BAHASA INDONESIA KELAS 7 BAB 2 MEMAHAMI DAN MENCIPTA CERITA FANTASI - UNSUR PEMBANGUN CERITA FANTASI

Cerita fantasi adalah sebuah cerita atau kisah berupa karangan dengan alur yang normal, namun sifatnya imajinatif. Materi Bahasa Indonesia kelas 7 bab 2 memahami dan mencipta cerita fantasi, pelajarancg.blogspot.com - Di dalam cerita imajinasi terdapat unsur-unsur pembangunnya. Unsur pembangun cerita yang berasal dari dalam disebut unsur intrinsik sedangkan unsur dari luar disebut unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik meliputi tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, sudut pandang dan amanat. Sedangkan unsur ekstrinsik yakni unsur dari luar cerita meliputi agama, budaya, adat istiadat yang ada di daerah itu, dan sebagainya.

https://pelajarancg.blogspot.com/


PELAJARANCG BAHASA INDONESIA KELAS 7 BAB 2 MEMAHAMI DAN MENCIPTA CERITA FANTASI TENTANG UNSUR PEMBANGUN CERITA FANTASI

Di dalam cerita fantasi terdapat unsur-unsur pembangunnya. Unsur pembangun cerita yang berasal dari dalam disebut unsur intrinsik sedangkan unsur dari luar disebut unsur ekstrinsik. Unsur ekstrinsik yakni unsur dari luar cerita meliputi agama, budaya, adat istiadat yang ada di daerah itu, dan sebagainya, sedangkan unsur intrinsik meliputi tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, sudut pandang dan amanat.


Tema

Tema adalah ide dasar cerita. Tema ditentukan terlebih dahulu oleh pengarang sebelum cerita ditulis.


Tokoh dan penokohan

Tokoh adalah peran yang ada dalam cerita, sedangkan penokohan adalah perwatakan dari tokoh. Setiap tokoh memiliki watak atau karakter sendiri. Watak tokoh bisa diketahui dari pernyataan langsung pengarang, dari dialog antar tokoh, atau kesimpulan pembaca setelah membaca cerita.


Latar

Latar terdiri atas latar tempat, latar waktu, dan latar suasana.

Alur

Alur merupakan rangkaian peristiwa dalam cerita yang menyatakan hubungan sebab akibat.

Sudut pandang

Sudut pandang merupakan gaya penceritaan pengarang dalam menyampaikan ceritanya. Sudut pandang yang digunakan oleh pengarang bisa sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga. Sudut pandang orang pertama ditandai dengan penggunaan kata ganti orang pertama seperti aku, saya, beta, dan sebagainya. Sedangkan sudut pandang orang ketiga yaitu pengarang menggunakan kata ganti orang ketiga seperti dia, ia, mereka, dan menyebut nama tokoh.

Amanat

Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang melalui cerita yang ditulis.


Pelajarancg bahasa Indonesia lainnya:


KESIMPULAN

Materi Bahasa Indonesia kelas 7 bab 2 memahami dan mencipta cerita fantasi, dari tulisan pelajarancg.blogspot.com dapat disimpulkan bahwa Cerita fantasi adalah sebuah cerita atau kisah berupa karangan dengan alur yang normal, namun sifatnya imajinatif. Di dalam cerita imajinasi terdapat unsur-unsur pembangunnya. Unsur pembangun cerita yang berasal dari dalam disebut unsur intrinsik sedangkan unsur dari luar disebut unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik meliputi tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, sudut pandang dan amanat. Sedangkan unsur ekstrinsik yakni unsur dari luar cerita meliputi agama, budaya, adat istiadat yang ada di daerah itu, dan sebagainya.

Post a Comment for "BAHASA INDONESIA KELAS 7 BAB 2 MEMAHAMI DAN MENCIPTA CERITA FANTASI - UNSUR PEMBANGUN CERITA FANTASI"