PELAJARAN BAHASA INDONESIA: CONTOH PIDATO SAMBUTAN PERINGATAN HARI KARTINI

Kegiatan upacara peringatan hari Kartini tahun 2019 dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah tentu ada materi untuk mengarang teks berupa tulisan perjuangan pahlawan emansipasi wanita dalam arti kesetaraan perempuan berupa kata sambutan melalui tema hari Kartini. Oleh sebab itu artikel ini dibuat khusus bagi siswa, ketua osis serta guru yang membutuhkan referensi contoh pidato tentang sejarah peringatan hari kartini singkat dan jelas, berikut plajarancg ulas.


CONTOH PIDATO TENTANG PERINGATAN HARI KARTINI UNTUK SEKOLAH

PELAJARAN BAHASA INDONESIA: CONTOH PIDATO SAMBUTAN PERINGATAN HARI KARTINI


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang Saya hormati ;
Para Kepala sekolah SD Kurikulum Pelajaran dan peserta upacara yang berbahagia.

Terlebih dahulu marilah senantiasa kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah mencurahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita, sehingga pada saat ini masih diperkenankan berkumpul di tempat ini untuk melaksanakan Upacara Hari Kartini Tahun 2019 yang ke-140, dalam keadaan sehat wal’afiat.

Pada kesempatan ini pula saya mengapresiasi setiap siswa, ketua osis serta guru yang selalu berdisiplin mengikuti setiap kegiatan upacara bendera maupun apel pagi di lingkungan sekolah SD Kurikulum Pelajaran.

Peserta Upacara yang berbahagia,

Pada tanggal 21 April hari ini merupakan kelahiran Pahlawan Nasional “IBU KARTINI”, yaitu pejuang Emansipasi Wanita yang kita peringati sebagai Hari Kartini.

Peringatan Hari Kartini tentunya lebih tepat bila dilakukan bukan hanya secara seremonial maupun ucapan selamat saja, akan tetapi selayaknya untuk direfleksikan dalam kegiatan aktual yang selaras dengan cita-cita perjuangan Ibu Kita Kartini, yaitu mencerdaskan bangsa, sejahtera dan berguna bagi sesama.Sebagai anak bangsa semestinya mengetahui dan faham akan makna perjuangan pahlawannya dalam hal ini “IBU KARTINI”.

Dalam makna jug tujuan kesamaan derajat perempuan dan laki-laki, tentunya jangan sampai kebablasan, sebab masing-masing secara kodrati mempunyai peranan yang berbeda. Sebagai seorang wanita tentu tidak bisa meninggalkan kodratnya sebagai perempuan.Perempuan yang sudah menikah yang memilih berkarir tetaplah sebagai seorang istri dan ibu bagi anak-anaknya. Dialah garda pertama pendidikan anak-anaknya.

Meski dalam kesehariannya saat ini kian tampak bahwa dalam mendudukkan dirinya sebagai sesama pejuang bangsa, perempuan telah dapat menempatkan diri sebagai pejuang yang tidak ingin dikatakan nomor dua terhadap kaum laki-laki. Baik pejuang dalam keluarga, dunia kerja maupun dalam masyarakat. Dengan demikian istilah istri sebagai kanca wingking seharusnya sudah ditinggal dan ditanggalkan.

Kepeloporan Raden Ajeng Kartini wajib kita tiru dan kita amalkan, yaitu semangat untuk keluar dari ketertindasan, semangat untuk memperjuangkan sesamanya, semangat untuk maju dan berkembang, serta semangat pantang menyerah pada keadaan. Semangat itu juga memperlihatkan betapa hak asasi manusia Indonesia ini sangat diperhatikan. Terlebih hak wanita dalam menempatkan diri ikut serta membangun nusa dan bangsa Indonesia.

Itulah semangat-semangat dari R.A. Kartini yang patut kita teladani. Semangat bergelora untuk membangun bangsa. Semangat dalam kita menghadapi setiap permasalahan. Semangat untuk pantang menyerah terhadap keadaan.

Peserta Upacara yang berbahagia,

Perempuan sebagai komponen bangsa semestinya bangga karena di negeri ini telah banyak sosok perempuan yang berprestasi di bidangnya, seperti menjadi presiden, Menteri, Bupati, Camat, Kepala Sekolah, Kepala Desa, Pimpinan Perusahaan, Kepala Dinas dan sebagainya. Semoga hal itu dapat menginspirasi bagi perempuan Indonesia untuk lebih maju di masa-masa yang akan datang.

Tidaklah berlebihan kiranya jika wanita sekarang ini sudah mampu berbicara sejajar dengan kaum laki-laki. Bahkan di sekolah Kurikulum Pelajaran ini telah banyak wanita yang memiliki kedudukan tinggi. Ini menunjukkan bahwa bangsa kita khususnya kaum wanita, benar-benar telah menyadari akan peran dan kemampuannya dalam ikut membangun kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

Hari Kartini senantiasa kita peringati setiap tahun. Namun hendaknya janganlah pada saat-saat peringatan ini saja kita menampilkan hasil karya dan cipta kaum wanita. Namun lebih daripada itu, mudah-mudahan setiap hari, setiap masa, perempuan Indonesia tetap berjuang dan tetap bercitra sebagai bagian dari bangsa yang harum namanya.

Semoga kaum perempuan Indonesia tetap tangguh, kuat dalam menjaga nama besar bangsa, negara, masyarakat, dan jangan lupa, semoga tetap tangguhjuga dalam menjaganama baik keluarga.

Peserta Upacara yang berbahagia,

Pada upacara kali ini kita  memperingati Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April. Hari Kartini diperingati setiap tahun dengan tujuan untuk merefleksikan kembali makna perjuangan R A Kartini.

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, Raden Ajeng Kartini ditetapkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan pada tanggal 2 Mei 1964. Hari kelahirannya tanggal 21 April ikut ditetapkan sebagai Hari Kartini.

Peringatan Hari Kartini yang setiap tahunnya dilaksanakan tepat tanggal 21 April merupakan momentum untuk mengevaluasi juga untuk memberi penghormatan pada peran Guru termasuk untuk motivasi siswa dalam belajar.

Memperoleh pendidikan dan pegajaran adalah hak semua bangsa Indonesia termasuk anak-anak, karena perjuangan RA Kartini tidak berhenti setelah beliau wafat akan tetapi semangatnya harus menjadi motivasi bagi kita semua.

Adapun Tema Hari Kartini tahun ini adalah “Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Kualitas Belajar Siswa Termasuk Perempuan Melalui Pendidikan Untuk Mewujudkan Generasi Indonesia Berkualitas”. Dari tema tersebut menegaskan kepada kita untuk mengingatkan tentang pentingnya pengetahuan dan pendidikan adalah kunci menuju itu semua.

Harapan kita semua pada hari Kartini ini kita dapat merefleksikan kembali makna semangat dari perjuangan R.A Kartini dan menjadi inspirasi dalam belajar mengajar untuk mewujudkan pendidikan Nasional yang berkualitas.

Peserta upacara yang berbahagia,

Demikian beberapa hal yang dapat kami sampaikan. Akhir kata, sekali lagi saya ucapkan Selamat hari Kartini yang ke-140 Tahun 2019 untuk generasi muda penerus perjuangan Kartini.

Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan serta kesuksesan untuk kita semua. Aamiin.

Sekian dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Kepala Sekolah Kurikulum Pelajaran

pelajarancg.blogspot.com

Post a Comment for "PELAJARAN BAHASA INDONESIA: CONTOH PIDATO SAMBUTAN PERINGATAN HARI KARTINI"