SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI OLAHRAGA NASIONAL (HAORNAS) 2019

KURIKULUM PELAJARANCG: Sejarah dan Tema Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Ke-36 Tahun 2019. Peringatan Hari Olahraga Nasional diperingati setiap tanggal 9 September oleh bangsa Indonesia melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1985 tentang Hari Olahraga Nasional, merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan gerakan Olahraga di negeri ini. Menurut sejarah singkatnya Penetapan Hari Olahraga Nasional dilatarbelakangi dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional pertama (PON) yang digelar di Surakarta, Solo, Jawa Tengah pada tanggal 9 September – 12 September 1948.


Dalam tulisan Pelajaran Sejarah kali ini mari kita mengenai Asal usul dan Tema Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang ke-36 Tahun 2019. Sedang tulisan Pedoman untuk Juknis Peringatan Hari Olahraga Nasional yang ke-36 Tahun 2019 akan pelajarancg bahas dalam artikel tersendiri.


Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) memiliki sejarah penting yang panjang apabila dilihat dari asal mula perayaan. Peringatan Hari Olahraga Nasional yang diselenggarakan setiap tanggal 9 September tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran suatu organisasi maupun Pahlawan dibidang Olahraga Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk mengingat kembali suatu peristiwa bersejarah di bidang olahraga yang memberikan inspirasi/motivasi bagi seluruh bangsa Indonesia.


Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan peningkatan budaya dan prestasi olahraga melalui pembinaan dan pengembangan olahraga yang didukung oleh prasarana dan sarana olahraga, serta penerapan ilmu pengetahuan teknologi dan teknologi olahraga selain juga pelaksanaan kegiatan Pra-HAORNAS untuk menyambut HAORNAS dalam bentuk-bentuk seperti pertandingan/perlombaan olahraga, seminar, workshop, pameran, dll sampai puncak acara dalam rangka memperingati HAORNAS ( Hari Olahraga Nasional). Hal ini dimaksudkan agar semua insan olahraga mengingat kembali filosofi dari nilai sejarah penyelenggaraan PON pertama (PON) maupun prestasi yang diukir dalam olahraga di Jawa Tengah pada tanggal 9 September.


Adapun tujuan utamanya adalah:
  • Komitmen seluruh insan Olahraga baik termasuk pendidikan keolahrgaan bagi pelajar karena melihat betapa penting dan strategisnya olahraga bagi kesehatan siswa untuk mencapai cita-cita SDM Unggul Indonesia Maju;
  • Mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat akan pentingnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang juga ditindaklanjuti dengan Peraturan Menpora RI Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga;
  • Mengajak seluruh elemen Masyarakat Indonesia untuk melaksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di setiap kegiatan sehari-hari;
  • Menumbuhkan semangat mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan olahraga secara rutin dan secara teratur: baik pelajar, masyarakat, pekerja/ karyawan, dan semuanya


Sejalan dengan tujuan tersebut, Hari Olahraga Nasional (Haornas) menjadi bagian dalam daftar hari penting Nasional dalam mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan dalam membangun bangsa sehat berkarakter menuju SDM Unggul untuk Indonesia Maju berprestasi melalui dasar dan arah peningkatan berkelanjutan.


1. SEJARAH PERINGATAN HARI OLAHRAGA NASIONAL (HAORNAS) 2019

Sejarah telah mencatat PON I yang diselenggarakan di Stadion Sriwedari, 9 - 12 September 1948 sebagai hari kebangkitan di bidang keolahrgaan. Dimana pada akhirnya melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1985, tanggal pembukaan Pekan Olahraga Nasional 9 September, kemudian diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Olahraga Nasional.


Pada saat itu, apabila ditilik dari penyediaan sarana olahraga, Kota Solo di Jawa Tengah dapat memenuhi persyaratan pokok, dengan adanya Stadion Sriwedari dengan lampu penerangannya serta kolam renang dan berbagai kelengkapan fasilitas olahraga lain pada jamannya bahkan termasuk yang terbaik di Indonesia. Itulah sebabnya mengapa ditetapkan kota Solo sebagai kota penyelenggara Pekan Olahraga Nasional Pertama (PON I) pada tanggal 9 - 12 September 1948.


Tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Mayarakat Indonesia, kususnya di Solo karena dengan sangat jelas Sejarah telah menulis suatu riwayat di bidang olahraga dan hal ini akan terpatri sepanjang masa dalam sejarah bangsa Indonesia.


Adapun maksud dan tujuan penyelenggaraan PON Pertama (penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional) adalah untuk menunjukkan kepada dunia luar, bahwa bangsa Indonesia, di tengah-tengah dentuman meriam, dalam keadaan daerahnya dipersempit sebagai akibat Perjanjian Renville, tegasnya dalam keadaan darurat, masih dapat membuktikan, sanggup menggalang persatuan dan kesatuan bangsa, yang berbeda-beda suku dan agamanya, akan tetapi tetap bersatu kokoh dalam Bhinneka Tunggal Ika.


Berdasarkan sejarah singkat inilah, sudah semestinya bangsa Indonesia memiliki tekad kuat dalam membangun peningkatan budaya dan prestasi olahraga melalui pembinaan dan pengembangan olahraga yang didukung oleh prasarana dan sarana olahraga, serta penerapan ilmu pengetahuan teknologi dan teknologi olahraga baik yang dilakukan pemerintah, pelajar, masyarakat, pekerja/ karyawan, dan semua elemen masyarakat Indonesia.


Inilah alasan mengapa pemerintah Indonesia merasa sangat penting menyelenggarakan Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) bukan hanya sekedar mengenal sejarah, tema dan logo dalam bentuk kata bijaksana ataupun ucapan motivasi semata.



2. LOGO PERINGATAN HARI OLAHRAGA NASIONAL (HAORNAS) KE-36 TAHUN 2019

Adapun logo peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas), adalah sebagai berikut.

SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI OLAHRAGA NASIONAL (HAORNAS) 2019
Gambar logo Haornas (Hari Olahraga Nasional) 2019


Catatan: Kemenpora hingga saat ini belum meliris Kemenpora Jiknis untuk pedoman resmi peringatan ke-36 tahun 2019 untuk Haornas namun logo ini telah banyak terdapat di spanduk maupun baliho pelaksanaan kegiatan Pra-HAORNAS dalam menyambut HAORNAS di 2019.




3. TEMA PERINGATAN HARI OLAHRAGA NASIONAL (HAORNAS) KE-36 TAHUN 2019

Sebagaimana diliris dalam berita situs resmi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora), tema utama yang diangkat dalam Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2019 ke 36 adalah "AYO OLAHRAGA #DIMANAKAPANSAJA”. dengan tema ini diharapkan menjadi momentum untuk mengajak masyarakat terus Berolahraga di dimana saja dan kapan saja.



4. MAKNA LOGO SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI OLAHRAGA NASIONAL (HAORNAS) 2019

Adapun memaknai Haornas tahun 2019 ke-36 yang tersirat dalam tema dan logo Peringatan Hari OLahraga Nasional ini dapat artikan bahwa perlunya menumbuhkan motivasi dengan semangat mengajak semua lapisan masyarakat: baik pelajar, masyarakat, pekerja/ karyawan, tentang pentingnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) melalui kegiatan Olahraga yang mesti dilakukan ditengah aktivitas apapun sehari-hari. Inilah hakekat yang mestinya menjadi makna sesungguhnya bukan sekedar kata ataupun ucapan semata.


Akhir kata dari pembahasan pelajarancg.blogspot.com mengucapkan selamat memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) untuk pendidikan bangsa yang sehat jiwa raga berkarakter melalui kegiatan Olahraga!.

2 comments for "SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI OLAHRAGA NASIONAL (HAORNAS) 2019"

  1. Selamat hari olahraga Nasional ke 36 . Jayalah olahraga Indonesia . Alhamdulillah senin, 9/9/2019 ini kami mengadakan upacara dalam rangka HAORNAS serta melakukan kegiatan olahraga seperti jalan santai dll di MtsN Serdang Bedagai SUMUT .

    ReplyDelete
  2. Haornas tahun 2019 di SDN WONOKUSUMO V/44 Kec. Semampir Surabaya diadakan tepat tgl. 9 September dengan menampilkan cabang Olahraga tradisional, seperti egrang, terompah, jalan pakai bathok, holahup, boy-boyan, dan engklek (ingkli)

    ReplyDelete