Dongeng merupakan bentuk cerita yang bersifat khayalan dan ajaib berasal dari mulut ke mulut kemudian dongeng tersebut diceritakan dari generasi ke generasi.

Dongeng dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:
  • Sage. Sage adalah dongeng yang berhubungan dari suatu kejadian atau peristiwa berkaitan dengan sejarah. Contohnya; Lutung Kasarung, Calon Arang dan Damarwulan.
  • Mite. Mite adalah jenis dongeng yang menyangkut suatu kepercayaan dalam masyarakat, peristiwa alam gaib seperti dewa dan peri. Contohnya; cerita tentang Dewi Sri seperti Ratu Padi, Putri dari Bambu.
  • Legenda. Legenda adalah jenis dongeng yang bersifat khayalan untuk menjelaskan tentang terjadinya suatu daerah atau tempat tertentu. Contohnya; terjadinya suatu daerah atau tempat tertentu. Contohnya; Terjadinya Tangkuban Perahu, Malin Kundang, Asal-usul Banyuwangi.
  • Fabel. Fabel yaitu sejenis dongeng berisikan cerita hewan-hewan yang mempunyai tingkah laku mirip dengan manusia. Contohnya; Peladuk Jenaka
  • Dongeng Lucu. Dongeng lucu adalah cerita fiktif yang berisikan kisah atau perjalanan suatu tokoh menimbulkan kelucuan juga humor. Contohnya; Lebai Malang dan Abu Nawas.


2. Novel

Novel adalah suatu cerita yang menceritakan tentang kisah hidup manusia pada kurun waktu panjang dalam hidupnya serta belum ada penjelasan secara sempurna. Contohnya; Koala Kumal dan Ketika Cinta Bertasbih.


3. Cerpen

Cerpen atau cerita pendek adalah bercerita tentang suatu kejadian dalam hidup manusia secara sekilas dan biasanya tidak ada penjelasan dalam akhir cerita. Contohnya; Cinta Laki-laki dan Sepotong Cinta dalam Diam.


Pelajari: 7 UNSUR-UNSUR INSTRINSIK DALAM CERITA

4. Roman

Roman yaitu suatu kisah yang bercerita tentang percintaan. Contohnya; Layar Terkembang dan Siti Nurbaya.


Demikianlah pengertian mengenai cerita fiksi, contoh dan jenisnya sekarang kamu sudah mengerti dalam memaknai cerita fiksi di pelajarancg.blogspot.com semoga bermanfaat!

Post a Comment for "PENGERTIAN CERITA FIKSI, CONTOH & JENIS CERITA FIKSI"