PENGERTIAN LINGKUNGAN DAN FUNGSINYA

Lingkungan adalah kondisi di mana seseorang, hewan, atau tumbuhan hidup atau beroperasi. Dalam artian bahwa lingkungan merupakan dunia alam, secara keseluruhan atau di wilayah geografis tertentu, terutama yang dipengaruhi oleh aktivitas manusia.

Secara singkatnya, kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Lingkungan menyediakan kebutuhan bagi manusia dalam berbagai hal untuk difungsikan. Contoh sumber daya seperti udara, cahaya dan air merupakan lingkungan bagi kita. Lingkungan alam kontras dengan lingkungan binaan, terdiri dari area dan komponen serta sangat dipengaruhi oleh manusia.


https://pelajarancg.blogspot.com/


Dari sudut pandang lain kata lingkungan digunakan untuk membicarakan banyak hal. Orang-orang di berbagai ahli bidang pengetahuan menggunakan kata lingkungan berbeda. Misalnya lingkungan elektromagnetik adalah gelombang radio dan radiasi elektromagnetik dan medan magnet lainnya. Lingkungan galaksi mengacu pada kondisi di antara bintang-bintang. Sedangkan dalam psikologi dan kedokteran, lingkungan adalah orang-orang, fisik benda-benda dan tempat-tempat yang dihuni oleh orang itu. Lingkungan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan orang tersebut. Itu memengaruhi perilaku, tubuh, pikiran, dan hati seseorang.


Terdapat beberapa manfaat lingkungan yang mendukung kehidupan manusia dan kegiatan ekonomi. fungsi-fungsinya seperti produksi bahan mentah dari sumber daya alam tanah, air, hutan, mineral dan kehidupan laut atau fungsi "sumber" Bumi. Secara terperinci mengenai fungsi lingkungan bagi manusia, seperti contoh dibawah artikel pelajarancg.blogspot.com:


1. Lingkungan sebagai Tempat Melakukan Aktivitas

Setiap manusia melakukan berbagai aktivitas untuk mencari nafkah. Berbagai aktivitas tersebut menimbulkan terjalinnya interaksi sosial. Hal ini juga menunjukkan ketergantungan antarmanusia dengan sesamanya. Melalui interaksi sosial manusia mampu mencapai kesejahteraan hidupnya.


2. Sebagai Tempat untuk Bersosialisasi

Manusia merupakan makhluk sosial. Mereka tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari orang yang lain. Lingkungan hidup menjadi tempat yang strategis bagi manusia untuk menciptakan tempat tinggal yang baik, dimana dalam satu lingkungan tersebut terdiri dari kumpulan manusia yang hidup saling berdampingan, bekerja sama, dan saling tolong menolong.


3. Lingkungan sebagai Tempat Tinggal

Secara umum, lingkungan merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup mulai tingkat rendah sampai ke tingkat tinggi. Masing-masing spesies membentuk kelompok, misalnya manusia beserta sesamanya membentuk satu kelompok pada suatu daerah menjadi satu masyarakat tertentu.


4. Lingkungan sebagai Tempat Mencari Makan

Secara alami, lingkungan menyediakan berbagai sarana pemenuhan kebutuhan makhluk hidup termasuk makanan. Selain untuk tempat tinggal, lingkungan juga merupakan tempat untuk mencari makan bagi makhluk hidup. Lingkungan memiliki mekanisme bagi makhluk hidup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya makhluk hidup saling berinteraksi.


Keberadaan lingkungan sangat penting, bukan hanya untuk menusia saja tetapi hewan dan tumbuhan juga. Hewan dan tumbuhan memiliki lingkungan hidup sendiri-sendiri. Hewan dan tumbuhan tidak akan dapat hidup apabila lingkungan hidupnya berubah. Misalnya ikan tidak akan dapat hidup di darat. Jadi, setiap makhluk hidup memiliki lingkungan tertentu untuk tinggal.


Lingkungan alam berarti semua makhluk hidup dan tidak hidup terjadi alami, artinya bukan karena manusia. Alam semesta itu alami, tetapi sering kali istilah "lingkungan alami" hanya berarti alam di Bumi.

Dua aspek biasanya termasuk:
  1. Unit ekologi yang merupakan sistem alami tanpa banyak campur tangan manusia. Ini termasuk semua vegetasi, mikroorganisme, tanah, batu, atmosfer, dan kejadian alam.
  2. Sumber daya alam universal dan fenomena fisik yang tidak memiliki batasan yang jelas. Ini termasuk iklim, udara, air, energi, radiasi, muatan listrik, dan magnet.

Ada juga lingkungan binaan. Di sana, manusia telah mengubah lanskap dan lingkungan alam untuk membuat kota dan lahan pertanian.


Lingkungan didefinisikan sebagai keseluruhan sistem fisik dan biologis yang mengelilingi manusia dan organisme lain bersama dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Faktornya adalah tanah, udara, air, cahaya, suhu dll. Ini disebut faktor Abiotik. Selain faktor abiotik, lingkungan sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor biotik yang meliputi semua bentuk kehidupan seperti tumbuhan, hewan, mikroorganisme, dll.


Manusia merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari lingkungan. Manusia dan Lingkungan memiliki hubungan yang sangat erat satu sama lain. Kehidupan sosial manusia dipengaruhi oleh lingkungan. Ini adalah alasan untuk berbagai jenis kegiatan sosial dan budaya di seluruh dunia. Orang-orang dipergunungan memiliki gaya hidup yang berbeda dari orang-orang di daerah dataran. Demikian pula orang di seluruh dunia berbeda dalam makanan, pakaian, festival, hari raya, dll. Semua ini dipengaruhi oleh faktor-faktor di sekitarnya.


Lingkungan memiliki tiga komponen dasar yang penting. Komponen-komponen itu;

1. Fisik
Komponen Fisik lingkungan termasuk tanah, air, udara, iklim, suhu, cahaya dll. Ini juga disebut konstituen abiotik lingkungan. Bagian lingkungan ini terutama menentukan jenis habitat atau kondisi kehidupan populasi manusia.

2. Biologis
Konstituen biologis lingkungan juga disebut komponen lingkungan biotik. Komponen ini terdiri dari semua makhluk hidup seperti tumbuhan, hewan dan mikroorganisme kecil seperti bakteri.

3. Sosial
Konstituen lingkungan sosial terutama terdiri dari berbagai kelompok populasi organisme hidup yang berbeda seperti burung, hewan, dll. Manusia adalah organisme hidup paling cerdas.


Lalu apa yang bisa dilakukan untuk membantu melestarikan dan melindungi lingkungan?

Ada sejumlah cara kita dapat membantu melestarikan dan melindungi lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa hal diantaranya mengurangi limbah, menghemat energi dan mencegah polusi meliputi:
  • Gunakan produk yang dapat digunakan kembali atau pinjam, sewa, atau bagikan item yang jarang digunakan,
  • Pilih produk yang terbuat dari bahan daur ulang atau dirancang agar lebih aman bagi lingkungan,
  • Matikan peralatan dan lampu saat kamu meninggalkan ruangan,
  • Gunakan transportasi umum.


Demikianlah penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan lingkungan hidup dan fungsinya, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "PENGERTIAN LINGKUNGAN DAN FUNGSINYA"