PANDUAN LANGKAH DEMI LANGKAH GOOGLE CLASSROOM (2020) LENGKAP!

Panduan GC Pelajarancg.blogspot.com - Google Classroom (GC) menjadi semakin mudah dengan adanya beberapa fitur istimewa yang diswsuaikan dengan keperluan pembelajaran abad ke 21 apalagi masa pandemi virus corona ketika kita memulai tahun pelajaran 2020/2021. Panduan pembelajaran ini juga memungkinkan komunikasi berkesan antara guru dan murid karena mengutamakan pengajaran dan pembelajaran berbeda serta pembelajaran dengan komunkasi dua arah. Selengkapnya, apakah kelebihan-kelebihan GC itu? mari lihat cara menggunakan layanan classroom tersebut di pelajarancg.blogspot.com :

https://pelajarancg.blogspot.com/


A: Daftar Kelas

1. Klik classroom.google.com

2. Log masuk dengan akun gmail anda.

3. Klik pada simbol +. Pilih Create class.

4. Buat nama kelas anda. Boleh dibuat dengan spesifik mata pelajaran, bilik jika perlu.

5. Pilih create dan tunggu sebentar sehingga kelas anda didaftarkan.


B: SESUAIKAN KELAS

1. Lihat kelas anda.

2. Ubah sesuai tema mengikut pilihan yang ada.

3. Pastikan kode kelas sudah tertera.


C: DAFTAR MURID

1. Murid masuk classroom.google.com.

2. Murid klik pada Join Class.

3. Murid masukkan kode kelas. Guru berikan kode kelas kepada murid.

4. Guru memeriksa nama murid di bagian tab 'People'.

5. Guru juga boleh mendaftarkan murid dengan langsung 'Add Students' dengan memasukkan alamat email murid.


D: MEMBERI TUGAS

1. Klik pada bagian 'tab' 'Classwork'.

2. Pilih 'Assignment'.

3. Beri nama tugas, tulis petunjuk, masukkan tautan atau bahan tambahan. Kemudian pilih kepada siapa tugasan ini diberikan. Pasang waktu mulai dan tanggal akhir.

4. Klik 'Assign'.

5. Lihat tugas.

6. Lihat kalendar dan pilih tugas murid dalam folder Google Drive.


E: MEMBERI TUGAS DENGAN SATU TEMPLATE BERSAMAAN

1. Klik pada 'tab' 'Classwork'.

2. Klik pada 'Create' dan pilih 'Assignment'.

3. Tulis nama tugas, pilih lanjut.

4. Buka 'tab' baru pada tampilan layar internet anda.

5. Tulis docs.google.com. Pastikan anda log masuk dengan akaun gmail yang sama.

6. Buat dokumen baru beserta soal-soal lengkap.

7. Kembali kepada 'pop up' tugas tadi.

8. Pilih untuk 'Make a copy for each student'.

9. Klik 'Assign'.


F: PENANDAAN

Menandai menggunakan laman web

1. Buka tugas.

2. Lihat informasi 'Assigned' (Sudah diberikan), 'Turned In' (Serahkan) dan 'Graded' (Sudah ditandai).

3. Pilih seorang murid, klik dan lihat kertas jawabannnya.

4. Guru berikan komentar dan tandai.

5. 'Return' (Kembali).

6. Geser ke bawah untuk melihat jawaban murid yang lain pula. Berikan tanda dan komentar pribadi jika perlu.

7. Kembali kepada halaman awal tugas, pilih kumpulan 'Assigned', 'Turned In' dan 'Graded'.

Menandai menggunakan aplikasi hp / tablet

1. Buka tugas.

2. Lihat informasi 'Assigned' (Sudah diberikan), 'Turned In' (Serahkan) dan 'Graded' (Sudah ditandai).

3. Pilih seorang murid, klik dan lihat kertas jawabannnya.

4. 'Tap' (sentuh) pada ikon pulpen.

5. Mulai menandai dengan pulpen stylus atau jari.

6. Sentuh pada 'Save'.

7. Berikan tanda dan tinggalkan komentar.

8. Sentuh pada 'Return'.

Tugas yang sudah ditandai lengap dikembalikan kepada murid dalam bentuk .pdf dan berjudul Edited!.


G: REKAMAN MURID

1. Klik pada 'tab' 'People'.

2. Pilih nama murid.

3. Lihat rekaman kumpulan tugas yang pernah diberikan kepada murid.

4. Gunakan filter untuk memudahkan perekaman tugas murid.


H: BAHAN RUJUKAN

1. Klik pada 'tab' 'Classwork'.

2. Klik pada tombol 'Create'.

3. Pilih 'Material'.

4. Berikan judul, informasi dan kemudian klik 'Post'.


I: PENGAJARAN BERSAMA (CO-TEACHING)

1. Klik pada 'tab' 'People'.

2. Pada bagian 'Teachers', klik pada ikon orang.

3. Masukkan email guru tambahan. Guru tambahan tersebut akan menerima email undangan.


J: GUNAKAN ULANG POSTING (REUSE POST)

1. Pada 'tab' 'Stream', cari ikon 'recycle'.

2. Klik dan pilih mana yang akan diposting (post) meskipun buat kelas berbeda.

3. Klik 'Post'.


K: PEMBELAJARAN BERBEDA

1. Klik pada 'tab' 'Classwork'.

2. Klik pada tombol 'Create'. Pilih 'Assignment'.

3. Tulis judul dan deskripsi tugas. Pilih murid yang dipastikan akan menerima tugas ini atas dasar tahap pembelajaran berbeda.

4. Klik 'Post'.


L: BUKU GURU

1. Klik pada tombol menu (Menu Bar).

2. Klik pada bagian 'Teaching', 'To-Do'.

3. Lihat bagian 'To-review' (untuk diulas) dan 'Reviewed' (sudah diulas sepenuhnya).


M: BUKU MURID

1. Klik pada tombol menu (Menu Bar).

2. Klik pada bagian 'Enrolled' dan 'To-Do'.

3. Lihat bagian 'To-do' dan 'Done'.


N: PEMILIHAN MURID (ANDROID & CHROMEBOOK SAJA)

1. Aktifkan aplikasi Google Classroom dalam Hp, tablet atau chromebook anda.

2. Pilih kelas yang terkait.

3. Klik bagian 'tab' 'People'.

4. Cari ikon 'Students Selector'. Sentuh (tap).

5. Klik tombol 'Next'.

6. Klik pada tombol-tombol yang berkaitan.

Demikian tulisan Panduan GC Pelajarancg.blogspot.com - semoga bermanfaat, jika Anda ingin menambahkan cara-cara menggunakan cara menggunakan layanan classroom tersebut silahkan tulis dalam kotak komentar!

Post a Comment for "PANDUAN LANGKAH DEMI LANGKAH GOOGLE CLASSROOM (2020) LENGKAP!"