WAISAK 2023: PENGERTIAN DAN UCAPAN SELAMAT HARI RAYA WAISAK DALAM BAHASA INGGRIS

PELAJARANCG: Buddha Purnima, juga dikenal sebagai Vesak, Vesakha atau Waisak adalah hari keberuntungan yang memperingati kelahiran, pencerahan (nirwana), dan kematian Buddha Gautama. Festival sakral umat Buddha dirayakan sebagai hari libur di banyak negara, termasuk Indonesia, India, Malaysia, Sri Lanka, dan Nepal.


Sang Buddha menunjuk pada hukum besar atau dharma yang mengalir melalui segala yang ada. Dengan hidup menurut hukum ini maka kebijaksanaan sejati, belas kasih, dan kebebasan dari penderitaan dapat dicapai.


Ajaran Buddha Gautama atau Siddhartha Gautama mendirikan agama Buddha, membuat peringatan kelahiran guru spiritual itu begitu penting. Pada kesempatan Waisak 2023, para penyembah akan membacakan kutipan yang mencerahkan oleh Buddha Gautama dan juga mengirimkan harapan Buddha Purnima kepada orang-orang terdekat dan terkasih mereka. Banyak sekali daftar koleksi pesan Hari Buddha, mungkin dikirim melalui SMS, status Facebook, gambar WhatsApp GIF untuk mengirim Ucapan Selamat Buddha Purnima.

WAISAK 2023: PENGERTIAN DAN UCAPAN SELAMAT HARI RAYA WAISAK DALAM BAHASA INGGRIS


Buddha Purnima menandai kelahiran, pencerahan (Kebuddhaan), dan kematian (Parinirvana) Buddha Gautama dalam tradisi Theravada atau Selatan. Tetapi sebagai tanggal lahir dan mati Pangeran Siddhartha Gautama atau Buddha Gautama, pendiri agama Buddha justru tidak dikenal dunia. Sebuah keputusan untuk merayakan Waisak sebagai hari ulang tahun Sang Buddha diformalkan pada Konferensi pertama Persahabatan Dunia Buddhis yang diadakan di Sri Lanka pada tahun 1950. Oleh karena itu, tradisi Buddha yang berusia berabad-abad diberi nama resmi - Waisak atau Hari Buddha atau Buddha Jayanti atau Buddha Purnima. Secara tidak resmi, hari itu disebut sebagai Ulang Tahun Buddha. Itu jatuh pada hari bulan purnama di bulan Mei dan itu adalah hari libur yang diakui di Indonesia.


Untuk lebih memaknai apa artinya Waisak, mata pelajaran akan membahas mengenai tentang Pengertian dan Ucapan Selamat Hari Raya Waisak Dalam Bahasa Inggris dengan tujuan kita belajar sejarah maupun tradisi tentang perayaan keagamaan.




PENGERTIAN WAISAK

Waisak, Vaisakha (Telugu: వైశాఖ, Kannada: ವೈಶಾಖ Vaiśākha; Marathi: वैशाख Vaiśākh; Bengali: বৈশাখ Boiśākh; Tamil: வைகாசி Vaikāci; Hindi: बैसाख Baisākh; Nepali: बैशाख, Odia: ବୈଶାଖ Baiśākh adalah kalender yang sesuai dengan kalender Hindu pada kalender yang menjadi bagian dari kalender Hindu pada kalender Hindu). April / Mei di Kalender Gregorian. Dalam kalender nasional India, Waisak adalah bulan kedua tahun ini. Ini adalah bulan pertama kalender Nepal (Vikram Samvat), Kalender Odia, kalender Punjabi, dan kalender Bengali (di mana disebut Boishakh). Kalender regional yang digunakan di sub-benua memiliki dua aspek: bulan dan matahari. Bulan bulan dimulai dengan Chaitra dan bulan matahari dimulai dengan Vaisakha Sankranti. Namun, kalender regional menandai satu tahun baru resmi dirayakan. Di daerah seperti Maharashtra yang memulai tahun baru resmi dengan dimulainya tahun lunar, tahun matahari ditandai dengan merayakan Vaisakha Sankranti. Sebaliknya, daerah yang memulai tahun baru dengan Vaisakha Sankranti, memberikan keunggulan pada awal tahun lunar di Chaitra.

