PENJELASAN SINGKAT RUKUN IMAN DAN RUKUN ISLAM

Kurikulum Mapel Agama Islam, Pelajarancg.blogspot.com, Pada pelajaran kali ini kami akan mencoba menulis artikel mengenai dasar-dasar Islam sebagai pilar-pilar atau dasar-dasar agama yang mesti dipahami. Untuk memahami pilar-pilar atau dasar-dasar tersebut kita mulai dengan rukun Islam dan rukun Iman yang akan kami jelaskan secara singkat dibawah.

Setidaknya setiap Muslim harus mengetahui rukun Islam dan rukun Iman dimana rukun-rukun tersebut yang nantinya menjadi pilar-pilar atau dasar-dasar agama Islam. Adapun penjelasan lengkap mengenai Rukun Islam dan Rukun Iman harus dimengerti oleh setiap Muslim adalah.


PENJELASAN RUKUN ISLAM

Penjelasan Singkat Rukun Iman dan Rukun Islam


Menurut ajaran Nabi Muhammad (صلى الله عليه و سلم), Islam didasarkan pada 5 (lima) perkara untuk rukun-rukun berikut:

1. Syahadat : menyatakan kalimat tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad itu utusan Allah. Rukun pertama ini memaknai bahwa sebagai umat Muslim, kita bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang benar selain Allah dan bahwa Muhammad (صلى الله عليه و سلم) adalah Utusan atau nabi terakhir-Nya

2. Shalat : Melakukan ibadah sembahyang 5 (lima) kali waktu sehari. Melakukan sholat (5 kali sehari)

3. Zakat : Untuk membayar zakat atau memberikan 2,5% dari uang simpanan (amal kepada orang miskin atau yang membutuhkan setahun sekali).

4. Saum : berpuasa dan mengendalikan diri selama bulan suci Ramadhan.

5. Haji : pergi beribadah ke Mekkah, setidaknya sekali seumur hidup bagi mereka yang mampu.


Pelajari: Pengertian Malaikat, Sifat, Iman, Dalil, Nama dan Tugas Malaikat


PENJELASAN RUKUN IMAN

Iman berarti percaya. Sebagai pilar-pilar atau dasar-dasar rukun Iman yang mesti dipercayai bagi mereka (umat Islam) ada 6. Dimana ke enam (6) rukun Iman tersebut adalah untuk percaya.

1. Iman Kepada Allah.

2. Iman Kepada Malaikat-Nya

3. Iman Kepada Kitab Allah

4. Iman Kepada Rasul Allah

5. Iman Kepada Hari Kiamat

6. Iman Kepada Ketentuan Allah. Ini mengimani Al-Qadr yang berarti apapun yang Allah telah tetapkan harus terjadi (dengan kata lain, nasib dan takdir).


Dari Penjelasan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam di pelajarancg.blogspot.com, semoga dapat memberi makna yang berarti bagi siswa pelajar yang membutuhkan uraian dari urutan lengkapnya!

Post a Comment for "PENJELASAN SINGKAT RUKUN IMAN DAN RUKUN ISLAM"