PENGERTIAN, FUNGSI DAN PENYAKIT SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA

Penyakit, fungsi dan Pengertian Sistem Pelajaran Darah Pada Manusia. pelajarancg.blogspot.com - Sistem peredaran darah (sistem kardiovaskular) memberikan nutrisi dan oksigen ke semua sel dalam tubuh. Terdiri dari jantung dan pembuluh darah yang mengalir ke seluruh tubuh. Arteri membawa darah dari jantung; pembuluh darah membawanya kembali ke jantung.


Sistem kardiovaskular manusia, sistem organ yang membawa darah melalui pembuluh ke dan dari semua bagian tubuh, membawa nutrisi dan oksigen ke jaringan dan menghilangkan karbon dioksida dan limbah lainnya. Ini adalah sistem tubular tertutup di mana darah didorong oleh jantung berotot. Dua sirkuit, paru-paru dan sistemik, terdiri dari komponen arteri, kapiler, dan vena.


Fungsi utama jantung adalah untuk berfungsi sebagai pompa berotot yang mendorong darah ke dan melalui pembuluh darah ke dan dari semua bagian tubuh. Arteri, yang menerima darah ini pada tekanan dan kecepatan tinggi dan membawanya ke seluruh tubuh, memiliki dinding tebal yang tersusun dari jaringan serat elastis dan sel-sel otot. Pohon arteri berarti sistem percabangan arteri diman berakhir di pembuluh darah pendek, sempit, dan berotot yang disebut arteriol, darimana darah memasuki tabung endotel sederhana (contoh., Tabung yang terbentuk dari sel endotel, atau sel, yang dikenal sebagai kapiler). Kapiler tipis dan mikroskopis ini dapat ditembus oleh nutrisi seluler dan produk limbah vital yang mereka terima dan distribusikan. Dari kapiler, darah, yang sekarang kehabisan oksigen dan dibebani dengan produk-produk limbah, bergerak lebih lambat dan di bawah tekanan rendah, memasuki pembuluh-pembuluh kecil yang disebut venula yang berkumpul untuk membentuk pembuluh darah, yang pada akhirnya menuntun darah dalam perjalanan kembali ke jantung.


Pelajarancg biologi ini menjelaskan struktur dan fungsi jantung dan pembuluh darah, serta teknologi yang digunakan untuk mengevaluasi dan memantau kesehatan komponen-komponen dasar termasuk pengertian, fungsi dan penyakit sistem peredaran darah manusia simak terus.




PENGERTIAN SISTEM PEREDARAN DARAH

Sistem peredaran darah adalah Sistem yang menggerakkan darah ke seluruh tubuh. Sistem peredaran darah terdiri dari jantung, arteri, kapiler, dan vena. Sistem luar biasa ini mengangkut darah beroksigen dari paru-paru dan jantung ke seluruh tubuh melalui arteri. Darah mengalir melalui kapiler yang terletak di antara arteri dan vena. Dan darah yang telah kehabisan oksigen oleh tubuh kemudian dikembalikan ke paru-paru dan jantung melalui pembuluh darah.


Secara umum Sistem Peredaran darah banyak para ahli mengungkapkan pendapatnya dari keseluruha menurut pakar dapa disimpulkan adalah mekanisme di mana darah diangkut ke berbagai bagian tubuh. Pergerakan darah dalam tubuh manusia dikenal sebagai sirkulasi, dan organ-organ yang membentuk mekanisme ini dikenal sebagai organ sistem sirkulasi. Jantung manusia membutuhkan waktu kurang dari satu menit untuk memompa darah ke setiap sel di dalam tubuh.


Selain manusia, Pada burung dan mamalia, organ utama sistem kardiovaskular adalah jantung empat bilik, dengan pembuluh darah terkait. Pada vertebrata lain, jantung dapat memiliki dua atau tiga ruang. Banyak invertebrata memiliki sistem sirkulasi terbuka, di mana darah juga dikenal sebagai hemolimf memandikan sel dan organ secara langsung. Beberapa organisme ini, seperti gurita, dapat memiliki banyak hati yang tersebar di seluruh tubuh mereka. Sistem sirkulasi terbuka vs tertutup telah berkembang dalam garis keturunan yang berbeda dari waktu ke waktu.