Waisak 2023: Pengertian dan Ucapan Selamat Hari Raya Waisak Dalam Bahasa Inggris


Hari pertama Baishakh dirayakan sebagai Pôhela Boishak atau Hari Tahun Baru Bangla. Hari itu diamati dengan program budaya, festival dan karnaval di seluruh negeri. Hari itu juga merupakan awal dari semua kegiatan bisnis di Bangladesh dan negara bagian Benggala Barat di India. Para pedagang memulai buku akun fiskal baru yang disebut Halkhata. Akuntansi dalam Halkhata dimulai hanya setelah hari ini. Itu dirayakan dengan permen dan hadiah dengan pelanggan.


Festival panen Vaisakhi dirayakan pada bulan ini yang menandai tahun baru Punjabi menurut kalender Punjabi. Pembantaian Jallianwala Bagh terjadi pada hari tahun baru Punjabi.


Vaisakha Purnima dirayakan sebagai Buddha Purnima atau hari lahir Buddha Gautama di antara umat Buddha di Asia Selatan dan Tenggara, Tibet dan Mongolia. Purnima mengacu pada Bulan Purnama. Dikenal dalam bahasa Sinhala sebagai Waisak, dirayakan pada bulan purnama bulan Mei.


Vaishakha purnima dikenal sebagai "vaikasi vishakam" di Tamil Nadu yang diperingati sebagai hari ulang tahun tuan murugan.


Vaisakha sukla chaturdasi dirayakan sebagai Festival Narasimha Jayanthi di Sri Varaha Lakshmi Narasimha Swamivari Temple di Simhachalam.


PENGERTIAN HARI RAYA TRI SUCI WAISAK

Hari bulan purnama bulan Mei dikenal sebagai Hari Waisak. Sang Buddha dilahirkan, mencapai Pencerahan dan meninggal pada Hari Waisak.


Bulan Mei dikenal sebagai "Vaisakha" dalam bahasa Sansekerta dan "Vesakha" dalam bahasa Pali dan "Vesak" dalam bahasa Singhalese. Jadi bagi orang Sri Lanka dan banyak umat Buddha lainnya, Hari Waisak berarti hari bulan purnama di bulan Mei. Orang Thailand tahu hari yang sama dengan “Hari Visakha”. Oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa itu diakui sebagai "Hari Waisak".


Hari Raya Waisak adalah hari raya umat Buddha. Buddha Purnima atau Buddha Jayanti adalah festival paling penting yang rayakan untuk menghormati kelahiran Buddha Gautama. Juga dikenal sebagai Waisak karena jatuh dalam bulan "Baisakh" atau "Vaisakha", hari besar dianggap sebagai hari libur umum di beberapa bagian India, Indonesia, Sri Lanka, Malaysia, Myanmar, Cina, Kamboja dan banyak negara Asia Selatan. Tanggal untuk Buddha Purnima 2022 jatuh pada hari Senin, 16 Mei dan akan dirayakan oleh umat Buddha, pengikut agama Buddha.


Buddha Gautam lahir di Lumbini, Nepal dan menghembuskan nafas terakhir di Kushinagar, India. Menurut sebagian besar sejarawan, ia hidup antara 563-483 SM. Dia diyakini telah meninggal pada usia 80. Meskipun memulai agama baru, Buddha tidak dikatakan sebagai Dewa. Sementara itu, menurut kitab suci mitologi Hindu, Buddha dianggap sebagai inkarnasi kesembilan Dewa Wisnu dan bagian dari Tritunggal Suci Brahma-Wisnu-Siwa.


Di Indonesia, Peringatan hari Trisuci Waisak ini merupakan tonggak sejarah yang tak diabaikan begitu saja, namun hari Waisak secara ritual puja bakti sebagai upacara suci yang setiap tahun dirayakan di Candi Agung Borobudur adalah bagian bulan suci yang sakral bagi umat Buddha dalam mengembangkan spiritual yang dinamis.

https://pelajarancg.blogspot.com/



SEJARAH BUDDHA

Menurut sejarah singkatnya, Di perbatasan India Nepal saat ini di taman Lumbini di Kapilavatthu, seorang pangeran bangsawan lahir pada bulan purnama bulan Mei, pada tahun 623 B. C. Ayahnya adalah raja Suddhodana dan ibu adalah Ratu Mahamaya. Pangeran yang baru lahir itu bernama Siddhartha. Nama keluarganya adalah Gautama.


