PERUBAHAN DALAM WUJUD BENDA & CONTOHNYA

Perubahan es menjadi cair disebut perubahan fisika. pelajarancg.blogspot.com, Perubahan fisika adalah perubahan sementara. Benda yang mengalami perubahan fisika akan berubah kembali ke bentuk semula jika suhunya dikembalikan ke suhu semula.

Pembelajaran kali ini, mari kita belajar tentang perubahan wujud benda. Dalam kehidupan sehari-hari pernahkah kamu melihat air mendidih. Ketika air mendidih akan muncul uap panas. Jika tidka segera dimatikan, lama kelamaan air yang mendidih tersebut akan habis dan menjadi uap.

Perubahan Wujud Benda dan Contohnya
Gambar: Perubahan Wujud Benda dan Contohnya


Terdapat enam (6) perubahan wujud benda, yaitu mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim, dan disposisi.


1. Membeku

Membeku adalah perubahan wujud benda cair menjadi benda padat. Perubahan ini terjadi karena suhu dilingkungan menjadi dingin. Benda cairakan membeku jika suhunya di bawah 0 derajat celcius. Contoh dikehidupan sehari-hari yaitu peristiwa air membeku menjadi es batu.


2. Mencair

Mencair adalah Peristiwa perubahan wujud benda padat menjadi benda cair. Contohnya, es batu mencair menjadi air dan cokelat batangan apabila dipanaskan akan berubah menjadi cair.


3. Menguap

Menguap adalah peristiwa perubahan wujud benda cair menjadi gas. Contohnya, air yang kamu panaskan akan menguap menjadi uap air.


4. Mengembun

Mengembun adalah perubahan wujud benda gas menjadi benda cair. Contohnya, butiran embun yang menempel pada dedaunan.


5. Menyublim

Menyublim adalah perubahan wujud benda padat menjadi gas. Contohnya, kamper atau kapur barus yang diletakkan di lemari pakaian lama-kelamaan akan habis.


6. Disposisi

Disposisi adalah perubahan wujud benda dari gas menjadi benda padat. Contohnya uap iodium akan mengkristal apabila didinginkan.


Itulah uraian pembahasan mengenai perubahan wujud benda dan contohnya di kehidupan keseharian.

1 comment for "PERUBAHAN DALAM WUJUD BENDA & CONTOHNYA"

  1. Berikan penjelas bagaimana membuat inovasi baru tentang perubahan wujud benda

    ReplyDelete