Beriman Kepada Malaikat Allah

Menerima dalam pengertian beriman kepada malaikat adalah meyakini keberadaan malaikat. Kita telah diberitahu keberadaannya oleh Allah melalui sumber-sumber terpercaya (dalil) adalah al-Qur'an dan hadits nabi. Cara beriman kepada malaikat Allah adalah dengan:

1. Keyakinan yang pasti bahwa setiap saat kita takut dan ingat kepada Allah karena ada malaikat yang mencatat perbuatan kita serta Allah akan memberikan balasannya;

2. Banyak mengingat kematian;

3. Gemar mengerjakan perbuatan yang pelakunya didoakan para malaikat Allah, Misalnya; menuntut ilmu, mengunjungi karib dan kerabat, tidur dalam keadaan suci, dan memilih barisan paling depan dalam shalat berjamaah.



Perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Malaikat Allah

Lalu pertanyaannya "dengan beriman kepada malaikat manusia akan memiliki perilaku?"

Beriman Kepada Malaikat Allah


Tahukah apa saja perilaku yang mencerminkan keimanan kepada malaikat Allah? Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang perilaku-perilaku tersebut.


1. Suka bersedekah (peduli untuk menolong sesama). Nabi Muhammad bersabda "Tidak ada satu hari pin, pada saat para hamba bangun di waktu pagi, kecuali ada dua malaikat yang turun. Salah satunya berkata, Ya Allah, berilah ganti kepada orang yang berinfak. Yang lain mengatakan, Ya Allah, berilah kebangkrutan kepada orang yang kikir." (H.R. Iman Bukhari dan Muslim)


2. Gemar menjalankan perintah-perintah Allah dan meninggalkan larangan-larangan-Nya. Misalnya, berbakti kepada orang tua, menghormati guru, dan menghargai kepada sesama. Selain itu mengunjungi orang yang sakit dan mendoakannnya, mengunjungi saudara atau tetangga, dan sebagainya. Semua amal perbuatan kita akan dicatat oleh Malaikat Raqib dan Atid. Sebagaimana dalilnya dalam firman Allah Swt;

Artinya: "Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir". (Q.S Qaf (50): 17)

Post a Comment for "Beriman Kepada Malaikat Allah"