Ini berarti Sistem peredaran darah manusia adalah terdiri dari jantung, darah dan pembuluh darah yang membantu dalam mentransfer nutrisi penting dan darah ke seluruh tubuh. Untuk setiap bagian tubuh berfungsi, setiap sel yang terdiri membutuhkan segudang nutrisi seperti gula, vitamin, mineral dan gas seperti oksigen. Sistem sirkulasi memastikan bahwa molekul vital ini dikumpulkan dari tempat yang tepat, dan dikirim ke setiap sel tubuh.


Sistem peredaran darah mendefiniskan jaringan organ dan pembuluh yang luas yang bertanggung jawab atas aliran darah, nutrisi, hormon, oksigen, dan gas lainnya ke dan dari sel. Tanpa sistem peredaran darah, tubuh tidak akan mampu melawan penyakit atau mempertahankan lingkungan internal yang stabil seperti suhu dan pH yang tepat yang dikenal sebagai homeostasis.


Sistem peredaran darah adalah jaringan organ dan pembuluh yang luas yang bertanggung jawab atas aliran darah, nutrisi, hormon, oksigen, dan gas lainnya ke dan dari sel. Tanpa sistem peredaran darah, tubuh tidak akan mampu melawan penyakit atau mempertahankan lingkungan internal yang stabil - seperti suhu dan pH yang tepat - yang dikenal sebagai homeostasis.


Sementara banyak yang melihat sistem peredaran darah, juga dikenal sebagai sistem kardiovaskular, hanya sebagai jalan raya untuk darah, itu terdiri dari tiga sistem independen yang bekerja bersama: jantung (kardiovaskular); paru-paru (paru-paru); dan arteri, vena, pembuluh darah koroner dan portal (sistemik), menurut para ahli.


Pengetahuan tentang struktur dan fungsi organ-organ ini telah membantu dokter dan ahli medis menemukan obat penyakit untuk banyak masalah kesehatan kritis.


Jantung adalah organ pusat dari sistem peredaran darah, dan memompa darah ke pembuluh darah yang membawanya ke seluruh bagian tubuh. Denyut jantung rata-rata pada orang normal adalah 72 denyut per menit, sehingga seseorang dapat membayangkan kecepatan aliran darah ke seluruh tubuh.


Jumlah darah yang ada dalam tubuh manusia adalah sekitar 7% dari berat badan. Juga, tubuh memproses sekitar 2.000 galon darah. Selama satu hari aliran darah ini mencakup jarak rata-rata sekitar 60.000 mil


Pengertian, Fungsi dan Penyakit Sistem Peredaran Darah pada Manusia

SISTEM PEREDARAN MANUSIA

Secara umum, pada organ-organ manusia maupun hewan ada tiga komponen dasar dari sistem peredaran darah:
  1. Darah : yang membawa molekul yang dibutuhkan.
  2. Jantung : yang berfungsi sebagai pompa.
  3. Pembuluh Darah : yang mengangkut darah ke seluruh tubuh.


Ada dua divisi sirkulasi yang berfungsi secara bersamaan:
  1. Sirkulasi pulmonal; mengangkut darah dari jantung ke paru-paru untuk oksigenasi, dan membawanya kembali ke jantung. Sisa dari tubuh tidak terlibat dalam proses ini.
  2. Sirkulasi sistemik; membawa darah yang diterima melalui sirkuit pulmonal, dari jantung ke seluruh tubuh; dan mengangkut darah terdeoksigenasi kembali ke jantung yang kemudian berlanjut melalui sirkuit pulmonal untuk oksigenasi.

Kedua unit sirkulasi ini jika dilihat dari cara kerja organ peredaran darah manusia, berfungsi pada saat yang sama, dan melakukan sirkulasi darah yang kompleks dan cepat di dalam tubuh.


FUNGSI PEREDARAN MANUSIA

Adapun Fungsi-fungsi dari organ peredaran darah manusia adalah:

1. Jantung

Pengertian, Fungsi dan Penyakit Sistem Peredaran Darah pada Manusia
Gambar: Organ Peredaran Darah Manusia dan Fungsinya (Jantung)



Jantung manusia adalah salah satu organ yang paling menarik dan penting dalam tubuh manusia. Jantung berfungsi memompa darah penuh oksigen ke setiap sel hidup di dalam tubuh.


