SELAMAT HARI DOKTER (NASIONAL)

Dunia kesehatan di Indonesia sedang merayakan HUT 70 IDI, Kurikulum Pelajarancg ingin mengakui kerja keras, Bakti dan dedikasi dari mahasiswa, pelajar dan alumni kedokteran Nusantra dan penulis Pelajarancg.blogspot.com mengucapkan Selamat Hari Dokter Nasional kepada semua dokter. Tahun ini bakti Ikatan Dokter Indonesia mengankat tema "membangun ketahanan kesehatan bangsa."

https://pelajarancg.blogspot.com/


Seandainya teman atau rekan sejawat Anda tidak tahu, menurut idionline.org, Hari Dokter Nasional dirayakan setiap tahun pada tanggal 24 Oktober di Indonesia. Ini adalah hari untuk merayakan kontribusi dokter yang melayani negara kita dengan merawat warganya. Perayaan Hari Dokter bertepatang dengan lahirnya Ikatan Dokter Indonesia (IDI), perayaan ini untuk menyisihkan satu hari untuk menghormati para dokter. Perayaan bersejarah ini termasuk pengiriman kartu ucapan dan menempatkan bunga di kuburan dokter yang telah meninggal. Pada tanggal 24 Oktober 1950, Resolusi Memperingati Hari Dokter diadopsi oleh Ikatan Dokter Indonesia. Berdasarkan latar belakang sejarah tanggal tersebut, dimana Dr. Soeharto (pantia Dewan Pimpinan Pusat IDI waktu itu), atas nama sendiri, dan atas nama pengurus lainnya, yakni Dr. Sarwono Prawirohardjo, Dr. R. Pringgadi, Dr. Puw Eng Liang, Dr. Tan Eng Tie, dan Dr. Hadrianus Sinaga menghadap notaries R. Kadiman untuk memperoleh dasar hukum berdirinya perkumpulan dokter dengan nama ‘Ikatan Dokter Indonesia’, yang dalam Anggaran Dasarnya pada tahun 1952 berkedudukan “sedapat-dapatnya di Ibukota Negara Indonesia” dan didirikan untuk waktu yang tidak ditentukan”.


Kata ‘Ikatan” yang terdapat dalam nama perkumpulan ini merupakan usul yang dikemukakan Dr. R. Soeharto. Dalam periode pengurusan IDI ini, Dr. Tan Eng Tie (bendahara IDI enam kali berturut-turut) ditugaskan membeli gedung IDI (sekarang) di Jalan Sam Ratulangie, Jakarta dari seorang warga Negara Belanda seharga Rp 300.000. Sejak itulah, pengurus besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) melayarkan bahtera organisasinya ditempat tersebut.


Dalam 70 tahun membangun ketahanan Dunia kesehatan di Indonesia, sebagai bangsa mari rayakan lahirnya organisasi IDI pada tanggal 24 Oktober 1950 kemudian oleh insan kedokteran, 24 Oktober ditetapkan sebagai Hari Dokter Nasional.

Post a Comment for "SELAMAT HARI DOKTER (NASIONAL)"