LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI KOPERASI NASIONAL (HARKOPNAS) 2019

Logo dan Tema Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) Tahun 2019. Peringatan Hari Koperasi Nasional diperingati setiap tanggal 12 Juli oleh pemerintah Republik Indonesia berdasarkan Kongres Koperasi pertama kalinya di Tasikmalaya yang diselnggarakan oleh Gerakan koperasi di Indonesia. Menurut sejarah singkatnya Penetapan Hari Koperasi Nasional dilatarbelakangi dari keputusan kongres tanggal 12 Juli 1947 dengan menetapkan:
  • Mendirikan sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia (SOKRI)
  • Menetapkan gotong royong sebagai asas koperasi
  • Menetapkan pada tanggal 12 Juli sebagai hari Koperasi.


Pada tulisan kali ini Kurikulum Pelajaran Sejarah akan membahas mengenai Logo dan Tema Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) Tahun 2019. Sedang tulisan Pedoman Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-72 Tahun 2019 bisa didapat dari situs resminya.


Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) memiliki sejarah yang panjang. Peringatan Hari Koperasi Nasional yang diselenggarakan setiap tanggal 12 Juli tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari keputusan kongres tanggal 12 Juli dan Dr. Drs. H. Mohammad Hatta selaku Bapak Perintis Koperasi Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum bukan hanya sebagai alat perjuangan membebaskan rakyat dari penderitaan, namun menjadi alat bantu pembangunan dan perkembangan perekonomian Indonesia saat ini yang semakin pesat. Dengan didasari pada asas kekeluargaan, koperasi telah memperbaiki taraf hidup bangsa Indonesia.


Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Menkop dan UKM) dan Harkopnas untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan Agenda rangkaian kegiatan yang puncaknya akan dilaksanakan GOR Satria, Puwokerto Bayumas - Jawa Tengah dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional. Hal ini dimaksudkan agar semua insan perkoperasian mengingat kembali filosofi dari nilai asas kekeluargaan, koperasi telah memperbaiki taraf hidup bangsa Indonesia sebagaimana kutipan dari kata-kata mutiara Bapak Koperasi Indonesia Bung Hatta yang mengatakan "Koperasi adalah usaha bersama dengan berdasarkan atas kekeluargaan."


Adapun tujuan utamanya adalah:
  • Komitmen seluruh insan perkoperasian akan penting dan strategisnya koperasi bagi pemutus mata rantai kesenjangan di kalangan masyarakat;
  • Mengingatkan kembali kepada seluruh insan perkoperasian akan filosofi dari kata kata bijak Bapak Koperasi Indonesia Bung Hatta dalam meletakkan dasar dan arah koperasi Nasional;


Sejalan dengan tujuan tersebut, Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) menjadi bagian penting dalam mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan dalam membangun koperasi termasuk karakter menuju bangsa gotong royong melalui dasar dan arah perekonomian bangsa melalui koperasi yang berkelanjutan.


1. LOGO PERINGATAN HARI KOPERASI NASIONAL (HARKOPNAS) 2019

Logo Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas), adalah sebagai berikut.

LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI KOPERASI NASIONAL (HARKOPNAS) 2019
Gambar logo Harkopnas (Hari Koperasi Nasional) 2019 Yang ke-72





2. TEMAPERINGATAN HARI KOPERASI NASIONAL (HARKOPNAS) 2019

Sebagaimana ditetapkan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Menkop dan UKM) dan Harkopnas, tema yang diangkat dalam Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) tahun 2019 adalah "Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0”. dengan tema ini diharapkan kita dapat meningkatkan perekonomian didasari pada asas kekeluargaan, koperasi telah memperbaiki taraf hidup bangsa Indonesia



3. MAKNA LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI KOPERASI NASIONAL (HARKOPNAS) 2019

Adapun memaknai HARKOPNAS tahun 2019 jika melihat dari tema ini dapat artikan bahwa penguatan koperasi terutama di era revolusi industri 4.0 secara tidak langsung akan berdampak pula pada majunya perekonomian bangsa Indonesia.

Baca:


Inilah hakekat yang mestinya menjadi makna sesungguhnya bukan sekedar kata ataupun ucapan semata.


Akhir kata dari pembahasan pelajarancg mengucapkan Selamat memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) yang ke-72 tahun 2019 untuk koperasi-koperasi juga insan perkoperasian bangsa yang berasas kekeluargaan

Post a Comment for "LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI KOPERASI NASIONAL (HARKOPNAS) 2019"