Struktur Jantung Manusia

Ketika jantung berdenyut sepanjang masa seorang individu, dan penting untuk kelangsungan hidup, itu terbuat dari otot-otot khusus yang disebut otot jantung. Jantung manusia dibagi menjadi empat ruang. Ruang atas dikenal sebagai atria, sedangkan yang lebih rendah disebut ventrikel.


Septum interventrikular membagi ventrikel kanan dan kiri, sedangkan atrium kanan dan kiri dibagi oleh septum interatrial. Ia juga memiliki empat katup searah yang mengontrol aliran darah masuk dan keluar dari bilik. Katup trikuspid memastikan aliran darah dari atrium kanan ke ventrikel kanan; sedangkan katup mitral mengontrol aliran darah dari atrium kiri ke ventrikel kiri.


Katup pulmonal mengatur aliran darah dari ventrikel kanan ke arteri pulmonalis yang menuju ke paru-paru. Katup aorta mengatur aliran darah dari ventrikel kiri ke aorta. Aorta, yang timbul dari cabang jantung ke arteri, sedangkan vena tubuh berkumpul untuk membentuk vena cava superior yang membawa darah terdeoksigenasi ke jantung. Jadi itulah bagaimana cara kerja jantung pada manusia.


Fungsi Jantung Manusia

Fungsi utama jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh, dan secara konstan menerima, memurnikan, dan mengangkut darah. Atrium kanan menerima darah terdeoksigenasi dari vena cava, yang kemudian dipompa ke ventrikel kanan melalui katup trikuspid.


Kontraksi ventrikel menghasilkan pemompaan darah ke paru-paru melalui katup pulmonal dan arteri pulmonalis. Darah beroksigen dari paru-paru dibawa oleh vena pulmonal, dan masuk ke atrium kiri. Darah ini selanjutnya dipompa ke ventrikel kiri melalui katup bikuspid, dan kemudian melalui katup aorta ke aorta. Aorta, dan cabangnya memasok darah kaya oksigen ke berbagai bagian tubuh.


2. Darah

Pengertian, Fungsi dan Penyakit Sistem Peredaran Darah pada Manusia

Darah adalah jaringan cairan yang dibawa oleh pembuluh darah untuk mengangkut oksigen dan nutrisi ke sel. Darah pada manusia terdiri dari sel-sel darah yang tersuspensi dalam cairan yang disebut plasma darah.


Komponen Darah

Komponen non-seluler darah terdiri dari plasma yang menyumbang 55% volume darah, dan terdiri dari 92% air. Berbagai protein, glukosa, mineral, hormon, serta gas seperti oksigen dan karbon dioksida hadir dalam plasma. Komponen seluler terdiri dari sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan trombosit. Sel darah merah mengandung metalloprotein yang disebut hemoglobin, yang memainkan peran penting dalam pengangkutan oksigen dan karbon dioksida.


Fungsi Darah

Darah mentransfer oksigen, diperoleh melalui inhalasi di paru-paru, ke seluruh jaringan tubuh. Darah menyerap oksigen dari paru-paru saat mengalir di kapiler dekat kantung udara kecil yang disebut alveoli. Oksigen ini kemudian diserap ke dalam sel darah merah, di mana ia bergabung dengan hemoglobin. Darah beroksigen ini diangkut ke jantung, dan kemudian ke berbagai jaringan.


Deoksigenasi Darah

Di dalam jantung, molekul oksigen yang terikat pada hemoglobin dilepaskan, dan mereka berdifusi melalui kapiler untuk mencapai jaringan. Molekul karbon dioksida dari jaringan menyebar ke aliran darah melalui kapiler, dan mengikat ke molekul hemoglobin. Proses ini disebut deoksigenasi darah. Darah terdeoksigenasi ini kemudian dibawa ke jantung dan dialirkan ke paru-paru untuk oksigenasi. Di paru-paru, molekul karbon dioksida digantikan oleh molekul oksigen. Molekul karbon dioksida ditransfer ke alveoli, dan dikeluarkan selama proses pernafasan.


Darah membawa nutrisi ke berbagai bagian tubuh. Ini mengangkut hormon dari kelenjar endokrin ke jaringan target mereka. Ini juga membantu dalam penghapusan produk sisa metabolisme seperti asam laktat dari otot, dan urea dari jantung. Bahkan darah membantu mengatur dan menjaga suhu tubuh.


