Tema dan Makna Logo Peringatan HUT Republik Indonesia Ke-78 Tahun 2023



Pemerintah telah meluncurkan logo dan tema untuk perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI yang jatuh pada 17 Agustus 2023 mendatang. Adapun tema yang diusung tahun ini yakni “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.


Berikut tentang logo peringatan HUT Republik Indonesia Ke-78 Tahun 2023


1. Filosofi Logo

Dilansir pelajarancg.blogspot.com dari situs resmi Kementerian Sekretariat Negara (Setneg), disebutkan bahwa logo Kemerdekaan ke-78 RI ini merupakan visualisasi tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Tema ini mendeskripsikan Keberlanjutan Pembangunan Dengan Semangat ‘Estafet’, semangat Terus Melaju, Tanggung Jawab Bersama Berlandaskan Pancasila, Gotong Royong, Bergerak Maju Menuju Indonesia Maju.


2. Makna Logo

Selain filosofi, disebutkan juga makna tiap bentuk yang terdapat pada logo. Garis padat horizontal - Tongkat Estafet. (Teruskan) berupa konsep selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa untuk bergotong royong menuju Indonesia Maju. Bersinergi dalam satu irama, satu asa, satu bangsa.


Angka 7 berbentuk arah panah keatas. (Gerak Maju) berupa konsep Arah panah keatas yang bermakna bergerak maju, dengan laju progresif menuju Indonesia Maju.


Terbentuk dari 5 garis melengkung. (Pancasila) berupa konsep 5 garis melambangkan 5 sila dalam Pancasila sebagai landasan bernegara dalam proses melaju. Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis. (Tanggung Jawab Bersama) berupa konsep bentuk solid melambangkan tujuan yang sama, beralih menjadi garis-garis bermakna latar belakang Negara Republik Indonesia yang beragam. Ekspresi rasa tanggung jawab bersama selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa melaju bersama menuju Indonesia Maju (Bhineka Tunggal Ika).


Bentuk bulat yang ditampilkan oleh angka 8 merepresentasikan pola pikir global (Globalisasi) berupa konsep Pembangunan berorientasi pada kemajuan kesejahteraan rakyat, menghasilkan SDM unggul yang siap berkompetisi di panggung dunia.


3. Tipografi

Dalam tulisan tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, menggunakan font Red Hat Display, di mana kita dapat bebas mengunduh dari Google Fonts. Red Hat Display adalah tipe huruf utama yang digunakan pada semua aplikasi desain untuk Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78.


4. Warna Logo

Berikut ini adalah warna-warna yang digunakan pada seluruh desain dan branding dari 78 tahun Kemerdekaan Indonesia.



Bagi masyarakat yang ingin turut menyemarakkan HUT ke-78 RI bisa mengunduh tema dan logo beserta pedomannya melalui situs resmi Kementerian Setneg di www.setneg.go.id.


Sehubungan dengan hal tersebut dan dalam rangka menyemarakkan Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023, Kementerian Sekretariat Negara, setneg mengajak Bapak/lbu untuk dapat turut serta berpartisipasi dengan melaksanakan hal-hal antara lain sebagai berikut:
  1. Memasang dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, baliho atau hiasan lainnya, di lingkungan Bapak/lbu, secara serentak sejak tanggal 20 Juni 2023. Penggunaan logo HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 dan desain turunannya agar merujuk pada pedoman yang dapat diunduh pada situs resmi Kementerian Sekretariat Negara.
  2. Mengimplementasikan secara maksimal logo dan desain turunan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 ke dalam berbagai bentuk media, antara lain desain/tampilan situs/media sosial, tayangan pada media televisi dan daring, dekorasi bangunan, dekorasi kendaraan/alat transportasi umum dan dinas, produk/suvenir, media publikasi cetak, elektronik, dan lain-lain, sesuai dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing.
  3. Mengibarkan Bendera Merah Putih secara serentak di lingkungan masing-masing mulai tanggal 1 s.d. 31 Agustus 2023.
  4. Menyelenggarakan program dan kegiatan, baik secara daring maupun luring untuk menyemarakkan Bulan Kemerdekaan.
  5. Pada tanggal 17 Agustus 2023 pukul 10.17 s.d. 10.20 WIB, selama 3 menit, menghentikan semua kegiatan. Berdiri tegap saat Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan secara serentak di berbagai lokasi dan daerah, untuk menghormati peringatan Detik-Detik Proklamasi. Pengecualian menghentikan aktivitas sejenak berlaku bagi setiap orang dengan aktivitas yang berpotensi membahayakan diri dan orang lain apabila dihentikan.
  6. Untuk mendukung pelaksanaan pada angka 5 di atas, jajaran TNI dan Polri, serta kantor-kantor instansi pemerintah maupun swasta agar memperdengarkan sirine atau suara penanda lainnya sebelum Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan.



Pedoman Logo dan Tema HUT RI Ke-78 Unduh disini HUT RI 78 Logo_Pedoman Identitas Visual_Publik (DISINI)


Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Tema dan Makna Logo Peringatan HUT Republik Indonesia Ke-78 Tahun 2023"