MAKNA HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA, MATERI PKN KELAS 12

Makna Hak Dan Kewajiban Warga Negara.
Makna Hak Dan Kewajiban Warga Negara. /


Hak merupakan semua hal yang kamu peroleh atau dapatkan. Hal tersebut dapat berbentuk kewenangan atau kekuasaan untuk melakukan sesuatu. Setiap hak yang diperoleh merupakan akibat dari dilaksanakannya kewajiban. Dengan kata lain, hak baru bisa diperoleh apabila kewajiban sudah dilakukan. Contohnya, seorang guru berhak mendapatkan upah, apabila sudah melaksanakan tugas atau pekerjaan yang dibebankan kepadanya. Sedangkan, hak asasi manusia (HAM) adalah hak yang melekat pada diri setiap pribadi manusia. Karena itu, HAM itu berbeda dari pengertian hak warga negara.


Lebih jelas mengenai materi Pelajaran PKN kelas 12 SMA ini, simak penjelasan lengkap kurikulum Pelajarancg.blogspot.com


Hak warga negara merupakan seperangkat hak yang melekat dalam diri manusia dalam kedudukannya sebagai anggota dari sebuah negara. Hak asasi sifatnya universal, tidak terpengaruh status kewarganegaraan seseorang. Akan tetapi, hak warga negara dibatasi oleh status kewarganegaraannya. Dengan kata lain, tidak semua hak warga negara adalah hak asasi manusia. Akan tetapi dapat dikatakan bahwa semua hak asasi manusia juga merupakan hak warga negara. Contohnya hak setiap warga negara untuk menduduki jabatan dalam pemerintahan Republik Indonesia adalah hanya hak warga negara Indonesia saja ketentuan ini, tidak berlaku bagi orang yang bukan warga negara Indonesia.


Lebih jelas mengenai materi Pelajaran PKN kelas 12 SMA ini, simak penjelasan lengkap kurikulum Pelajarancg.blogspot.com setiap harinya ya, karena akan ada banyak infografis seputar edukasi dan tutorial yang akan menambah wawasan dan juga pengetahuan lainnya. Jika kalian ingin request materi seputar edukasi dapat sampaikan dikolom komentar ya. Materi seputar Edukasi di : https://pelajarancg.blogspot.com/ atau dapatkan produk resmi kami di : https://www.instagram.com/pelajarancg/

Post a Comment for "MAKNA HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA, MATERI PKN KELAS 12"