LOGO DAN TEMA PERINGATAN KE-27 HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL TAHUN 2022

https://pelajarancg.blogspot.com/
Logo dan Tema Peringatan Ke-27 Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) Tahun 2022 sejarah *



Pelajarancg.blogspot.com: Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) diperingati setiap tanggal 10 Agustus berdasarkan Keppres Nomor 71 Tahun 1995 tentang penetapan tanggal 10 Agustus sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS). Menurut sejarah singkatnya Penetapan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional berlatar belakang Penerbangan perdana pesawat buatan anak bangsa N-250 Gatot Kaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung yang kemudian menjadi tonggak sejarah kebangkitan teknologi Nasional di Indonesia. Pada tahun 2017 kembali diterbangkan jenis pesawat baru N-219.



Pada tulisan Pelajarancg hari ini mari bahas mengenai Pedoman Logo dan Tema Peringatan Ke-27 Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) Tahun 2022 beserta sejarah.


PERINGATAN HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL TAHUN 2022.

SEJARAH SINGKAT

Penerbangan perdana pesawat N-250 pada tanggal 10 Agustus Tahun 1995 merupakan kulminasi dari upaya panjang sejumlah ilmuwan Indonesia untuk menjadikan bangsa ini sebagai bangsa terhormat di mata dunia.


Dengan cara bermitra dan berkerjasama dengan perusahaan CASA Spanyol, ahli-ahli Indonesia berkreasi dan berinovasi untuk membuat produk baru dengan merancang bangun dan memproduksi pesawat CN-235 yang berkapasitas 35 orang penumpang.


Pesawat N-250 adalah pesawat komuter turboprop rancangan asli IPTN (sekarang PT. Dirgantara Indonesia). Pesawat ini menggunakan kode N yang berarti Nusantara menunjukkan bahwa desain, produksi dan perhitungannya dikerjakan di Indonesia.


Keberhasilan komunitas iptek menerbangkan pesawat N-250, dan untuk lebih menyemangati masyarakat agar terus menghasilkan, mengembangkan, dan memajukan hasil teknologi dalam negeri, pada tanggal 6 Oktober 1995 Presiden Republik Indonesia menetapkan tanggal 10 Agustus sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) melalui Keputusan Presiden Nomor 71 Tahun 1995.


HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL KE-27 TAHUN

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, disingkat Hakteknas merupakan salah satu hari bersejarah nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus Hakteknas merupakan tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia, yang diawali dengan penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung.


Hasil karya anak bangsa ini menjadi bukti bahwa negara kita telah berhasil mengembangkan jiwa Iptek yang inovatif yang kemudian menghasilkan produk inovasi nasional yang membanggakan sampai ranah internasional. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya menanamkan perhatian, minat, dan kesadaran seluruh komponen bangsa terhadap pengembangan iptek dan inovasi dalam pembangunan nasional yang berkesinambungan.


27 tahun berlalu sejak penerbangan perdana N 250 tersebut, semangat dan jiwa kebangkitan teknologi terus dan akan terus dihidupkan pada bidang-bidang yang merupakan ranah iptek dan inovasi. Untuk itu setiap tahun pada saat peringatan Hakteknas, ditetapkan tema dan sub tema yang relevan dengan tuntutan masyarakat saat itu, terkait dengan pencapaian Bangsa Indonesia dalam bidang iptek serta inovasi-inovasi yang telah dihasilkan.


Peringatan Hakteknas ke-21 untuk ini Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, mengangkat fokus Riset serta Inovasi untuk Kedaulatan Pangan dan Energi.


TEMA DAN LOGO

Tema yang diusung dalam Hakteknas ini: “Riset dan Inovasi untuk Kedaulatan Pangan dan Energi”


Tema Hakteknas ke-27 pada dasarnya menggarisbawahi peran Riset dan Inovasi sebagai upaya untuk optimasi produktivitas pangan.


Selain itu, topik pangan diangkat karena pentingnya perhatian besar terhadap riset pangan dan pertanian.


Hal ini didasari atas harapan pemerintah untuk memberikan kemudahan budi daya, melalui inovasi teknologi. Contohnya menciptakan varietas-varietas unggul, memberikan proteksi, serta riset dan inovasi lainnya.


Sementara Energi, juga menjadi bidang yang diangkat pada Hakteknas tahun ini, karena kebaruan riset energi, begitu menantang, dan ditunggu oleh sektor industri.


Teknologi tersebut, sangat terkait dengan transportasi masa depan, yang menjadi kebutuhan primer bagi publik. Apalagi dalam presidensi G20, Indonesia sebagai tuan rumah mengangkat tematik green energy.


Selain itu terdapat perhatian terhadap riset proses dan manufaktur, struktur, hidrodinamika, pengujian, produksi berkelanjutan, dan daur hidup, tentu ini mempunyai potensi yang sangat besar, untuk menghasilkan ekonomi real.


https://pelajarancg.blogspot.com/



1. Angka 27 melambangkan Hakteknas ke-27


2. Unsur padi pada angka dua menggambarkan sebagai simbol pangan


3. Unsur matahari dan air menggambarkan sebagai simbol energi terbarukan


Mari gelorakan inovasi! mari sambut puncak perayaan Hakteknas ke-27 di tahun 2022 sebagai dimulainya tahun Riset dan Inovasi untuk Kedaulatan Pangan dan Energi.


Mari gelorakan inovasi! Bangkitkan emosi dan spirit seluruh stakeholder Iptek, Riset dan Inovasi Pangan serta Energi juga semua komponen bangsa untuk secara terus-menerus menggelorakan inovasi dalam kehidupan sehari-hari. ***

Post a Comment for "LOGO DAN TEMA PERINGATAN KE-27 HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL TAHUN 2022"