Buku Elektronik pelajarancg.blogspot.com: Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 11 Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Revisi 2017
Buku Guru dan Buku Siswa merupakan dua sarana penting bagi guru dan peserta didik pada implementasi Kurikulum 2013.
Buku Guru menjadi panduan bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran di kelas. Buku guru telah disiapkan oleh pemerintah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru.
Di dalam Buku Guru juga diinformasikan mengenai Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar pada mata pelajarancg terkait.
Buku Siswa juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di kelas.
Buku Siswa dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan, agar peserta dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.
Buku Siswa diarahkan agar peserta didik lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antar teman maupun dengan gurunya.
Buku teks pelajaran Bahasa Indonesia ditulis dengan tujuan agar siswa memiliki kompetensi berbahasa Indonesia untuk berbagai keperluan sebagai kegiatan sosial. Kegiatan yang dirancang dalam buku ini diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan kompetensi berbahasa yang dibutuhkan dalam kehidupan yang sesungguhnya.
Konsep utama pengembangan buku ini adalah berbasis kegiatan sosial yang memiliki keragaman sesuai dengan tujuan kegiatan sosial dan tujuan komunikasinya. Setiap jenis kegiatan berbahasa dalam kehidupan sosial memiliki kekhasan cara pengungkapan (struktur retorika teks) dan kekhasan unsur kebahasaan. Inilah cara pandang baru tentang bahasa. Jika pada buku kurikulum sebelumnya penyajian menekankan pendekatan komunikatif, maka pada buku ini penyajian lebih menajamkan efek komunikasinya dan dampak fungsi sosialnya. Misalnya, jika yang lalu siswa belajar menulis surat dengan format standar tidak terlalu menekankan isi surat, maka surat sekarang harus dapat berdampak sosial (menunjukkan kepribadian saat menulis surat lamaran pekerjaan, surat yang meyakinkan orang lain). Bahasa dan isi menjadi dua hal yang saling menunjang. Ini sejalan dengan perkembangan teori pengajaran bahasa di Eropa dan Amerika, Content Language Integrated Learning (CLIL) yang menonjolkan 4 unsur penting sebagai penajaman pengertian kompetensi berbahasa, yaitu isi (content), bahasa/komunikasi (communication), kognisi (cognition), dan budaya (culture).
Pengembangan buku ini dilakukan dengan mengacu pada konsep teoretis yang mendasari pembelajaran bahasa terkini, yaitu CLIL (content language integrated learning). Demikian pula dengan silabus dalam buku teks ini dikembangkan berdasarkan pengembangan prinsip pedagogik. Setiap bab dalam buku teks ini mencakup hal berikut.
Demikian informasi yang dapat kurikulum pelajarancg bagikan terkait Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 11 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.
Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat untuk membantu Bapak/Ibu Guru yang sedang mencari Buku Guru dan Buku Siswa SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 untuk Sekolah/Madrasah jenjang SMA/MA/SMK/MAK.
Buku Guru dan Buku Siswa merupakan dua sarana penting bagi guru dan peserta didik pada implementasi Kurikulum 2013.
Buku Guru menjadi panduan bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran di kelas. Buku guru telah disiapkan oleh pemerintah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru.
BUKU GURU
Fungsi Buku Guru
Fungsi dari Buku Guru adalah sebagai berikut.- Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa. Informasi yang akan didapatkan guru dari Buku Guru adalah sebagai berikut.
- Karakteristik Kurikulum 2013, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pembelajaran mata pelajaran terkait.
- Petunjuk Penggunaan Buku dan penjelasan bagian-bagian Buku Siswa.
- Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran di kelas. Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.
- Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
- Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut.
- Menjelaskan tentang teknik dan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
- Penjelasan tentang metode dan teknik yang digunakan dalam proses pembelajaran.
Karakteristik Buku Guru
Buku Guru adalah salah satu sarana implementasi Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut.- Mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat.
- Menempatkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar agar siswa mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat dan lingkungan sebagai sumber belajar.
- Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
- Mengembangkan kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti yang dirinci lebih lanjut dalam Kompetensi Dasar mata pelajaran.
- Mengembangkan Kompetensi Inti menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) Kompetensi Dasar. Semua Kompetensi Dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam Kompetensi Inti.
Di dalam Buku Guru juga diinformasikan mengenai Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar pada mata pelajarancg terkait.
BUKU SISWA
Fungsi Buku Siswa
Buku Siswa digunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan peserta didik dalam menguasai kompetensi tertentu.Buku Siswa juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di kelas.
Buku Siswa dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan, agar peserta dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.
