3 MACAM GERAKAN LANGKAH KAKI DALAM SENAM IRAMA

SENAM BERIRAMA


Dalam senam irama, terdapat beberapa jenis gerakan yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah gerakan langkah kaki. Beberapa contoh langkah kaki dalam senam irama adalah.
  • Langkah biasa
  • Langkah rapat
  • Langkah samping



Untuk mempelajari Mapel Penjaskes Bab 6 tentang Aktivitas Senam, yuk simak pembahasan lengkapnya di kurikulum pelajarancg.blogspot.com.


Senam irama adalah salah satu jenis senam yang gerakannya dilakukan dengan iringan musi dengan irama yang dan ketukan musik tertentu. Dalam senam irama, terdapat beberapa unsur, yakni keluwesan, kesinambungan gerakan, dan ketetpatan irama. Dalam senam irama, terdapat beberapa jenis gerakan yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah gerakan langkah kaki.


Dalam senam irama, gerakan langkah kaki terdiri dari beberapa macam, diantaranya adalah.

  • Langkah biasa
Langkah biasa atau loppas dilakukan dengan awalan berdiri tegap, posisi kedua tangan berada di samping badan. Kemdian langkahkan kaki kiri kedepan dan jatuhkan dengan perkenaan tumit terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan melangkahkan kaki kanan kedepan. Ketika melangkah, posisi tangan mengayun kedepan dengan relaks.


  • Langkah rapat
Langkah rapat dilakukan dengan posisi awalan berdiri tegap. Kemudian langkahkan kaki kanan didepan kaki kiri, kemudian langkahkan kaki kiri didepan kaki depan, kemudian langkahkan kaki kanan disamping kaki kiri dan rapatkan kedua kaki.


  • Langkah samping
Langkah samping dilakukan dengan awalan posisi badan tegap. Kemudian langkahkan kaki kanan ke samping kanan, kemudian langkahkan kaki kiri ke samping kanan dan rapatkan dengan tangan kanan. Kmeudian lakukan gerakan sebaliknya dengan melangkahkan kaki ke samping kiri.


Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang gerakan sepak bola pelajarancg.blogspot.com/2021/01/permainan-sepak-bola.html

2. Materi tentang rangkuman perminan bola besar pelajarancg.blogspot.com/2020/10/rangkuman-materi-penjaskes-kelas-7-smp-mts-bab-semester-1-permainan-bola-besar.html

Simak pembahasan materi tentang perbedaan senam irama dan senam biasa di kurikulum pelajarancg.blogspot.com pada bahasan post selanjutnya.

----------------------------- Tag Mapel Penjaskes Bab 6 tentang Aktivitas Senam

Post a Comment for "3 MACAM GERAKAN LANGKAH KAKI DALAM SENAM IRAMA"