CONTOH KEBUTUHAN PRIMER SEKUNDER DAN TERSIER BAGI PELAJAR

kebutuhan primer sekunder dan tersier bagi pelajar


Pelajarancg.blogspot.com — Kebutuhan kebutuhan manusia dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu primer, sekunder dan tersier. Sebagai manusia, tentu saja pelajar juga mempunyai kebutuhan yang terdiri dari ketiga jenis tersebut. Kebutuhan primer, sekunder, dan tersier bagi pelajar dikelompokkan menurut tingkat urgensinya, apakah harus segera dipenuhi, digantikan dengan yang lain atau bisa ditunda lebih dulu.


Tugas utama seorang pelajar adalah menuntut ilmu, otomatis kebutuhannya dibuat berdasarkan hal tersebut. Kebutuhan primer kamu bisa saja berbeda dengan kebutuhan pokok kakak yang sudah duduk di bangku kuliah maupun bekerja. Begitu juga kebutuhan sekunder dan tersier bagi kamu yang berstatus siswa SMP, berbeda dengan adik yang masih balita misalnya.


Pengertian Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier

Agar bisa tahu apa saja yang termasuk kebutuhan primer, sekunder maupun tersier untuk seorang pelajar, kamu harus memahami dulu apa pengertian masing-masing. Yuk, simak perbedaan ketiganya berikut ini:


1. Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa digantikan oleh lainnya. Kamu bisa juga menyebut kebutuhan primer sebagai sesuatu yang mutlak dibutuhkan manusia untuk menunjang keberlangsungan hidupnya.


Kebutuhan primer ini secara umum meliputi sandang (pakaian), pangan dan papan atau tempat tinggal. Tanpa ketiganya, manusia akan kesulitan untuk bertahan hidup dengan layak. Contohnya, kalau tidak makan pasti manusia akan sakit dan mati. Tanpa mengenakan pakaian yang layak, kamu bisa dianggap orang gila.


Begitu juga tempat tinggal, semua orang membutuhkan rumah yang layak untuk dihuni. Menurut organisasi buruh dunia (ILO), kebutuhan primer adalah kebutuhan minimal yang harus dipenuhi tanpa memandang status miskin ataupun kaya.


2. Kebutuhan Sekunder

Sementara itu, pengertian kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang melengkapi kebutuhan primer. Namanya saja pelengkap atau tambahan, maka sifatnya tidak mutlak. Kebutuhan primer berfungsi untuk melengkapi kebutuhan primer, agar manusia bisa menjalani kehidupan yang lebih baik.


Jika kebutuhan primer tidak memandang status kaya atau miskin, beda halnya dengan kebutuhan sekunder. Pemenuhan kebutuhan sekunder dipengaruhi oleh status sosial, gaya hidup dan sebagainya.


Contohnya, keluarga yang kaya mungkin akan mengisi rumahnya dengan berbagai perabotan bagus dan harganya mahal. Sebaliknya, mereka yang hidupnya tidak berlebihan, bisa saja rumahnya tanpa perabotan yang penting dapat dijadikan tempat untuk berlindung.


3. Kebutuhan Tersier

Sebelum membahas apa saja kebutuhan primer sekunder dan tersier bagi pelajar, masih ada satu jenis kebutuhan yang harus dibahas. Terakhir, ada kebutuhan tersier atau kebutuhan yang jika tidak dipenuhi tidak akan mempengaruhi kehidupan.


Kebutuhan tersier dapat juga diartikan sebagai kebutuhan yang sifatnya hanya untuk kesenangan pribadi dan gengsi. Contohnya, membeli mobil baru, HP canggih, liburan ke luar negeri, membangun rumah bertingkat dan sebagainya.


Contoh Kebutuhan Primer Sekunder dan Tersier bagi Pelajar

Berdasarkan pengertian tersebut, inilah kebutuhan primer, sekunder, dan tersier bagi kamu sobat Pelajarancg.blogspot.com:


1. Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer atau kebutuhan mutlak seorang pelajar, terdiri dari :
  • Pendidikan yang baik
  • Pakaian, termasuk seragam sekolah
  • Pangan
  • Papan atau tempat tinggal
  • Kesehatan


2. Kebutuhan Sekunder

Sedangkan kebutuhan sekunder bagi kamu sobat Pelajarancg.blogspot.com, diantaranya yaitu :
  • Peralatan sekolah seperti tas, sepatu, alat tulis
  • Laptop untuk sekolah daring dan mengerjakan tugas
  • Peralatan komunikasi, seperti smartphone


3. Kebutuhan Tersier

Terakhir, yang termasuk sebagai kebutuhan tersier untuk kamu sobat Pelajarancg.blogspot.com, contohnya yaitu :
  • Liburan
  • Tas sekolah bermerek
  • Aksesoris
  • Kendaraan, seperti sepeda, motor ataupun mobil.



Itulah penjelasan tentang apa pengertian kebutuhan primer, sekunder, dan tersier bagi pelajar dan contohnya. Sekarang kamu sudah paham apa saja kebutuhan yang sifatnya mutlak, sebagai pelengkap dan keperluan yang hanya sebagai gengsi saja. Dengan begitu kamu bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan tepat sesuai urgensinya.


Disini kamu dapat temukan post materi sekolah TK SMP SMA loh sobat kurikulum Pelajarancg.blogspot.com. Beragam pembahasan ditulis berdasarkan jenis kurikulum baik itu kurikulum 2013 maupun kurikulum merdeka yang terbaru meskipun hal ini tidak termasuk bagian dari upaya memenuhi kebutuhan primer sobat semua, namun memberikan berita, informasi, modul pendidikan terbaik menjadi fokus utama blog ini.

Post a Comment for "CONTOH KEBUTUHAN PRIMER SEKUNDER DAN TERSIER BAGI PELAJAR"