PELAJARAN SEJARAH: PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA

Sejarah Singkat Kemerdekaan Indonesia.


Pelajarancg.blogspot.com - Lengkapnya Peristiwa Kemerdekaan Indonesia sebetulnya merupakan bagian dari pidato proklamasi yang disampaikan oleh Ir. Soekarno sebagai wakil bangsa Indonesia. Proklamasi tersebut dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB bertempat di jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta, diiringi pengibaran Bendera Merah Putih sebagai bendera negara, dan dinyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya ciptaan WR Supratman.

Gambar: Naskah Teks Proklamasi Lama


Di sekolah biasanya kita akan ditanya dengan soal:

"Siapakah yang membuat dan membacakan teks proklamasi kemerdekaan atau pembacaan teks proklamasi?."


Melalui ringkasan peristiwa proklamasi berikut ini kamu bisa juga menjawab peristiwa rengasdengklok. Setelah melalui waktu yang sangat lama disertai pengorbanan besar seluruh rakyat Indonesia, akhirnya kemerdekaan dapat diwujudkan. Pada saat menjelang diproklamasikan kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tanggal 16 Agustus 1945, terjadi penculikan terhadap dua tokoh bangsa Indonesia yang paling terkemuka, yaitu Ir Soekarno dan Drs Muhammad Hatta oleh para pemuda pejuang Indonesia. Mereka dibawa dari Jakarta ke Rengasdengklok, Kerawang, Jawa Barat. Tujuan penculikan adalah agar kedua tokoh penting ini terhindar dari pengaruh ancaman dan tekanan pemerintah pendudukan Jepang.


Keesokan harinya, kedua tokoh dikembalikan lagi ke Jakarta dan diamankan di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda, tentara Jepang yang bersimpati terhadap perjuangan rakyat Indonesia untuk merdeka. Di rumah itulah, naskah proklamasi dirumuskan oleh tiga orang pemimpin golongan tua, yaitu Ir Soekarno, Drs Muhammad Hatta, dan Mr Achmad Soebardjo. Dari golongan muda, ada Sukarni, BM Diah, dan Mbah Diro. Setelah ditulis, naskah Proklamasi diketik oleh Sayuti Melik. Kemudian Ir Soekarno dan Drs Muhammad Hatta menandatanganinya atas nama bangsa Indonesia.
Sejak saat itu, bangsa Indonesia hidup merdeka dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Melalui Proklamasi tersebut, bangsa Indonesia mengumumkan kepada seluruh dunia bahwa bangsa Indonesia telah bebas dari penjajah. Adapun isi Proklamasi tersebut sebagai berikut.


PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta, 17 Agustus 1945
atas nama Bangsa Indonesia
SOEKARNO-HATTA


Sebenarnya diatas merupakan isi teks proklamasi yang sudah diperbaharui.


Untuk teks proklamasi otentik tentu memiliki perbedaan antara tulisan dari isi teks proklamasi lama dan baru terutama dalam penulisan teks tersebut walaupun memiliki makna sama.


Tulisan tentang peristiwa untuk Proklamasi Kemerdekaan RI ini sengaja pelajarancg buat untuk menyambut Hari kemerdekaan Indonesia ke-78 sebagai rasa syukur serta kata ucapan "SELAMAT HARI KEMERDEKAAN RI 2023" semoga saat tiba hari H (Agustusan) bukan hanya sekedar perayaan maupun mengirim logo Hari Kemerdekaan 17 Agustus semata tanpa memahami perjuangan untuk mencapainya. Demikianlah postingan Pelajarancg.blogspot.com, semoga bermanfaat!

Post a Comment for "PELAJARAN SEJARAH: PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA"