LINGKUNGAN DAN FUNGSINYA

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kehidupan serta keberadaannya secara langsung maupun tidak, dapat berpengaruh pada kelangsungan mahluk hidup.


Lalu apakah lingkungan hanya bermanfaat bagi manusia, mengapa? pertanyaan ini saya ingat di sekolah saat umur 10 tahun.


Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Lingkungan menyediakan kebutuhan buat manusia dalam berbagai hal. Sumber daya seperti udara, cahaya dan air merupakan lingkungan bagi kita.


Jadi apabila kita ingin menjelaskan fungsi lingkungan alam sebagai sarana edukasi, ada baiknya simak ulasan pelajarancg.blogspot.com.

Lingkungan dan Fungsinya


Fungsi Lingkungan


Lingkungan mempunyai berbagai fungsi bagi manusia, diantaranya:

1. Lingkungan sebagai tempat melakukan aktivitas.


Setiap manusia melakukan berbagai aktivitas untuk mencari nafkah. Berbagai aktivitas tersebut menimbulkan terjalinnya interaksi sosial. Hal ini juga menunjukkan ketergantungan antarmanusia dengan sesamanya. Melalui interaksi sosial manusia mempu mencapai kesejahteraan hidupnya. Inilah alasannya mengapa lingkungan bisa memengaruhi aktivitas manusia.


2. Sebagai tempat untuk bersosialisasi.


Manusia merupakan mahluk sosial. Mereka tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain. Lingkungan hidup menjadi tempat yang strategis bagi manusia untuk menciptakan tempat tinggal yang baik, dimana dalam satu lingkungan tersebut terdiri dari kumpulan manusia yang hidup saling berdampingan, bekerja sama, dan saling tolong-menolong.


3. Lingkungan sebagai tempat tinggal.


Lingkungan merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup mulai tingkat rendah sampai ke tingkat tinggi. Masing-masing spesies membentuk kelompok, misalnya manusia beserta sesamanya membentuk satu kelompok pada suatu daerah menjadi satu masyarakat tertentu.


4. Lingkungan sebagai tempat mencari makan.


Secara alami, lingkungan menyediakan berbagai sarana pemenuhan kebutuhan mahluk hidup termasuk makanan. Selain untuk tinggal, lingkungan juga merupakan tempat untuk mencari makan bagi makhluk hidup. Lingkungan memiliki mekanisme bagi makhluk hidup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya makhluk hidup saling berinteraksi.


Kesimpulan:

Keberadaan lingkungan sangat penting juga memiliki manfaat, bukan hanya manfaat lingkungan hidup bagi kehidupan di muka bumi khususnya manusia saja tetapi hewan dan tumbuhan juga. Hewan dan tumbuhan tidak akan dapat hidup apabila lingkungan hidupnya berubah. Contohnya; ikan tidak akan dapat hidup di darat. Jadi setiap makhluk memiliki lingkungan tertentu untuk tinggal.

Post a Comment for "LINGKUNGAN DAN FUNGSINYA"