PENGERTIAN SUMBER ENERGI ALTERNATIF: CONTOH SERTA MANFAATNYA

Apa saja Sumber Energi Alternatif yang kamu ketahui pelajar pengunjung pelajarancg.blogspot.com?


Sebutkan contoh dan manfaat dari Sumber energi alternatif?


Inilah beberapa ciri-ciri pertanyaan yang sering muncul ketika kita berada di bangku sekolah berkenaan materi membahas tentang sumber energi, sebagai salah satu alternatif dalam penghematan sumber daya Alam.

PENGERTIAN SUMBER ENERGI ALTERNATIF: CONTOH SERTA MANFAATNYA

Pelajari:


Seperti diketahui bahwa Indonesia memiliki berbagai sumber daya energi yang dapat dimanfaatkan. Contohnya minyak bumi. Minyak bumi dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan bensin, pelumas, lilin dan plastik. Akan tetapi, penggunaan sumber energi secara terus menerus tanpa adanya upaya penghematan akan menyebabkan ketersediaan minyak bumi di alam akan habis.


https://pelajarancg.blogspot.com/


Salah satu upaya penghematan penggunaan sumber energi adalah menggantinya dengan sumber energi alternatif. Apakah yang dimaksud sumber energi alternatif?


Pengertian sumber energi alternatif adalah energi yang menggunakan macam-macam bahan bakar yang bukan berasal dari bahan bakar fosil dan ramah lingkungan untuk menggantikan energi dari minyak bumi.


Beberapa contoh energi alternatif antara lain; matahari, angin, air, panas bumi, biogas, dan biomassa.


Alam menyediakan berbagai sumber energi alternatif yang tidak akan habis. Adapun energi alternatif tersebut yaitu:


1. Matahari.

Matahari merupakan sumber energi terbesar bagi bumi. Energi yang diberikan matahari berupa energi panas dan energi cahaya. Energi panas serta energi cahaya dapat langsung digunakan. Contohnya; Energi panas dapat dinikmati siang hari. Bumi jadi terang sehingga tidak perlu menyalakan lampu.


Sedangkan energi cahaya dapat diubah menjadi listrik oleh alat yang disebut sel surya dan juga dimanfaatkan untuk membuat makanan pada tumbuhan hijau.

https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar: Sumber energi alternatif matahari


2. Angin.

Tenaga angin sudah dimanfaatkan orang sejak lama. Angin yang sangat besar dapat membawa bencana. Akan tetapi jika angin dimanfaatkan tentu dapat menolong manusia memenuhi kebutuhan hidup.


Misalnya; kapal layar dapat berkeliling dunia dengan menggunakan energi angin.Tenaga angin dapat digunakan untuk menjalankan mesin penggiling jagung juga air.


https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar: Sumber energi alternatif Angin


3. Air.

Air mengalir selalu dari tempat yang tinggi ke dataran rendah. Aliran air tersebut dapat digunakan sebagai sumber energi. Energi gerak ini dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik.


Pada stasiun pembangkit listrik tenaga air, air biasanya dibendung sehingga permukaannya menjadi tinggi. Stasiun pembangkit listrik tenaga air biasanya dibangun di bawah perbukitan yang sering terjadi hujan.


Air yang dibendung posisinya lebih tinggi dari pada stasiun pembangkit listriknya. Air yang dibendung ini lalu dialirkan melalui terowongan yang menurun. Aliran air tersebut memutar turbin yang dihubungkan dengan generator. Generator berputar menghasilkan energi listrik. Ini memaknai bahwa sumber energi alternatif untuk menggerakan turbin pada pembangkit listrik adalah air.

https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar photo: Sumber energi alternatif  air



4. Panas Bumi.

Bumi berbentuk seperti bola. Sesungguhnya tersusun dari lapisan-lapisan. Pusat bumi terbentuk dari lapisan batuan yang sangat panas. Tenaga panas bumi digunakan untuk menghasilkan listrik.


Prosesnya air dingin dari permukaan dipompa dan dialirkan melalui pipa ke dalam tanah hingga ke lapisan batuan panas. Saat sampai disana, air langsung mendidih dan berubah menjadi uap air panas. Uap air ini memutar turbin. Turbin kemudian memutar generator sehingga listrik dihasilkan.


5. Energi Biomassa.

Bahan bakar bio merupakan bahan bakar yang berasal dari mahluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan.


Bahan bakar bio yang berasal dari tumbuhan diantaranya; tumbuhan berbiji yang mengandung minyak, seperti contoh; bunga matahari, jarak, kelapa sawit, kacang tanah, dan kedelai. Bahan bakar tersebut dikenal dengan biodiesel. Biodiesel adalah dapat digunakan untuk meggantikan solar. Singkong, ubi, jagung dan sagu dapat diubah menjadi bioetanol. Bioetanol adalah dapat menggantikan bensin ataupun premium.


Bahan bakar bio juga dapat berasal dari kotoran hewan. Bahan bakar tersebut dikenal denga biogas. Kotoran hewan yang ada dimasukkan ke dalam ruangan bawah tanah (lubang). Penguraian kotoran hewan dengan bantuan bakteri akan dihasilkan gas metana yang digunakan sebagai sumber panas kompor. Selain itu, bahan bakar ini dapat juga dimanfaatkan untuk bahan bakar kendaraan bermotor.

https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar photo: Sumber energi alternatif  Biomassa



Demikianlah pembahasan berkaitan "Pengertian Sumber Energi Alternatif dengan contoh dan manfaatnya" semoga berguna sebagai cara mengetahui keunggulan hingga tambahan pengetahuan kita bersama khusunya penulis https://pelajarancg.blogspot.com.

Post a Comment for "PENGERTIAN SUMBER ENERGI ALTERNATIF: CONTOH SERTA MANFAATNYA"