APA ITU ENERGI? BAGAIMANA CARA MENGHEMAT ENERGI

Mata Pelajaran IPA tentang energi. pelajarancg.blogspot.com Energi adalah kapasitas sistem fisik untuk melakukan pekerjaan. Energi ada dalam beberapa bentuk seperti panas, energi kinetik atau mekanik, cahaya, energi potensial, listrik, atau bentuk lainnya. Energi adalah kemampuan untuk melakukan pekerjaan. Sumber energi dapat diklasifikasikan sebagai Terbarukan dan Tidak dapat diperbarui.


Banyak slogan kita temukan di jalan-jalan. Slogan dalam bentuk mengajak untuk menghemat energi. Menghemat sumber energi berarti menggunakan energi seperlunya saja sebab energi yang digunakan tidak dapat diperbarui. Oleh karenanya kita menghematnya.


Dalam fisika kita juga mempelajari tentang energi, lalu apa pengertian dari energi itu sendiri dan bagaimana cara untuk menghemat energi di kehidupan sehari-hari, silahkan baca terus.

APA ITU ENERGI? BAGAIMANA CARA MENGHEMAT ENERGI


APA YANG DIMAKSUD DENGAN ENERGI ITU

Energi adalah properti fisika dari suatu objek, dapat berpindah melalui interaksi fundamental, bisa diubah bentuknya namun tak memungkinkan diciptakan maupun dimusnahkan. Joule adalah satuan SI untuk energi, diambil berdasarkan jumlah yang diberikan pada suatu objek (melalui kerja mekanik) dengan memindahkannya sejauh 1 meter bersama gaya 1 newton.


Singkatnya adalah Energi, dalam fisika, kapasitas untuk melakukan pekerjaan. Mungkin ada dalam bentuk potensial, kinetik, termal, listrik, kimia, nuklir, atau lainnya. Lagi pula, ada panas dan kerja yaitu, energi dalam proses pemindahan dari satu tubuh ke tubuh lain.


Energi dapat ditemukan dalam banyak hal, dan mengambil banyak bentuk. Ada semacam energi yang disebut energi kinetik pada benda yang bergerak. Energi juga dapat melakukan perjalanan dalam bentuk gelombang elektromagnetik, seperti panas, cahaya, radio, dan sinar gamma.


APA BENTUK-BENTUK ENERGI

Energi ada dalam berbagai bentuk. Contohnya adalah: energi cahaya, energi panas, energi mekanik, energi gravitasi, energi listrik, energi bunyi, energi kimia, energi nuklir atau atom dan sebagainya. Setiap formulir dapat dikonversi atau diubah menjadi bentuk lain.


Meskipun ada banyak jenis energi tertentu, dua bentuk utama adalah Energi Kinetik dan Energi Potensial.


Energi kinetik adalah energi dalam benda atau massa yang bergerak. Contohnya termasuk energi mekanik, energi listrik dll.


Energi potensial adalah segala bentuk energi yang menyimpan potensi yang dapat digunakan di masa depan. Contohnya termasuk energi nuklir, energi kimia, dll.


Energi tidak bisa kita lihat tetapi dapat dirasakan. Seperti contoh energi listrik yang mengalir ke rumah penduduk. Tahukah kamu energi yang paling banyak digunakan oleh manusia adalah energi listrik. Hampir sebagian besar peralatan yang ada di rumah-rumah memanfaatkan energi listrik. Berbagai aktivitas manusia juga dapat ditunjang oleh energi listrik seperti cahaya.


Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Indonesia cukup banyak. Beberapa diantaranya:
  1. PLTA Karangkates di Jawa Timur
  2. PLTA Jatiluhur di Jawa Barat
  3. PLTA Gajah Mungkur di Jawa Tengah
  4. PLTA Sigura-gura di Sumatera Utara



Beberapa usaha dilakukan untuk membuat pembangkit listrik yang lainnya. Misalnya; PLTU (singkatan dari kepanjangan: Pembangkit Listrik Tenaga Uap), PLTS (singkatan dari: Pembangkit Listrik Tenaga Surya), PLTG (Singkatan: Pembangkit Listrik Tenaga Gas bumi), dll. Setiap pembangkit ini membutuhkan biaya yang sangat besar dalam pembangunannya. Oleh karena itu, harus berhemat dalam menggunakan listrik.


CARA MENGHEMAT ENERGI

Keberadaan listrik dirumah kita juga memerlukan biaya cukup tinggi. Berawal dari biaya pemasangan kemudian biaya pemakaian per bulannya. Maka semakin boros kita menggunakan energi listrik, maka akan semakin besar pula biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan energi listrik. Jadi sangat perlu menghematnya, Adapun caranya:
  1. Menggunakan lampu hemat energi
  2. Matikan lampu pada siang hari
  3. Nyalakan lampu saat diperlukan
  4. Matikan peralatin listrik saat tidak digunakan

https://pelajarancg.blogspot.com/



KESIMPULAN APA ITU ENERGI? BAGAIMANA CARA MENGHEMAT ENERGI


Setelah kita mengetahui arti dari energi terutama apalagi panas cahaya berupa listrik, maka penting bagi setiap orang untuk menghematnya. Demikianlah artikel pelajaran IPA tentang energi di pelajarancg.blogspot.com, Semoga bermafaat!!

Post a Comment for "APA ITU ENERGI? BAGAIMANA CARA MENGHEMAT ENERGI"