PELAJARAN SEJARAH: PERINGATAN HARI MARITIM NASIONAL 23 SEPTEMBER INDONESIA

KURIKULUM PELAJARAN: Banyak para pakar maupun ahli sejarah berpendapat tentang apa pengertian dari sejarah, salah satunya contohnya Prof. Mr. Mohammad Yamin, S.H seorang sastrawan, sejarawan, budayawan, politikus, dan ahli hukum yang telah dihormati sebagai pahlawan nasional Indonesia. Menurut Yamin, Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan. Indonesia sendiri memiliki banyak peristiwa penting dan bersejarah yang mesti diketahui bukan hanya pelajar, siswa, mahasiswa namun juga khalayak umum. Mengenal sejarah sangat penting salah penting sebagaimana kita mengenal jati diri bangsa. Bangsa Indonesia terdiri dari beragam budaya, bahasa dan bahasa, selain itu Indonesia juga dikenal sebagai poros maritim dunia.


Tentu bagi beberapa orang yang mempelajari tentang maritim tentu sangat mengetahui bahwa di Indonesia, peringatan hari Maritim Nasional jatuh pada tanggal 23 September setiap tahun BUKAN pada tanggal 21 Agustus. Mengutip maritimnew, Polemik penetapan Hari Maritim Nasional di tengah berjalannya visi poros maritim dunia tak urung tuntas. Kendati ada pihak yang mengusulkan hari ini, tanggal 21 Agustus sebagai Hari Maritim Nasional namun dinilai alasannya masih kurang kuat.


Alasannya, penyerangan rakyat kepada Gudang Militer Jepang di Pulau Nyamukan, Surabaya, 4 hari setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 yaitu 21 Agustus 1945 dikumandangkan tidak bisa dijadikan ukuran dalam menetapkan Hari Maritim. Pasalnya banyak daerah seperti Sibolga, Cirebon, Tanjung Priok dan Tegal yang melakukan upaya yang sama untuk memperkuat persenjataan rakyat (saat itu belum ada BKR, TKR dan TNI).


Secara singkat, Peringatan Hari Maritim Nasional seharusnya bertepatan dengan Musyawarah Maritim pertama dan terakhir kalinya yang jatuh pada tanggal 23 September tahun 1963 di masa Pemerintahan Bung Karno. Bahkan tanggal tanggal 23 September sudah ditetapkan sebagai Hari Maritim Nasional melalui landasan hukumnya yaitu Keppres Nomor 249 tahun 1964.


Artinya, dalam sejarah kemaritiman, Presiden RI ke-I Soekarno telah menerbitkan Surat Keppres Nomor 249 tahun 1964 tentang penetapan tanggal 23 September menjadi Hari Maritim Nasional tentu hal tersebut sejalan dengan tekadnya menjadikan Indonesia berjaya sebagai negara maritim.


Sayangnya, masih saja terdapat tulisan bertema Peringatan Hari Maritim Nasional 21 Agustus yang semenstinya Peringatan Hari maritim Nasional jatuh pada 23 September 2019 setiap tahun di Indonesia.

PELAJARAN SEJARAH: PERINGATAN HARI MARITIM NASIONAL 23 SEPTEMBER INDONESIA




Agar pelajar, mahasiswa tidak tersesat maupun lupa tentang pelajarancg sejarah khususnya tentang peringatan hari maritim 23 September Nasional, Karena akan berakibat fatal bagi perjalanan poros maritim kalau sejarah maritim Indonesia tidak memiliki ketetapan pasti yang mengakibatkan terpecahnya pendapat-pendapat yang berbeda dari para ahli sejarah maupun kemaritiman Nasional.


Tentu ini juga akan berakibat fatal bagi perjalanan sejarah Indonesia sendiri, seperti kita akan banyak melihat tulisan dalam kata-kata mengangkat tema hari peringatan Maritim Nasional. Ada yang menuliskan tanggal 21 Agustus 2019 sebagai Peringatan Hari Maritim Nasional dan terdapat pula tanggal 23 September 2019.


Menghidari ketimpangan pemahaman pelajaran sejarah tentang Peringatan Hari Maritim Nasional Indonesia 23 Sepetember 2019, Adabaiknya bagi guru maupun pelajar mencari literasi terpercaya mengenai Hari Maritim di Indonesia, sehingga ketika akan menyemarakkan kegiatan acara peringatan hari maritim nasional hingga memberikan ucapan selamat sebagai doa dan harapan kepada kemaritiman Indonesia dalam memperingati momentum bersejarahnya kita sudah yakin kapan sebenarnya Hari Maritim Nasional diperingati?.


SEJARAH HARI MARITIM NASIONAL

DEKLARASI DJUANDA 1957

Deklarasi yang menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI


SURAT KEPUTUSAN PRESIDEN RI TAHUN 1964

Melalui Musyawarah Nasional (Munas) Maritim I Surat Keputusan No. 249 Tahun 1964, berisi Penetapan 23 September menjadi Hari Maritim Nasional oleh Presiden Soekarno


Saran terbaik adalah mengunjungi situs resmi maritim.go.id sebagai literasi dalam menjawab soal tentang kapan peringatan Hari Maritim Nasional Indonesia.


Harapan pelajarancg.blogspot.com dengan mengetahui 23 Sepetember sebagai peringatan hari Maritim Nasional tentu secara perlahan akan berkurang pendapat siswa yang mengatakan selamat memperingati hari Maritim Nasional 21 Agustus 2019 selain itu pengetahuan sejarah kita akan bertambah dengan literatur terpercaya.

Post a Comment for "PELAJARAN SEJARAH: PERINGATAN HARI MARITIM NASIONAL 23 SEPTEMBER INDONESIA"