UNTUK MOTIVASI BELAJAR SETIAP HARI, INI KATA-KATA BIJAK DARI KI HADJAR DEWANTARA

Adakalanya kita merasa malas dalam belajar baik itu di sekolah maupun di rumah. Padahal belajar menjadi bagian penting untuk menjadikan kita lebih pandai karena pengetahuan makin bertambah. Tentu saja banyak cara mengatasi malas belajar supaya kita kembali rajin dan giat. Cara-cara supaya rajin belajar bisa datang dari dorongan keluarga, lingkungan maupun diri sendiri. Pada umumnya untuk memotivasi diri sendiri bisa dilakukan dengan mendengar masukkan maupun membaca kata-kata yang inspiratif. Sehingga kita terinspirasi serta bersemangat kembali untuk belajar. Tentu inspirasi ini bisa datang dari siapa saja terutama dari tokoh terkenal. Salah satu tokoh terkenal di Indonesia yang merupakan aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda adalah Ki Hadjar Dewantoro.


Ki Hadjar Dewantoro adalah pendiri Perguruan Taman Siswa. Karena perjuangan dan jasa beliau dalam pendidikan di Indonesia, bukan hanya itu tanggal kelahirannya sekarang diperingati di Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Bahkan bagian dari semboyan ciptaannya, tut wuri handayani, menjadi slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia.


Sebagai pelajar Indonesia ada baiknya jangan cuma memperingati Hari Pendidikan Nasional setiap tanggal 2 Mei dengan memberi ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional namun alangkah bijak juga menjadikan Ki Hadjar Dewantoro sebagai tokoh inspirasi kamu dalam memotivasi diri supaya lebih giat mengenyam pendidikan. Pendidikan yang saya maksud adalah giat belajar.


Banyak sekali kutipan (Quotes) bijak dari Ki Hadjar Dewantara yang bisa dijadikan kata-kata motivasi belajar.


Sebagai contoh, dibawah ini kamu akan menemukan Kata-Kata Bijak dari Ki Hadjar Dewantoro Untuk Motivasi Belajar Setiap Hari agar kamu tetap semangat menuntut ilmu.

Untuk Motivasi Belajar Setiap Hari, Ini Kata-Kata Bijak dari Ki Hadjar Dewantara


1. "Lawan Sastra Ngesti Mulya
Artinya:Dengan Ilmu Kita Menuju Kemuliaan

Untuk Motivasi Belajar Setiap Hari, Ini Kata-Kata Bijak dari Ki Hadjar Dewantara


2. "Melalui ngerti, ngrasa, lan ngelakoni - menyadari, menginsyafi, dan melakukan - , budi pekerti yang dibentuk untuk merdeka dan mandiri akan hadir adab"

Untuk Motivasi Belajar Setiap Hari, Ini Kata-Kata Bijak dari Ki Hadjar Dewantara


3. "Pendidikan dan Pengajaran dalam Republik Indonesia harus berdasarkan kebudayaan dan kemasyarakatan bangsa Indonesia menuju kearah kebahagiaan dan juga keselamatan hidup lahir."



4. "Memayu Hayuning Sariro,,,
Memayu Hayuning Bangsa,,,
Memayu Hayuning Bawana,,,

Maknanya:
Apapun yang dapat diperbuat oleh seseorang itu
Hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri,
Bermanfaat bangi Bangsanya, dan
Bermanfaat Bagi Manusia di dunia pada Umumnya"

Untuk Motivasi Belajar Setiap Hari, Ini Kata-Kata Bijak dari Ki Hadjar Dewantara


6. "Jadikan Setiap Tempat Sebagai Sekolah,
Jadikan Setiap Orang Sebagai Guru


7. "Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai dengan kodratnya sendiri. Pendidik hanya merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu"


8. "Aku hanya orang biasa yang bekerja untuk bangsa Indonesia. Namun yang penting untuk kalian yakini, sesaatpun aku tak pernah mengkhianati tanah air dan bangsaku, lahir maupun batin aku tak pernah mengkorup kekayaan negara. Aku bersyukur kepada Tuhan yang telah menyelamatkan langkah perjuanganku."

Untuk Motivasi Belajar Setiap Hari, Ini Kata-Kata Bijak dari Ki Hadjar Dewantara


Baca: 8 KATA MOTIVASI DAN INSPIRASI UNTUK ANAK SISWA

9. "Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita."


10. "Jadilah figur seseorang yang baik juga suri tauladan atau panutan, Bangkitkan semangat dan memberikan dorongan moral dari belakang agar orang-orang disekitarmu dapat merasa situasi yang baik dan bersahabat, sehingga kita dapat menjadi manusia yang bermanfaat di masyarakat."
Diambil dari Ki Hajar Dewantara untuk makna slogan "Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa , Tut Wuri Handayani"

1 comment for "UNTUK MOTIVASI BELAJAR SETIAP HARI, INI KATA-KATA BIJAK DARI KI HADJAR DEWANTARA"