Ketika dia berusia 29 tahun, dia menyerahkan istananya, kerajaan dan segalanya dan meninggalkan kesenangan duniawi untuk mencari kebenaran. Kemudian sebagai seorang aset, ia pergi ke banyak guru agama terkenal. Dengan itu Dia mengetahui bahwa baik metode maupun praktik mereka tidak mengarah pada pembebasan akhir atau Nirvana. Maka Dia meninggalkan mereka semua dan mempraktikkan Jalan Tengah atau Jalan Mulia Berunsur Delapan yang mencakup Konsentrasi Moralitas (Sila) (Samadhi) dan Kebijaksanaan (Panna). Para pencari kebenaran tidak mengetahui metode ini pada waktu itu. Dengan berlatih dengan cara ini, Beliau menyadari sifat sebenarnya dari dunia, kehidupan, dan ini adalah pencapaian dari kerudung Buddha. Itu adalah ulang tahun ke-35-nya, yang juga merupakan bulan purnama bulan Mei. Tempat dia duduk bermeditasi pada malam itu kemudian dikenal sebagai Buddha Gaya dan pohon, yang memberinya naungan pada saat itu, dikenal sebagai Pohon Bodhi.


Buddha bukanlah dewa, pembawa pesan dewa atau putra dewa. Ia seorang lelaki. Untuk mencapai kerudung Buddha ini ia memenuhi sepuluh Paramita atau Kesempurnaan. Ini adalah Kedermawanan (Dana), Moralitas (Sila), Pelepasan (Nekkhamma)), Kebijaksanaan (Panna), Energi (Viriya), Kesabaran (Kanti), Sejati (Sacca), Keteguhan (Adhitthana), Cinta Kasih (Metta), dan Ketenangan Hati (Upekkha). Dalam jutaan dan jutaan kehidupan masa lalunya ia mempraktikkan sepuluh kesempurnaan untuk mencapai tudung Buddha. Dengan pencapaian tudung Buddha, Ia menjadi guru bagi para dewa dan manusia. Di sana Beliau berkeliaran mengabarkan doktrin atau Dharma yang menunjukkan cara untuk menyingkirkan lingkaran kelahiran dan kematian Samara karena belas kasih terhadap semua makhluk termasuk manusia, makhluk ilahi, dan makhluk Brahma.


Ketika Dia berusia 80 tahun Dia meninggal pada bulan purnama bulan Mei di Hutan Sala di Malla di antara pohon-pohon Sala kembar. Nasihat terakhirnya adalah "semua hal komponen dapat berubah. Berjuanglah dengan tekun".


Hari ini ajaran-Nya disebut Buddhisme. Untuk memperbanyaknya, tidak ada yang bertobat dengan paksa dan juga untuk tujuan itu tidak ada setetes darah pun ditumpahkan, selama sejarah Buddhis 2549 tahun. Jadi pada bulan purnama bulan Mei ini juga semua umat Buddha dan teman-teman Buddhis merayakan kelahiran, pencapaian Pencerahan dan wafatnya Sang Buddha dengan mempraktikkan kedermawanan, moralitas, dan meditasi.


KUMPULAN KATA UCAPAN SELAMAT HARI RAYA TRI SUCI WAISAK DALAM BAHASA INGGRIS DAN ARTINYA

Untuk menyambut perayaan waisak 2567 BE 2023, tentu banyak sekali ucapan-ucapan yang disampaikan melalui status Facebook, Caption Instagram, Maupun Gambar DP WhatsApp sebagai ucapan selamat merayakan hari Waisak. Singkat kata untuk Waisak 2023, Berikut contoh kumpulan kata ucapan selamat dengan bahasa Inggris serta Artinya.


1. "Friends at pelajarancg.blogspot.com Happy Wesak day. Buddham Sharanam Gachami, Om Mani Padme Hum, May Lord Buddha enlighten you on the path of love, peace and truth." - teman-teman di pelajarancg.blogspot.com menyampaikan ucapan-ucapan Selamat Hari Waisak. Buddham Sharanam Gachami, Om Mani Padme Hum, Semoga Tuhan Buddha menerangi Anda di jalan cinta, kedamaian dan kebenaran."


2. "May the full moon of Buddha Purnima, take away the darkness of ignorance, bigotry and hatred and herald an era of contentment peace and enlightenment for the world! Heartiest Greetings on this day. Happy Wesak day - Semoga bulan purnama Buddha Purnima, singkirkan kegelapan ketidaktahuan, kefanatikan dan kebencian, dan menandakan era kedamaian dan pencerahan kepuasan bagi dunia! kata-kata selamat pada hari ini. Selamat hari waisak"


3. "Between birth and death there is nothing else to happen but love. If you miss love between birth and death, you have missed the whole opportunity of life. You may gather knowledge and money and prestige and power, but if have missed love then you have missed the real door. Happy Wesak Day 2023. - Antara kelahiran dan kematian tidak ada hal lain yang terjadi selain cinta. Jika Anda kehilangan cinta antara kelahiran dan kematian, Anda telah kehilangan seluruh kesempatan hidup. Anda mungkin mengumpulkan pengetahuan dan uang serta prestise dan kekuasaan, tetapi jika telah kehilangan cinta maka Anda telah melewatkan pintu yang sebenarnya. Selamat hari raya waisak 2023."


