Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi peserta didik dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Bila pada jenjang SD/MI, sebagian besar mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, maka pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata Pelajarancg.
Pelajarancg.blogspot.com: Sebagai transisi menuju ke pendidikan menengah, pemisahan ini masih belum dilakukan sepenuhnya bagi peserta didik SMP/MTs. Materi-materi dari bidang-bidang ilmu Fisika, Kimia, Biologi, serta Ilmu Bumi dan Antariksa masih perlu disajikan sebagai suatu kesatuan dalam mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan yang utuh bagi peserta didik SMP/MTs tentang prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam semesta beserta segenap isinya.
Pelajari: BUKU IPA KELAS 9 SMP/MTS SEMESTER 1 KURIKULUM 2013
Buku IPA Kelas IX SMP/MTs ini disusun dengan pemikiran di atas. Bidang ilmu Biologi dipakai sebagai landasan (platform) pembahasan bidang ilmu yang lain. Makhluk hidup digunakan sebagai objek untuk menjelaskan prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam seperti objek alam dan interaksinya, energi dan keseimbangannya, dan lain-lain.
Melalui pembahasan menggunakan bermacam bidang ilmu dalam rumpun ilmu pengetahuan alam, pemahaman utuh tentang alam yang dihuninya beserta benda-benda alam yang dijumpai di sekitarnya dapat dikuasai oleh peserta didik SMP/MTs.
Sebagai salah satu rumpun ilmu yang digunakan untuk mengukur kemajuan pendidikan suatu negara, pemahaman peserta didik suatu negara terhadap IPA dibandingkan secara rutin sebagaimana dilakukan melalui TIMSS (The Trends in International Mathematics and Science Study) dan PISA (Program for International Student Assessment).
Melalui penilaian internasional seperti ini, kita dapat mengetahui kualitas pembelajaran IPA di Indonesia dibandingkan dengan negara -negara lain. Materi IPA pada Kurikulum 2013 ini telah disesuaikan dengan tuntutan penguasaan materi IPA menurut TIMSS dan PISA.
Sesuai dengan konsep Kurikulum 2013, buku ini disusun mengacu pada pembelajaran IPA secara terpadu dan utuh. Untuk setiap pengetahuan yang diajarkan, pembelajarannya harus dilanjutkan hingga menjadikan peserta didik terampil dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasainya secara konkret dan abstrak. Selain itu, peserta didik diarahkan agar mampu bersikap sebagai makhluk yang mensyukuri anugerah alam semesta yang dikaruniakan kepadanya melalui pemanfaatan yang bertanggung jawab.
Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, peserta didik didorong untuk berani mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat memperkaya kegiatan dengan mengkreasi bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Di Kurikulum 2013 atau K-13. Berikut ini link Buku Siswa IPA Kelas 9 SMP/MTS Semester 2 edisi revisi tahun 2018 terbaru lengkap pembahasan yang dapat Anda unduh, dengan klik :
Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas 9 SMP/MTS Semester 2 K-13 terdiri atas lima (10) bab Download
Khusus untuk Bab 6 Kemagnetan dan Pemanfaatannya membahas Pemanfaatan Medan Magnet pada Migrasi Hewan, Pemanfaatan Medan Magnet pada Migrasi Hewan, Kemagnetan dalam Produk Teknologi, dan Uji Kompetensi pada halaman 1.
Bab 7 Bioteknologi membahas Bioteknologi dan Perkembangannya, Penerapan Bioteknologi dalam Kehidupan, Dampak Penerapan dan Pengembangan Bioteknologi, dan Uji Kompetensi pada halaman 51.
Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup membahas Partikel dalam Benda dan Makhluk Hidup, Atom dan Partikel Penyusunnya, Prinsip Pembentukan Molekul dan Ion, Sifat Zat dan Hubungannya dengan Partikel Penyusun dan Strukturnya, dan Uji Kompetensi pada halaman 95.
Bab 9 Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan membahas Peran Tanah dan Organisme Tanah bagi Keberlangsungan Kehidupan, Proses Pembentukan Tanah dan Komponen Penyusun Tanah, Upaya Menjaga Kelestarian Tanah, dan Uji Kompetensi pada halaman 155.
Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan membahas Pengertian dan Prinsip Teknologi Ramah Lingkungan, Aplikasi Teknologi Ramah Lingkungan, Perilaku Hemat Energi dalam Keseharian, Teknologi Tidak Ramah Lingkungan, dan Uji Kompetensi pada halaman 203.
Pelajari artikel baru lainnya di Kurikulum Pelajarancg terkait perbukuan, materi ajar, soal, maupun topik pendidikan K13 terkini. Kunjungi Pelajarancg.blogspot.com, Dengan demikian Anda akan menemukan informasi terkini dari berbagai unduhan materi pendidikan saat ini.
Pelajarancg.blogspot.com: Sebagai transisi menuju ke pendidikan menengah, pemisahan ini masih belum dilakukan sepenuhnya bagi peserta didik SMP/MTs. Materi-materi dari bidang-bidang ilmu Fisika, Kimia, Biologi, serta Ilmu Bumi dan Antariksa masih perlu disajikan sebagai suatu kesatuan dalam mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan yang utuh bagi peserta didik SMP/MTs tentang prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam semesta beserta segenap isinya.
Pelajari: BUKU IPA KELAS 9 SMP/MTS SEMESTER 1 KURIKULUM 2013
Buku IPA Kelas IX SMP/MTs ini disusun dengan pemikiran di atas. Bidang ilmu Biologi dipakai sebagai landasan (platform) pembahasan bidang ilmu yang lain. Makhluk hidup digunakan sebagai objek untuk menjelaskan prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam seperti objek alam dan interaksinya, energi dan keseimbangannya, dan lain-lain.
Melalui pembahasan menggunakan bermacam bidang ilmu dalam rumpun ilmu pengetahuan alam, pemahaman utuh tentang alam yang dihuninya beserta benda-benda alam yang dijumpai di sekitarnya dapat dikuasai oleh peserta didik SMP/MTs.
Sebagai salah satu rumpun ilmu yang digunakan untuk mengukur kemajuan pendidikan suatu negara, pemahaman peserta didik suatu negara terhadap IPA dibandingkan secara rutin sebagaimana dilakukan melalui TIMSS (The Trends in International Mathematics and Science Study) dan PISA (Program for International Student Assessment).
Melalui penilaian internasional seperti ini, kita dapat mengetahui kualitas pembelajaran IPA di Indonesia dibandingkan dengan negara -negara lain. Materi IPA pada Kurikulum 2013 ini telah disesuaikan dengan tuntutan penguasaan materi IPA menurut TIMSS dan PISA.
Sesuai dengan konsep Kurikulum 2013, buku ini disusun mengacu pada pembelajaran IPA secara terpadu dan utuh. Untuk setiap pengetahuan yang diajarkan, pembelajarannya harus dilanjutkan hingga menjadikan peserta didik terampil dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasainya secara konkret dan abstrak. Selain itu, peserta didik diarahkan agar mampu bersikap sebagai makhluk yang mensyukuri anugerah alam semesta yang dikaruniakan kepadanya melalui pemanfaatan yang bertanggung jawab.
Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, peserta didik didorong untuk berani mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat memperkaya kegiatan dengan mengkreasi bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Di Kurikulum 2013 atau K-13. Berikut ini link Buku Siswa IPA Kelas 9 SMP/MTS Semester 2 edisi revisi tahun 2018 terbaru lengkap pembahasan yang dapat Anda unduh, dengan klik :
Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas 9 SMP/MTS Semester 2 K-13 terdiri atas lima (10) bab Download
Khusus untuk Bab 6 Kemagnetan dan Pemanfaatannya membahas Pemanfaatan Medan Magnet pada Migrasi Hewan, Pemanfaatan Medan Magnet pada Migrasi Hewan, Kemagnetan dalam Produk Teknologi, dan Uji Kompetensi pada halaman 1.
Bab 7 Bioteknologi membahas Bioteknologi dan Perkembangannya, Penerapan Bioteknologi dalam Kehidupan, Dampak Penerapan dan Pengembangan Bioteknologi, dan Uji Kompetensi pada halaman 51.
Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup membahas Partikel dalam Benda dan Makhluk Hidup, Atom dan Partikel Penyusunnya, Prinsip Pembentukan Molekul dan Ion, Sifat Zat dan Hubungannya dengan Partikel Penyusun dan Strukturnya, dan Uji Kompetensi pada halaman 95.
Bab 9 Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan membahas Peran Tanah dan Organisme Tanah bagi Keberlangsungan Kehidupan, Proses Pembentukan Tanah dan Komponen Penyusun Tanah, Upaya Menjaga Kelestarian Tanah, dan Uji Kompetensi pada halaman 155.
Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan membahas Pengertian dan Prinsip Teknologi Ramah Lingkungan, Aplikasi Teknologi Ramah Lingkungan, Perilaku Hemat Energi dalam Keseharian, Teknologi Tidak Ramah Lingkungan, dan Uji Kompetensi pada halaman 203.
Download Buku Lainnya:
Pelajari artikel baru lainnya di Kurikulum Pelajarancg terkait perbukuan, materi ajar, soal, maupun topik pendidikan K13 terkini. Kunjungi Pelajarancg.blogspot.com, Dengan demikian Anda akan menemukan informasi terkini dari berbagai unduhan materi pendidikan saat ini.
Post a Comment for "BUKU IPA KELAS 9 SMP/MTS SEMESTER 2 KURIKULUM 2013"