Leukosit atau sel darah putih meningkatkan kekebalan, dan melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit dan infeksi. Agen koagulasi dalam darah membantu dalam proses pembekuan darah, sehingga mencegah pendarahan yang berlebihan jika terjadi cedera. Juga antibodi, sitokin dan molekul lain yang ada dalam darah memainkan peran penting dalam memberikan kekebalan terhadap benda asing dan patogen.



3. Pembuluh darah

Meskipun pembuluh darah bukan organ, kehadiran mereka sangat penting untuk setiap sistem organ tubuh. Melalui jaringan tanpa akhir yang terdiri dari ratusan ribu pembuluh darah, darah dapat diakses oleh setiap bagian tubuh.


Struktur Pembuluh Darah

Pembuluh darah adalah jaringan tabung berongga rumit yang membawa darah dari jantung ke berbagai bagian tubuh, dan kembali. Lapisan terluar terdiri dari jaringan ikat; lapisan tengah terbuat dari sel otot polos; dan lapisan terdalam terdiri dari sel-sel endotel.


Arteri dan vena memiliki anatomi yang mirip dari tiga lapisan:
  1. Tengah: sel otot polos, dan
  2. Terluar: ikat,
  3. Paling dalam: sel-sel endotel;



Lapisan tengah lebih tipis di pembuluh darah. Namun beberapa vena memiliki katup yang mempertahankan aliran darah searah. Kapiler adalah pembuluh darah terkecil. Mereka memiliki struktur khusus, dengan dinding yang terbuat dari satu lapisan sel endotel.


Fungsi Pembuluh Darah

Pembuluh darah memastikan pengangkutan oksigen, nutrisi, dan metabolit ke setiap sel tubuh, dan juga memungkinkan pengangkutan karbon dioksida, racun dan limbah lainnya ke organ ekskretoris masing-masing.


Arteri
Mereka mentransfer darah beroksigen dari jantung ke berbagai organ. Tindakan ini dilakukan melalui cabang-cabangnya yang disebut arterioles. Arteri dikatakan pasokan kereta tubuh karena mereka membawa bahan baku (darah dan nutrisi) penting untuk berfungsinya organ yang berbeda. Namun, arteri pulmonalis adalah pengecualian, dan ia membawa darah terdeoksigenasi dari jantung ke paru-paru.


Pembuluh darah
Mereka membawa darah terdeoksigenasi dari berbagai organ tubuh ke jantung. Tindakan ini dilakukan oleh cabang-cabangnya yang disebut venules. Namun, vena pulmonal mengangkut darah yang mengandung oksigen dari paru-paru ke jantung.


Kapiler
Kapiler adalah pembuluh darah terkecil di tubuh, dan mereka memainkan peran utama dalam sirkulasi mikro. Mereka adalah pembuluh darah tipis di mana pertukaran nutrisi terjadi antara darah dan jaringan. Jaringan kapiler untuk membentuk tempat tidur kapiler yang memasok jaringan dengan gas seperti oksigen serta air, ion, nutrisi dan metabolit.



4. Organ Tambahan: Paru-paru

PENGERTIAN, FUNGSI DAN PENYAKIT SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA
Gambar: Organ Paru-paru



Paru-paru memainkan peran penting dalam sirkulasi paru, dan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh datang melalui udara yang dihirup melalui paru-paru. Sebaliknya, mereka juga bertanggung jawab untuk membuang limbah gas seperti karbon dioksida yang dihasilkan dalam tubuh.


Struktur Paru-Paru

Paru-paru adalah organ-organ yang menyerupai spons, yang terletak di rongga toraks. Paru-paru ditutupi oleh lapisan tipis jaringan yang disebut pleura. Suatu lapisan tipis cairan juga hadir yang melumasi paru-paru ketika mereka berkontraksi dan mengembang selama respirasi.


Fungsi paru-paru

Paru-paru memainkan peran penting dalam pengolahan terdeoksigenasi menjadi darah beroksigen, dan mengedarkannya kembali ke jantung. Darah terdeoksigenasi dari jantung melalui ventrikel kanan (arteri pulmonalis) diangkut ke kapiler. Di sini, CO2 berdifusi keluar dari sel darah merah, ke alveoli, dan oksigen yang ada di alveoli berdifusi ke kapiler. Darah kaya oksigen ini kemudian diangkut melalui kapiler ke vena pulmonal, dan lebih jauh ke atrium kiri jantung.