4. "We live in illusion and the appearance of things. There is a reality. We are that reality. When you understand this, you see that you are nothing, and being nothing, you are everything. That is all. Happy Buddha Day. - Kita hidup dalam ilusi dan penampakan. Ada sebuah kenyataan. Kita adalah kenyataan itu. Ketika Anda memahami ini, Anda melihat bahwa Anda bukan apa-apa, dan tidak menjadi apa-apa, Anda adalah segalanya. Itu semuanya. Selamat Hari Buddha."


5. "Rely on the teachings, not on the person. Rely on the meaning, not on the words. Rely on the real life, not on the dreams. Rely on the wisdom, not on the mind inside. Happy Wesak Day : Happy Buddha Day - Andalkan ajarannya, bukan pada orangnya. Mengandalkan makna, bukan pada kata-kata. Andalkan kehidupan nyata, bukan pada mimpi. Andalkan kebijaksanaan, bukan pada batin. Selamat Hari Waisak : Selamat Hari Buddha."


6. "May Lord Buddha Enlighten you on the Path of Love, Peace, and Truth,  Happy Buddha Purnima. -  Semoga Dewa Buddha Mencerahkan Anda di Jalan Cinta, Kedamaian, dan Kebenaran, Selamat hari raya Buddha Purnima."


7. "Let us pray for peace and harmony for all the humankind on this auspicious day, Happy Vesak Day. - Mari kita berdoa untuk perdamaian dan harmoni untuk semua umat manusia pada hari keberuntungan ini, Selamat Hari Waisak."


8. "Spread the message Of universal brotherhood And compassion far and wide Wishing you peace on Buddha Purnim .. Happy Vesak Day - Sebarkan pesan Dari persaudaraan universal Dan belas kasih yang luas dan luas Semoga Anda damai di Buddha Purnim .. Selamat Hari Waisak."

Jadi itulah beberapa contoh ucapan-ucapan waisak dengan bahasa Inggris dan terjemahannya.


KATA-KATA BIJAK BUDDHA

Untuk melengkapi dalam merayakan hari Waisak, dibawah adalah kata-kata motivasi, kata-kata bijak dengan kata bijak hari raya waisak 2023 2567 BE.


Ulang Tahun Buddha adalah hari libur yang secara tradisional dirayakan dalam Buddhisme Mahayana untuk memperingati kelahiran Pangeran Siddhartha Gautama, kemudian Buddha Gautama dan pendiri agama Buddha. Menurut kitab suci Theravada Tripitaka, Gautama lahir di Lumbini di Nepal modern, sekitar tahun 563 SM, dan dibesarkan di Kapilavastu.


Menurut sejarah, sesaat setelah kelahiran pangeran muda Gautama, seorang peramal bernama Asita mengunjungi ayah pangeran muda bernama Raja Śuddhodana dan mengatakan bahwa Siddhartha akan menjadi raja yang hebat atau meninggalkan materi dunia untuk menjadi orang suci, tergantung pada apakah dia melihat seperti apa kehidupan di luar tembok istana.

Sama seperti harta yang ditemukan dari bumi, kebajikan muncul dari perbuatan baik, dan kebijaksanaan muncul dari pikiran yang murni dan damai. Untuk berjalan dengan aman melalui labirin kehidupan manusia, seseorang membutuhkan cahaya kebijaksanaan dan bimbingan kebajikan. - Buddha.


Kita semua adalah hasil dari apa yang kita pikirkan. Jika seseorang berbicara atau bertindak dengan pikiran jahat, rasa sakit mengikutinya. Jika seorang pria berbicara atau bertindak dengan pikiran murni, kebahagiaan mengikutinya, seperti bayangan yang tidak pernah meninggalkannya. - Buddha.

Tidak memperhatikan kesalahan orang lain, hal-hal yang dilakukan atau dibiarkan oleh orang lain. Pertimbangkan hanya apa yang dilakukan atau ditinggalkan sendiri. - Buddha.


Demikian tulisan dengan tema waisak 2023: pengertian dan ucapan selamat hari raya waisak dalam bahasa Inggris di kurikulum pelajarancg.blogspot.com, semoga bermanfaat!!!

Post a Comment for "WAISAK 2023: PENGERTIAN DAN UCAPAN SELAMAT HARI RAYA WAISAK DALAM BAHASA INGGRIS"