NAMA-NAMA KITAB ALLAH SWT

Pelajarancg: Pengertian dan Nama Nama kitab Allah. - Allah telah menurunkan empat kitab suci serta beberapa suhuf diberikan kepada nabi dan rasul yang berbeda jaman maupun umatnya. Setiap kitab suci atau suhuf tersebut diturunkan oleh Allah kepada para nabi dan rasul bertujuan dijadikan sumber kebenaran hingga petunjuk buat memperoleh keselamatan juga kebahagiaan dunia sampai akhirat. Apa perbedaan kitab-kitab terdahulu adalah sebagaimana dijelaskan berikut ini dalam pelajarancg.blogspot.com;


https://pelajarancg.blogspot.com/

4 Kitab Allah beserta Rasul yang Menerimanya

Nama kitab kitab Allah diterima oleh utusan (nabi) yang berbeda, dibawah ini penerima juga bahasa yang digunakannya:


1. Taurat

Kitab Taurat adalah diturunkan kepada Nabi Musa as kurang lebih pada abad 12 SM (Sebelum Masehi) di daerah Israil dan Mesir. Kitab Taurat menggunakan bahasa Ibrani.


2. Zabur

Kitab Zabur adalah diturunkan kepada Nabi Dawud as ketika beliau menduduki tahta sebagai raja Bani ISrail pada abad 10 SM di tanah Kanaan.


3. Kitab Injil

Kitab Injil adalah diturunkan kepada Nabi Isa as pada sekitar abad 1 Masehi di daerah Yerussalem. Dalam bahasa Yunani Injil berarti kabar selamat, pelajarancg yang baru atau kabar gembira.


4. al-Qur'an

Kitab al Qur'an adalah mulai diturunkan kepada Nabi Muhammad saw pada abad 6 Masehi di Mekkah. Peristiwa turunnya al-Quran atau dikenal dengan Nuzulul Qur'an, terjadi pertama kali ketika Nabi Muhammad menyendiri di Gua Hira, Mekkah. Turunnya al-Quran menandai awal diangkatnya Muhammad saw sebagai Rasulullah (utusan Allah), Usia beliau saat itu genap 40 Tahun.


Al-Qur'an terdiri dari 114 surah, terbagi dalam 30 juz dan 6666 ayat, al-Qur'an diwahyukan selama 22 Tahun 2 Bulan dan 22 hari.


Al-Quran menyempurnakan seluruh hukum-hukum Allah SWT yang terdapat dalam kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya. Ia diturunkan untuk seluruh umat manusia sebagai rahmat bagi semesta alam atau disebut juga Rahmatan lil 'alamin.


Apa perbedaan Al-Qur'an dengan kitab-kitab terdahulu

Perbedaan Al-Qur'an dengan kitab-kitab terdahulu adalah sebagaimana dijelaskan berikut ini dalam pelajarancg.blogspot.com;
  • Kitab-kitab sebelumnya telah hilang keutuhan atau keotentikannya. Sementara itu, Al Quran hingga saat ini dan bahkan yang akan datang sekalipun, masih utuh. Hal ini ditegaskan sendiri dalam Al Quran, yakni surat Al Hijr ayat 9: (Sungguh, Kamilah yang telah menurunkan Al Quran dan Kamilah yang menjaganya dari pemalsuan).
  • Al Quran ditujukan untuk seluruh alam/umat manusia. Sementara, kitab terdahulu hanya diperuntukkan untuk satu golongan tertentu. Inilah letak perbedaan selanjutnya. Banyak ayat yang menjelaskan tentang hal ini; seperti Al Baqarah ayat 185. Dan juga Ali Imran ayat 183: (… Itulah keterangan yang jelas untuk semua manusia, sebuah petunjuk dan pelajaran bagi orang yang bertakwa).
  • Kitab-kitab terdahulu menggunakan bahasa kaum yang kini telah hilang sejak beberapa waktu silam. Berbeda dengan halnya Al Quran, Al Quran berbahasa Arab yang kini digunakan oleh berjuta-juta manusia. Dan Al Quran diturunkan dalam bahasa Arab bukan berarti Al Quran untuk bangsa Arab saja, melainkan untuk semua manusia.
  • Al Quran memuat ringkasan ajaran-ajaran ketuhanan dalam kitab-kitab dan mengukuhkan kebenaran ajaran ajaran yang terdapat di dalam kitab-kitab terdahulu; yakni Taurat, Zabur, dan Injil.

1 comment for "NAMA-NAMA KITAB ALLAH SWT"

  1. Allah SWT menurunkan empat kitab suci kepada para Nabi dan Rasul, meskipun kitab tersebut berlainan nama, masa, bahasa dan Rasul yang menerimanya, tetapi terkandung ajaran pokok yang sama yaitu .... *
    4 poin

    ReplyDelete