Buku Siswa diarahkan agar peserta didik lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antar teman maupun dengan gurunya.
Pemetaan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 SD
Di dalam pemetaan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 SD Revisi 2018 terdapat dua struktur kurikulum, yaitu Kelompok A dan Kelompok B.Kelompok A :
- Pendidikan Agama dan Budi pekerti
- Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
- Bahasa Indonesia
- Matematika
- Ilmu Pengehuan Alam (IPA)
- Ilmu Pengehuan Sosial (IPS)
Kelompok B :
- Seni Budaya dan Prakarya (termasuk mulok)
- Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
DOWNLOAD BUKU ELEKTRONIK KURIKULUM PELAJARANCG.BLOGSPOT.COM:
Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 11 Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Revisi 2017 ini pelajarancg bagikan untuk membantu Bapak/Ibu Guru Kelas 11 dalam menyiapkan pembelajaran mapel sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013.Buku teks pelajaran Bahasa Indonesia ditulis dengan tujuan agar siswa memiliki kompetensi berbahasa Indonesia untuk berbagai keperluan sebagai kegiatan sosial. Kegiatan yang dirancang dalam buku ini diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan kompetensi berbahasa yang dibutuhkan dalam kehidupan yang sesungguhnya.
Konsep utama pengembangan buku ini adalah berbasis kegiatan sosial yang memiliki keragaman sesuai dengan tujuan kegiatan sosial dan tujuan komunikasinya. Setiap jenis kegiatan berbahasa dalam kehidupan sosial memiliki kekhasan cara pengungkapan (struktur retorika teks) dan kekhasan unsur kebahasaan. Inilah cara pandang baru tentang bahasa. Jika pada buku kurikulum sebelumnya penyajian menekankan pendekatan komunikatif, maka pada buku ini penyajian lebih menajamkan efek komunikasinya dan dampak fungsi sosialnya. Misalnya, jika yang lalu siswa belajar menulis surat dengan format standar tidak terlalu menekankan isi surat, maka surat sekarang harus dapat berdampak sosial (menunjukkan kepribadian saat menulis surat lamaran pekerjaan, surat yang meyakinkan orang lain). Bahasa dan isi menjadi dua hal yang saling menunjang. Ini sejalan dengan perkembangan teori pengajaran bahasa di Eropa dan Amerika, Content Language Integrated Learning (CLIL) yang menonjolkan 4 unsur penting sebagai penajaman pengertian kompetensi berbahasa, yaitu isi (content), bahasa/komunikasi (communication), kognisi (cognition), dan budaya (culture).
Pengembangan buku ini dilakukan dengan mengacu pada konsep teoretis yang mendasari pembelajaran bahasa terkini, yaitu CLIL (content language integrated learning). Demikian pula dengan silabus dalam buku teks ini dikembangkan berdasarkan pengembangan prinsip pedagogik. Setiap bab dalam buku teks ini mencakup hal berikut.
- Penjelasan tentang tujuan, struktur retorika, kebahasaan dan lokasi sosial.
- Model teks dan telaah model teks.
- Latihan dan tugas.
- Tugas pengembangan kompetensi.
Buku teks pelajaran Bahasa Indonesia terdiri atas Buku Siswa dan Buku Guru.
Buku Siswa berisi materi belajar bagi peserta didik yang merupakan aktivitas berbahasa atau bersastra. Aktivitas tersebut ditempuh berdasarkan pendekatan ilmiah yang dimulai dari mengenal dan memahami teks, kemudian diakhiri dengan menyusun, membuat, atau memproduksi teks tersebut. Buku Guru berisi panduan pembelajaran bahasa Indonesia secara umum dan cara menggunakan buku teks secara khusus setiap bab.Tautan Unduhan
Untuk mendownload Buku teks pelajaran Bahasa Indonesia edisi revisi 2017 yang terdiri atas Buku Siswa dan Buku Guru, silahkan kunjungi tautan ataupun link yang telah dipersiapkan kurikulum pelajarancg.blogspot.com:- Link download buku guru kelas 11 K13 mata pelajaran Bahasa Indonesia edisi revisi 2017 terbaru. -UNDUH DISINI-
- Link download buku Siswa kelas 11 K13 mata pelajaran Bahasa Indonesia edisi revisi 2017 terbaru. -UNDUH DISINI-
Demikian informasi yang dapat kurikulum pelajarancg bagikan terkait Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 11 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.
Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat untuk membantu Bapak/Ibu Guru yang sedang mencari Buku Guru dan Buku Siswa SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 untuk Sekolah/Madrasah jenjang SMA/MA/SMK/MAK.
Post a Comment for "BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS 11 KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA REVISI 2017"