PERAN SISTEM PEREDARAN MANUSIA UNTUK ORGAN LAIN

Dalam sirkulasi sistemik, darah juga melewati ginjal untuk menyaring produk limbah dari darah. Ini dikenal sebagai sirkulasi ginjal.


Aliran darah dari usus kecil dan limpa ke hati, melalui vena portal hepatik, dikenal sebagai sirkulasi portal. Di sini, gula dan produk pencernaan lainnya disaring dari darah.


Darah ini kemudian diangkut kembali ke jantung melalui vena cava inferior.


Organ sistem peredaran darah sangat penting untuk berfungsinya tubuh, karena sistem organ ini memungkinkan sirkulasi darah, memungkinkan pengangkutan oksigen, karbon dioksida, nutrisi, dan hormon ke seluruh bagian tubuh.


PENYAKIT PADA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

Menurut banyak ahli, penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian di dunia termasuk Indonesai. Karena luasnya dan sifat kritisnya, itu adalah salah satu sistem tubuh yang paling rentan terhadap penyakit.


Arteriosklerosis:

Salah satu penyakit paling umum dari sistem peredaran darah adalah arteriosklerosis, di mana endapan lemak di arteri menyebabkan dinding menjadi kaku dan menebal dinding. Sebagai contoh, 2,6 juta orang di Inggris menderita penyempitan pembuluh darah jantung. Menurut Mayo Clinic, penyebabnya adalah penumpukan lemak, kolesterol dan bahan lainnya di dinding arteri. Ini dapat membatasi aliran darah atau dalam kasus yang parah menghentikan semuanya bersama-sama, mengakibatkan serangan jantung atau stroke.


Stroke:

Stroke melibatkan penyumbatan pembuluh darah ke otak dan merupakan kondisi utama lain dari sistem peredaran darah, diantara Faktor risiko termasuk merokok, diabetes dan kolesterol tinggi.


Hipertensi:

Penyakit sirkulasi lain, hipertensi umumnya disebut tekanan darah tinggi  menyebabkan jantung bekerja lebih keras dan dapat menyebabkan komplikasi seperti serangan jantung, stroke, atau gagal ginjal.


Aneurisma aorta:

Aneurisma aorta terjadi ketika aorta rusak dan mulai membengkak atau akhirnya robek, yang dapat menyebabkan perdarahan internal yang parah. Kelemahan ini dapat hadir saat lahir atau hasil dari aterosklerosis, obesitas, tekanan darah tinggi atau kombinasi dari kondisi ini.


Penyakit arteri perifer:

Penyakit arteri perifer biasanya melibatkan area penyempitan atau penyumbatan dalam arteri. Selain itu, insufisiensi vena kronis melibatkan refluks daerah dalam vena superfisialis dari ekstremitas bawah.


KESIMPULAN PENGERTIAN, FUNGSI DAN PENYAKIT SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA

Bagi setiap orang baik tentu sangat penting untuk menjaga dengan baik sistem peredaran darah mereka sebagai langkah pencegahan dari berbagai macam penyakit maupun masalah kesehatan yang disebabkan peredaran darah tidak sempurna.


Dikombinasikan dengan sistem kardiovaskular, sistem peredaran darah membantu melawan penyakit, membantu tubuh mempertahankan suhu tubuh normal, dan memberikan keseimbangan kimiawi yang tepat untuk memberikan homeostasis tubuh, atau keadaan seimbang di antara semua sistemnya.


Ahli jantung adalah spesialis yang disertifikasi untuk mendiagnosis, mengobati, dan mencegah penyakit jantung, pembuluh darah, dan pembuluh darah. Ahli jantung disertifikasi setelah memenuhi persyaratan pendidikan dan praktik. Sebelum disertifikasi sebagai ahli jantung, mereka yang bercita-cita untuk spesialisasi harus disertifikasi dalam kedokteran internal.


Pelajari:



Kemudian ahli jantung dapat disertifikasi dalam salah satu dari beberapa subspesialisasi kardiologi, termasuk transplantasi kardiologi, penyakit kardiovaskular, elektrofisiologi jantung klinis dan kardiologi intervensi.


Demikianlah kurikulum mata pelajaran ipa terkait pengertian, fungsi, penyakit, dan Sistem Pelajaran Darah Pada Manusia pad artikel pelajarancg.blogspot.com, semoga bermanfaat!!!

Post a Comment for "PENGERTIAN, FUNGSI DAN PENYAKIT SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA"