KARAKTERISTIK ENAM KINGDOM ORGANISME

KARAKTERISTIK ENAM KINGDOM ORGANISME
Karakteristik enam kingdom organisme (pelajari/biologi)


Dari bakteria terkecil hingga paus biru terbesar, semua organisme makhluk hidup diklasifikasikan berdasarkan karakteristiknya. pada tahun 1700-an, Ahli biologi Carolus Linnaeus pertama kali mengelompokkan organisme menjadi dua kingdom atau kerajaan, Plantae (Dunia Tumbuhan) dan Animalia (Dunia Hewan). Namun, kemajuan ilmu pengetahuan seperti penemuan mikroskop yang kuat telah meningkatkan jumlah kingdom. Sekarang ada enam kingdom yang diterima secara umum. Setiap kingdom mencakup satu set organisme makhluk hidup yang memiliki karakteristik serupa. Organisme di setiap kingdom dianggap berbeda secara biologis dari yang lain. Keenam Kingdom tersebut adalah: Archaebacteria, Eubacteria, Fungi (Dunia Jamur), Protista, Plantae (Dunia Tumbuhan) dan Animalia (Dunia Hewan).


Archaebacteria

Archaebacteria adalah tambahan Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup terbaru Kingdom organisme. Keberadaan Kingdom Archaebacteria tidak ditemukan sampai tahun 1980-an. Namun, Kingdom Archaebacteria adalah Sistem Klasifikasi organisme hidup tertua yang diketahui. Kingdom Archaebacteria bersel tunggal terdiri dari bakteri-bakteri yang hidup di tempat-tempat kritis atau ekstrim, misalnya bakteri yang hidup di air panas, bakteri yang hidup di tempat berkadar garam tinggi, dan bakteri yang dapat hidup di tempat yang panas atau asam, seperti di kawah gunung berapi, dan di lahan gambut.

Pelajari juga: BAGAIMANA STRUKTUR DAN FUNGSI SEL TUMBUHAN?

Eubacteria

Eubacteria juga merupakan organisme bakteri bersel tunggal atau uniseluler. Kingdom atau Kerajaan bakteria ini membuat sebagian besar bakteri di dunia. Eubacteria sangat umum dan kita kenal sebagai parasit seperti Streptococci yang menyebabkan radang tenggorokan. Namun, bakteri ini juga membantu menghasilkan banyak antibiotik, vitamin, dan yogurt.


Fungi (Dunia Jamur)

Kingdom Fungi dikenali oleh kita sebagai Dunia Jamur dan ragi. Berbeda dengan organisme di kerajaan Archaebacteria dan Eubacteria (Bakteria), Fungi adalah organisme bersel banyak atau multiseluler. Para ahli juga Ilmuwan awal mengklasifikasikan Fungi dan Dunia Jamur lain di Kingdom Plantae (Dunia Tumbuhan) tetapi mereka tidak menghasilkan makanan sendiri seperti tumbuhan.


Protista

Protista atau Protozoa adalah organisme bersel tunggal, tetapi lebih kompleks daripada bakteri bersel tunggal. Kingdom Protista termasuk ganggang dan jamur lendir. Organisme mikroskopis apa pun yang tidak termasuk dalam Kingdom bakteria, Fungi (Dunia Jamur), Plantae (Dunia Tumbuhan) atau Animalia (Dunia Hewan) dianggap sebagai bagian dari Kingdom (kerajaan) Protista.


Plantae (Dunia Tumbuhan)

Kerajaan Plantae atau Kingdom Dunia Tumbuhan mencakup semua tumbuhan-tumbuhan maupun tanaman berbunga, lumut, dan pakis. Tumbuhan adalah organisme bersel banyak, kompleks dan dianggap Autotrof. Kingdom Dunia Tumbuhan berarti bahwa tanaman membuat makanan mereka sendiri melalui fotosintesis. Kingdom Plantae (Dunia Tumbuhan) dianggap yang terbesar kedua dengan lebih dari 25.000 spesies yang diketahui.

Pelajari juga: BAGAIMANA PROSES TERJADINYA FOTOSINTESIS PADA TUMBUHAN?

Animalia (Dunia Hewan)

Kingdom organisme terbesar adalah Dunia Hewan atau Kingdom animalia. Kingdom ini terdiri dari organisme multisel yang kompleks mulai dari koloni spons laut hingga gajah. Semua organisme di kerajaan Hewan adalah Heterotrof artinya, tidak seperti tumbuhan yang menghasilkan makanannya sendiri, hewan memakan organisme lain. Kingdom Animalia (Dunia Hewan) adalah yang terbesar di dunia dengan lebih dari satu juta spesies yang diketahui. (*)

Pelajari juga: MATERI BAGAIMANA PROSES TERJADINYA PEMBELAHAN SEL?


**) Dapatkan update infografis pilihan dan materi kurikulum terbaru setiap hari dari Pelajarancg.blogspot.com. Mari ikuti di Laman Instagram "Pelajarancg.blogspot.com kurikulum Pelajarancg", caranya klik link https://www.instagram.com/pelajarancg/, kemudian ikuti. Anda harus install aplikasi instagram terlebih dulu di ponsel supaya mendapatkan update tentang bahan pembelajaran dari Mapel lainnya.

Post a Comment for "KARAKTERISTIK ENAM KINGDOM ORGANISME"