ARTI FOTOSINTESIS SERTA CONTOHNYA

Apa itu Fotosintesis dan Contohnya pelajarancg.blogspot.com, Pengertian Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan zat makanan seperti karbohidrat yang dilakukan terutama oleh tumbuhan karena mengandung zat hijau daun atau klorofil. Mencakup pengertian fungsi-fungsi serta reaksi fotosintesis gelap dan terang. Proses-proses tersebut merupakan sumber energi bagi hampir semua kehidupan di Bumi.

https://pelajarancg.blogspot.com/

Fotosintesis tak hanya terjadi pada tumbuhan namun juga organisme. Fotosintesis adalah proses dimana tanaman juga beberapa organisme menghasilkan makanan sendiri melalui karbon dioksida, air serta energi dari sinar matahari.


Sampai sekarang fotosintesis masih terus dipelajari karena masih ada sejumlah tahap yang belum bisa dijelaskan, meskipun sudah sangat banyak yang diketahui tapi proses fotosintesis sangat kompleks oleh sebab itu para ahli terus mengembangkannya.


Pada dasarnya, rangkaian proses reaksi fotosintesis terbagi menjadi dua bagian utama: reaksi terang (karena memerlukan cahaya) dan reaksi gelap (tidak memerlukan cahaya tetapi memerlukan karbon dioksida).


Reaksi terang terjadi pada grana (tunggal: granum), sedangkan reaksi gelap terjadi di dalam stroma. Dalam reaksi terang, terjadi konversi energi cahaya menjadi energi kimia dan menghasilkan oksigen (O2). Sedangkan dalam reaksi gelap terjadi seri reaksi siklik yang membentuk gula dari bahan dasar CO2 dan energi (ATP dan NADPH). Energi yang digunakan dalam reaksi gelap ini diperoleh dari reaksi terang. Pada proses reaksi gelap tidak dibutuhkan cahaya Matahari. Reaksi gelap bertujuan untuk mengubah senyawa yang mengandung atom karbon menjadi molekul gula.


Apa pun itu, untuk diketahui bahwa selain tumbuhan berkalori tinggi, makhluk hidup non-klorofil lain yang berfotosintesis adalah alga dan beberapa jenis bakteri. Organisme ini berfotosintesis dengan menggunakan zat hara, karbon dioksida, dan air serta bantuan energi cahaya matahari.

Arti Fotosintesis serta Contohnya

Fungsi fotosintesis adalah memproduksi zat makanan berupa glukosa. Nah, Glukosa itu sendiri merupakan bahan bakar dasar pembangun zat makanan lain, yaitu lemak dan protein dalam tubuh tumbuhan. Dari sinilah, dapat dilihat bahwa kemampuan tumbuhan mengubah energi cahaya menjadi energi kimia selalu menjadi mata rantai makanan.


Adapun fungsi tersebut terjadi karena dalam proses pembuatan makanan dilakukan oleh tumbuhan dengan menggunakan air (H2O), karbondioksida (CO2) juga membutuhkan bantuan energi cahaya matahari kemudian menghasilkan zat makanan juga Oksigen (O2).


Contohnya pada tanaman, alga, dan cyanobacteria, fotosintesis dilakukan dengan memanfaatkan karbondioksida dan air serta menghasilkan produk buangan oksigen. Sebagai contoh lain, klorofil satu terutama menyerap cahaya biru-violet dan merah, sementara klorofil lainnya menyerap cahaya biru dan oranye dan memantulkan cahaya.


Menurut Subardi; 2001:9 Fotosintesis merupakan contoh anabolisme, yaitu proses-proses penyusunan energi kimia melalui sintesis senyawa-senyawa organik. Sedangkan respirasi merupakan contoh katabolisme, yaitu proses penguraian dan pembebasan energi dari senyawa-senyawa organik. Demikianlah artikel Apa arti, contoh dan manfaat Fotosintesis pada tulisan pelajarancg.blogspot.com, semoga bermanfaat!

Post a Comment for "ARTI FOTOSINTESIS SERTA CONTOHNYA"