IDUL FITRI 2022, INI NIAT DAN BACAAN, SERTA TATA CARA SHOLAT ID

Kurikulum materi Agama Islam pelajarancg.blogspot.com sambut 1 Syawal 1443 H Idul Fitri 2022, ini Niat dan Bacaan, serta tata cara sholatnya bagi siswa yang lupa - Pada Hari Raya Idul Fitri kita melakukan sholat Idul Fitri. Pertanyaannya adalah bagaimana niat, bacaan sholat, dan tata caranya?


Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 2022 atau 1443 H jatuh pada 2 Mei. Sholat Idul Fitri adalah shalat yang diadakan pada awal Hari Raya Idul Fitri tepatnya yang jatuh pada 1 Syawal.


Sholat ini dikatakan sebagai Ied (baca: id) dan hukumnya sunnah dilaksanakan sebagai rasa syukur karena telah melaksanakan sebulan berpuasa di bulan Ramadan. Sebagaimana diketahui bahwa umat islam memiliki dua hari raya besar yaitu Idul Adha dan Idul Fitri. Keduanya umumnya dikatakan sebagai hari raya lebaran meskipun memiliki sejarah berbeda.


Pada hari lebaran, umat Muslim melaksanakan shalat Idul Fitri dengan niat beribadah kepada Allah SWT. Momen Idul Fitri menjadi simbol ketakwaan dan kecintaan umat Muslim kepada Allah SWT.


Seperti Hari Raya Idul Adha, umat Muslim juga akan melakukan ibadah sholat Idul Idul Fitri berjamaah pada tanggal 1 Syawal. Setelah sholat, umat Muslim akan melakukan bersalaman untuk maaf memaafkan melalui ucapan Idul Fitri dengan kata "minal aidin wal faizin, taqobbalallahu minna waminkum".


Lengkap nya, Sholat Idul Fitri dilakukan dua rakaat dan hukumnya sunnah. Meskipun sunnah, tata cara sholat Idul Fitri harus dilakukan dengan benar.


Shalat Idul Fitri di Jakarta dan sekitarnya dilakukan sekitar pukul 07.00. Ada satu anjuran sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri yaitu makan sebelumnya. Sedangkan saat sholat Idul Adha dianjurkan untuk tdak makan sebelumnya.

https://pelajarancg.blogspot.com/


Berikut niat dan bacaan, serta tata cara sholat Idul Fitri:


1. Niat dan Bacaan Sholat Idul Fitri

Untuk mengawali Sholat Idul Fitri, dimulai dari niat. Niat dilakukan agar ibadah menjadi khusyuk.


Berikut niat dan bacaan sholat Idul Fitri:

Untuk Imam:

Bahasa Arab:

أُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ سُنَّةً لعِيْدِ اْلفِطْرِ إِمَامًا لِلّهِ تَعَــــالَى

Bahasa latin:
Usholli rak’ataini sunnatan li ‘idil fitri imaman lillahi ta’ala.
Artinya: “Aku berniat salat sunnah Idulfitri dua rakaat menjadi imam karena Allah ta’ala.”


Untuk Makmum:

أُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ سُنَّةً لعِيْدِ اْلفِطْرِ مَأْمُوْمًا لِلّهِ تَعَــــالَى

Bahasa latin:
Usholli rak’ataini sunnatan li ‘idil fitri ma’muman lillahi ta’ala.
Artinya: “Aku berniat salat sunnah Idulfitri dua rakaat menjadi makmum karena Allah ta’ala.”


2. Tata Cara Sholat Idul Fitri

Setelah niat, kita melakukan:

a. Takbiratul ihram

Setelah takbiratul ihram yakni membaca doa iftitah.


b. Baca Takbir 7 Kali di Rakaat Pertama

Kemudian dilanjutkan dengan membaca takbir sebanyak tujuh kali di rakaat pertama.


Di antara takbir tersebut, terdapat bacaan:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

Artinya: "Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah maha besar".

Setelah itu, sholat seperti biasa. Diawali dengan membaca surat Al-Fatihah dan lanjutkan dnegan surat lainnya. Disunnahkan untuk membaca surat Qof, Al- Qomar, Al- A'la, atau surat Al-Gosiyah. Kemudian dilanjutkan dengan ruku, sujud, duduk di antara dua sujud dan seterusnya.


c. Baca Takbir 5 Kali di Rakat Kedua

Kemudian takbir 5 kali di rakaat kedua. Pada rakaat kedua, umat Muslim sunnah membaca takbir sebanyak lima kali. Setelah itu melakukan bacaan khusus sama seperti pada rakaat pertama. Pada rakaat kedua, umat Islam dianjurkan untuk membaca surat Al-Ghasyiyah. Sholat dilanjutkan seperti biasa dan diakhiri dengan mengucap salam.


Setelah salam, disarankan untuk tidak bergegas pulang. Umat Muslim dianjurkan untuk mendengarkan khutbah terlebih dahulu hingga selesai, sama seperti sholat Idul Adha.


d. Khutbah Pertama Baca Takbir 9 Kali

Di awal khutbah pertama disunnahkan membaca takbir 9 kali. Sementara pada khutbah kedua, disunnahkan membaca takbir sebanyak 7 kali.


Untuk semua teman, pelajar dan seluruh umat Islam, Selamat Hari Raya Idul Fitri dari penulis pelajarancg.blogspot.com!

Post a Comment for "IDUL FITRI 2022, INI NIAT DAN BACAAN, SERTA TATA CARA SHOLAT ID"