PENGERTIAN SUMBER DAYA ALAM (SDA): JENIS, CONTOH, SIFAT SERTA MANFAATNYA

Apa itu yang dimaksud dengan Sumber Daya Alam?


Mungkin pertanyaan ini terlontarkan saat kita berada di sekolah. Bahkan bukan hanya sampai situ aja, soalnya akan berkembang menjadi lebih luas lagi, seperti sebutkan jenis-jenis, contoh dan manfaat dari SDA tersebut.


Awalnya saya berpikir, macam macam saja esai dari kelas namun ternyata sebagai pelajar di Indonesia tentu kita harus mengerti. Baiklah sedikit ulasan tentang pengertian dari sumber daya alam (singkatan / kepanjangan dari SDA) mulai jenis, contoh, sifat berikut manfaatnya pelajari terus artikel pelajarancg.blogspot.com.


pengertian-sumber-daya-alam-jenis-contoh-sifat-serta-manfaatnya
Gambar: Sumber Daya Alam (wikipedia)


Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.


Sumber daya alam tidak hanya berupa komponen biotik, seperti contoh; hewan tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotok, misal; minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air serta tanah.


Inovasi teknologi, kemajuan peradaban dan populasi manuasi, juga revolusi industri telah membawa manusia pada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan, terutama pada abad belakangan ini.


Pada umumnya, sumber daya alam berdasarkan sifatnya dapat digolongkan menjadi dua, yaitu:
  1. Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui
  2. Sumber Daya Alam yang tak dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah kekayaan alam dapat terus ada selama penggunaannya tidak dieksploitasi secara berlebihan. Contohnya; tumbuhan, hewan, mikroorganisme, sinarmatahari, angin dan air.


Walaupun jumlahnya sangat berlimpah di alam, penggunaannya harus tetap dibatasi dan dijaga untuk dapat terus berkelanjutan.


Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam jumlahnya terbatas kerena penggunaannya lebih cepat daripada proses pembentukannya juga apabila digunakan secara terus-menerus akan habis.


Sumber daya alam yang tak dapat diperbarui ada berupa logam dan bukan logam. SDA logam contohnya; emas, besi, tembaga, aluminium, dan perak. SDA bukan logam misalnya; minyak bumi, gas alam dan batu bara.


Masyarakat memanfaatkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhannya. Sumber daya alam berupa tumbuhan dimanfaatkan dalam kegiatan pertanian dan perkebunan. kegiatan peternakan memanfaatkan sumber daya alam berupa hewan. Sedangkan batu bara dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif.


Sumber daya alam yang kita miliki tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Persebaran sumber daya alam tidak merata dikarenakan ada wilayah memiliki sumber daya melimpah namun ada juga daerah hanya memiliki sedikit sumber daya alam.


Demikianlah mengenai pengertian sumber daya alam jenis, contoh, sifat dan manfaatnya semoga artikel ini berguna bagi kamu yang sedang mencari referensi mengenai SDA di pelajarancg.blogspot.com.***

Post a Comment for "PENGERTIAN SUMBER DAYA ALAM (SDA): JENIS, CONTOH, SIFAT SERTA MANFAATNYA"