PELAJARAN SEJARAH : LOGO DAN TEMA HARI BIDAN INTERNASIONAL 2019

Kurikulum pelajaran sejarah logo dan tema Hari Bidan Internasional tahun 2019. Peringatan Hari Bidan Internasional diperingati setiap tanggal 5 Mei oleh seluruh negara sedunia temasuk Indonesia, menurut WHO Bidan sangat penting untuk penyediaan kualitas perawatan, di semua pengaturan, secara global. Semua wanita dan bayi baru lahir memiliki hak atas kualitas perawatan yang memungkinkan pengalaman melahirkan yang positif yang mencakup rasa hormat dan martabat, pendamping pilihan, komunikasi yang jelas oleh staf bersalin, strategi pereda nyeri, mobilitas dalam persalinan dan posisi kelahiran pilihan. Berdasarkan sejarah seingkatnya penetapan Hari Bidan Sedunia dalam bahasa Inggris: International Midwives Day pertama kali dirayakan 5 Mei 1991, dan sejak itu telah rayakan atau diperingatin di lebih dari 50 negara universal. Gagasan perayaan hari ini untuk mengenali dan menghormati bidan saat konferensi Konfederasi Bidan Internasional 1987 di Belanda.

Pada tulisan kali ini Kurikulum Pelajaran akan membahas mengenai mata Pelajaran sejarah Logo dan Tema Peringatan Hari Bidan Internasional tahun 2019. Sedang tulisan Pedoman Peringatan Hari Peringatan Hari Bidan Internasional tahun 2019 akan dibahas dalam artikel tersendiri.

Peringatan Hari Bidan Internasional memiliki sejarah yang panjang. Peringatan Hari Bidan Internasional Internasional diperingati dan dirayakan untuk pertama kali pada tanggal 5 Mei tahun 1991 dengan menggunakan tema “Menuju kelahiran yang aman untuk semua pada tahun 2000”. Hari ini ditetapkan untuk dirayakan secara tahunan untuk memenuhi permintaan tema berikut: “Dunia Membutuhkan Bidan Sekarang Lebih dari Sebelumnya”.

Salah satu upaya positif terhadap kesehatan bangsa, Hari Bidan Internasional telah mulai dirayakan setiap tahun untuk meningkatkan kesadaran tentang peran bidan serta untuk memenuhi meningkatnya kebutuhan bidan di seluruh dunia. Upaya universal, menerapkan tenaga kerja kebidanan yang terpelajar dan harmonis di semua sistem kesehatan yang berfungsi dengan memanfaatkan peralatan yang layak dan pasokan lainnya, telah mulai mencegah hingga 60% dari angka kematian ibu dan anak di seluruh dunia.

Adapun tujuan utamanya adalah:
  • Pemahaman dan pengertian tentang profesi Bidan. Bidan dan orang-orang dengan keterampilan kebidanan adalah pengasuh utama bagi wanita dan bayi baru lahir mereka selama kehamilan, persalinan, persalinan, dan dalam periode pasca persalinan. Bidan yang terampil adalah perbedaan antara hidup dan mati untuk ratusan ribu wanita dan bayi setiap tahun.
  • Namun ada kekurangan besar bidan di seluruh dunia. Banyak organisasi kesehatan bekerja di tingkat global, regional dan nasional untuk meningkatkan layanan kebidanan, mendukung upaya pelatihan dan menyediakan pasokan dan bahan untuk lembaga kebidanan.
  • Penghargaan terhadap pekerjaan bidan dalam berkontribusi pada mukjizat kelahiran dan untuk banyak hal lain yang mereka lakukan setiap hari berkontribusi pada kesejahteraan ibu dan anak di seluruh dunia.

Sejalan dengan tujuan tersebut, Hari Bidan Internasional menjadi bagian penting secara global mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan dalam menumbuhkan pendidikan juga profesi kesehatan seperti bidan, perawat termasuk kesejahteraan para bidan-bidan sedunia.


1. LOGO PERINGATAN HARI BIDAN INTERNASIONAL 2019

Logo Peringatan Hari Bidan Internasional, adalah sebagai berikut.

PELAJARAN SEJARAH : LOGO DAN TEMA HARI BIDAN INTERNASIONAL 2019



2. TEMA PERINGATAN HARI BIDAN INTERNASIONAL 2019

Sebagaimana ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tema yang diangkat dalam Peringatan Hari Bidan Internasional tahun 2019 adalah dalam bahasa Inggris "Midwives: Defenders of Women's Rights” yang artinya "Bidan: Pembela Hak-Hak Perempuan". dengan tema ini diharapkan kita dapat termotivasi juga terinspirasi supaya mendukung strategi Global untuk Kesehatan Wanita, Anak-anak dan Remaja dari profesi kebidanan.


3. MAKNA PELAJARAN SEJARAH : LOGO DAN TEMA HARI BIDAN INTERNASIONAL 2019

Di Indonesia, Kita memperingati atau merayakan Hari Bidan Nasional yang jatuh pada tanggal 24 juni dimana hari ini merupakan hari ulang tahun atau berdirinya organisasi profesi yaitu bidan. Berdasarkan sejarah mengatakan bahwa Organisasi ini dikenal dengan IBI (Ikatan Bidan Indonesia) yang berdiri pada tanggal 24 juni 1951 di Jakarta dan langsung bergabung dalam organisasi wanita KOWANI, lima tahun kemudian pada tahun 1956 IBI menjadi anggota International of Midwives (ICM). Selain sebagai organisasi profesi IBI juga terdaftar sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Semoga hakekat kegiatan acara peringatan ini bisa dimaknai dengan sesungguhnya bukan sekedar kata ataupun ucapan semata.
Akhir kata dari pembahasan saya mengucapkan selamat Hari Bidan Internasional juga terimakasih untuk bidan-bidan juga perawat sedunia khususnya bagi para bidan Indonesia atas layanan terbaik.

Post a Comment for "PELAJARAN SEJARAH : LOGO DAN TEMA HARI BIDAN INTERNASIONAL 2019"