LOGO HUT RI 2021 KE-76 LEWAT TEMA KATA BERMAKNA INDONESIA TANGGUH, INDONESIA TUMBUH

pelajarancg.blogspot.com - Setiap tanggal 17 bulan Agustus Negara Republik Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun (disingkat: HUT) untuk memperingati Kemerdekaan Indonesia. HUT RI adalah merayakan dalam sejarah momen HUT dimana bangsa RI memproklamasikan pembebasan diri dari penjajah. RI menyatakan kemerdekaannya ditandai dengan pembacaan Proklamasi Kemerdekaan oleh Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945, Isi Proklamasi inilah yang menjadi semangat persatuan para pendiri serta pejuang Negara Indonesia buat mendapat pengakuan dunia Internasional. Dengan semangat perjuangan tersebut sudah seharusnya menjadikan motivasi juga energi positif bagi kita generasi muda bekerja membangun Indonesia lebih baik kedepan bukan sekedar kata-kata tanpa makna karena ketika semua kerja sama tentu saja kemerdekaan berarti dapat diraih.


Mungkin kamu akan banyak menerima ucapan "SELAMAT HARI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA" atau Dirgahayu RI dalam perayaan HUT Kemerdekaan namun kata kata ucapan tidak memaknai apapun apabila kata-kata tersebut sebatas persyaratan saja.


Olehsebab itu melalui surat edaran Penyampaian Peringatan Hari Kemerdekaan Tahun 2021 Kementrerian Sekretariat Negara (Setneg) merilis tema dan logo resmi peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 76, yang pada gambar logo Kemerdekaan RI tahun 2021 memiliki makna.


Tema dan Logo Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021 pedoman penggunaan identitas Visual HUT ke-76 Kemerdekaan RI, inilah detail gambarnya di pelajarancg.blogspot.com.

https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar: Logo dan Tema HUT RI ke 76



Adapun logo HUT RI Ke 76 17 Agustus 2021 diatas memiliki empat makna sebagai berikut.
  1. makna pertama, tentang stabilitas dan pembangunan yang digambar dengan bentuk angka '7' diasosiasikan sebagai bagian dari 'tiang pancang' infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian indonesia. Bentuk ini melambangkan 'kepala garuda' yang melambangkan pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara.
  2. makna kedua, gerak dan pertumbuhan yang digambar dengan bentuk angka '6' diasosiasikan sebagai 'orang & roda yang sedang bergerak' terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi.
  3. makna ketiga, ruang kebersamaan, .yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan indonesia. Selain itu dapat diasosiasikan bentuk 'panah' yang melambangkan pertumbuhan yang berkesinambungan.
  4. Keempat, Persatuan dan Harapan, yang digambarkan dalam bentuk 'lingkaran' yang merupakan bentuk sempurna yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai. Bentuk ini juga dapat diasosiasikan persatuan indonesia.



Dalam HUT RI 2021 ke 76 lewat tema kata bermakna Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh terdapat logo bangga buatan indonesia meliputi gabungan dari logogram dan tagline dengan sentuhan modern, terlihat dalam bentuk huruf-huruf dan sederhana secara keseluruhan. Logogram, digunakan untuk menunjukkan cinta terhadap produk lokal indonesia. Juga menggambarkan perasaan bangga terhadap produk lokal Indonesia, sekaligus menunjukkan kesatuan sebagai satu Indonesia.


Selengkapnya untuk mengetahui Tema, Logo, dan Gambar Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI Ke-76 tahun 2021, Silahkan Download melalui panduan visualisasi termasuk gambar yang ada pada link yang dibagikan pelajarancg.blogspot.com:



Link download Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Nomor B-446 tentang Penyampaian Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 silahkan unduh file PDF disini


Link download Logo dan Tema Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 silahkan unduh file PNG, JPEG, dan PDF disini


Link download Salinan Keputusan Menteri Sekretaris Negara Nomor 109 tahun 2021 untuk Pembentukan Panitia Pelaksana HUT Ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021 silahkan unduh file PDF disini


Dengan memahami logo bertema semoga menjadi kalimat efektif dari dirgahayu HUT Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini serta merayakannya lebih efektif bagi pengunjung blog pelajarancg.blogspot.com!!! (Last Update 23/06/2021)

1 comment for "LOGO HUT RI 2021 KE-76 LEWAT TEMA KATA BERMAKNA INDONESIA TANGGUH, INDONESIA TUMBUH"

  1. Mencetak SDM unggul diawali dari PENDIKEL didukung Dan dilanjutkan pendidikan Di sekolah yg kata lain perlu PENINGKATAN skill tenaga pendidiknya...MANTAP program PRESIDEN KITA

    ReplyDelete