SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL (HSN) 2022

https://pelajarancg.blogspot.com/
Sejarah dan Tema Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Ke-7 Tahun 2022. (Gambar : Logo HSN 2022 Kemenag)


Pelajarancg.blogspot.com - Peringatan Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober oleh bangsa Indonesia melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri Nasional, merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya Peran Santri, Kyai dan pemuka agama dalam menumbuhkan kesadaran harmoni beragama dan berbangsa di negeri ini melalui pendidikan juga untuk meneladankan semangat jihad kepada para santri tentang keindonesiaan yang digelorakan para ulama. Menurut sejarah singkatnya Penetapan Hari Santri Nasional dilatarbelakangi dari satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH Hasjim Asy'ari pada 22 Oktober 1945. Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Kesatuan Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan.


Dalam tulisan Pelajaran Sejarah kali ini mari kita mengenai Asal usul dan Tema Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang ke-7 Tahun 2022. Sedang tulisan Pedoman untuk Juknis Peringatan Hari Santri Nasional yang ke-7 Tahun 2022 akan pelajarancg bahas dalam artikel tersendiri


Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) memiliki sejarah penting yang panjang apabila dilihat dari asal mula perayaan. Peringatan Hari Santri Nasional yang diselenggarakan setiap tanggal 22 Oktober tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari semangat jihad para santri Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk mengingat kembali suatu peristiwa bersejarah komitmen santri sebagai generasi pecinta tanah air tidak kunjung pudar. Dimana santri masih berpegang teguh pada kaidah hubbul wathan minal iman (cinta tanah air sebagian dari iman).


Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan peningkatan budaya perdamaian dan cinta tanah air santri dan pemuda melalui pendidikan Agama Islam dan pengembangan pondok pesantren yang didukung oleh prasarana dan sarana santri modern, serta mengingatkan kembali sejarah tentang Resolusi Jihad KH. Hasyim Asy’ari. selain juga pelaksanaan kegiatan Pra-HSN untuk menyambut HSN dalam bentuk-bentuk seperti Santri Millennial Competitions, Lomba Video Iklan Layanan Masyarakat tentang Perdamaian, Muhadhoroh Santri Cinta Damai, Pesan Ulama, dan Syair Pesantren hingga Muktamar Pemikiran Santri Nusantara bersamaan dengan Malam Kebudayaan termasuk puncak acara dalam rangka memperingati HSN (Hari Santri Nasional). Hal ini dimaksudkan agar semua para pemuda khususnya santri mengingat kembali filosofi dari nilai sejarah Resolusi Jihad 22 Oktober yang dicetuskan oleh KH. Hasyim Asy’ari, pendiri NU.


Adapun tujuan utamanya adalah:
  • Komitmen seluruh Santri baik termasuk pendidikan pesantren bagi pelajar karena melihat betapa penting dan strategisnya peran santri dalam menjaga perdamaian dan keseimbangan;
  • Mengingatkan kembali kepada santri dan seluruh masyarakat akan pentingnya mengawal kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dengan harapan Para kiai dan santri selalu berada di garda depan untuk mengawal NKRI, memperjuangkan Pancasila.


Sejalan dengan tujuan tersebut, Hari Santri (HSN) menjadi bagian dalam daftar hari penting Nasional dalam mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan dalam menjaga kesatuan, pengokohan NKRI dan memperjuangkan Pancasila sebagai dassar Negara.



1. SEJARAH PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL (HSN) 2022

Sejarah telah mencatat Resolusi Jihad 22 Oktober yang dicetuskan oleh KH. Hasyim Asy’ari, pendiri NU sebagai hari kebangkitan dalam membakar darah juang Semangat pemuda, santri NU dan warga Negara lainnya dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia melalui nilai-nilai nasionalisme dan keislaman. Dimana pada akhirnya melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015, tanggal Resolusi Jihad 22 Oktober yang dicetuskan oleh KH. Hasyim Asy’ari kepada para santri dan warga NU, kemudian diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Santri Nasional (HSN).


Tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Mayarakat Indonesia, khususnya Santri karena dengan sangat jelas Sejarah telah menulis suatu riwayat pengakuan bahwa Kaum santri merupakan bagian dari bangsa Indonesia yang membawa bangsa ini menegakkan kemerdekaan.


Adapun maksud dan tujuan Resolusi Jihad adalah tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dengan mewajibkan setiap muslim berjihad melawan siapapun yang akan kembali menjajah Indonesia.


Berdasarkan pelajarancg sejarah singkat inilah, sudah semestinya bangsa Indonesia khusunya umat Islam memiliki tekad kuat dalam mempertahankan tegaknya NKRI Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mencinati negara dengan nilai-nilai nasionalisme dan keislaman dengan berjihad melindungi kehormatan seluruh bangsa Indonesia, baik yang Muslim maupun non Muslim, asalkan satu bangsa, satu nasib, seperjuangan.


Inilah alasan mengapa pemerintah Indonesia merasa sangat penting menyelenggarakan Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) bukan hanya sekedar mengenal sejarah, tema dan logo dalam bentuk kata bijaksana ataupun ucapan motivasi semata.



2. LOGO PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL (HSN) KE-7 TAHUN 2022

Adapun logo peringatan Hari Santri Nasional (HSN), adalah sebagai berikut.

https://pelajarancg.blogspot.com/
(Gambar : Logo HSN 2022 ke 7 Kemenag)



3. TEMA PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL (HSN) KE-7 TAHUN 2022


Sebagaimana diliris dalam berita situs resmi Kemenag, tema utama yang diangkat dalam Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022 ke 7 adalah Santri "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”. Melalu tema ini diharapkan menjadi momentum untuk menumbuhkan semangat dan kolaborasi santri untuk mengabdi kepada negeri dan Ilahi Rabbi.






4. MARS LOGO SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL (HSN) 2022

Adapun lirik lagu HSN tahun 2022 ke-7 belum ditetapkan namun untuk tahun 2022 adalah.

Mars Hari Santri Nasional 22 Oktober dengan lirik:


22 Oktober 45-
Resolusi jihad panggilan jiwa
Santri dan ulama tetap setia
Berkorban pertahankan Indonesia


Saat ini kita telah merdeka
Mari teruskan perjuangan ulama
Berperan aktif dengan dasar Pancasila
Nusantara tanggung jawab kita


Hari santri, hari santri, hari santri
Hari santri bukti cinta pada negeri
Ridho dan rahmat dari Ilahi
NKRI harga mati


Ayo santri, ayo santri, ayo santri
Ayo ngaji dan patuh pada kyai
Jayalah bangsa, jaya negara
Jayalah pesantren kita


Mari bersiap kita berangkat
Ke pesantren dengan penuh semangat
Raih cita-cita luruskan niat
Mengabdi untuk kemaslahatan umat


Hari santri, hari santri, hari santri
Hari santri bukti cinta pada negeri
Ridho dan rahmat dari Ilahi
NKRI harga mati


Ayo santri, ayo santri, ayo santri
Ayo ngaji dan patuh pada kyai
Jayalah bangsa, jaya negara
Jayalah pesantren kita


Jayalah bangsa negara
Jayalah indonesia
Jayalah indonesia


Akhir kata dalam pembahasan pelajarancg.blogspot.com mengucapkan selamat memperingati Hari Santri Nasional (HSN) untuk kaum santri, Semoga dengan Hari Santri Ini semakin membuat Santri Siaga Jiwa Raga meneladankan semangat jihad dalam meraih cita-cita luruskan niat dan Mengabdi untuk kemaslahatan umat.

Post a Comment for "SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL (HSN) 2022"