SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL (HKN) 2019

KURIKULUM PELAJARANCG: Sejarah dan Tema Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55 Tahun 2019. Peringatan Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap tanggal 12 November oleh bangsa Indonesia meskipun belum terdapat Keputusan Presiden (Keppres) hingga Tahun ini tentang Hari Kesehatan Nasional, akan tetapi pemerintah telah banyak mengeluarkan kebijakan dalam wujud nyata kepedulian akan pentingnya pendidikan termasuk gerakan hidup sehat di negeri ini. Salah satu contohnya adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dimana ini adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Menurut sejarah singkat Penetapan Hari Kesehatan Nasional dilatarbelakangi dari keberhasilan Pembasmian penyakit malaria yang secara simbolis dilakukan oleh Soekarno selaku Presiden RI pada tanggal 12 November 1959 di desa Kalasan, sekitar 10 km di sebelah timur kota Yogyakarta. Selanjutnya, kegiatan tersebut dibarengi dengan kegiatan pendidikan atau penyuluhan kepada masyarakat. Dari pengalaman pendidikan tersebut, hingga saat ini perjalanan Pembangunan Kesehatan Nasional selama bertahun-tahun ini sebagai inspirasi untuk mempercepat terwujudnya Bangsa Indonesia unggul yang sehat jasmani, rohani, dan sosial, serta bermutu, produktif, dan berdaya-saing.


Dalam tulisan Pelajaran Sejarah kali ini mari kita mengenai Asal usul dan Tema Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-55 Tahun 2019. Sedang tulisan Pedoman untuk Juknis Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke-55 Tahun 2019 akan pelajarancg bahas dalam artikel tersendiri.


Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) memiliki sejarah penting yang panjang juga bermakna apabila dilihat dari asal mula perayaan. Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang diselenggarakan setiap tanggal 12 November bukan dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran suatu organisasi maupun Pahlawan dibidang Kesehatan Nasional, namun merupakan sebuah momentum untuk mengingat kembali suatu peristiwa bersejarah di bidang kesehatan dalam hal ini keberhasilan pemberantasan penyakit malaria yang memberikan inspirasi/motivasi bagi seluruh bangsa Indonesia.


Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan Pembangunan kesehatan diarahkan untuk tercapainya ketersediaan sarana, tenaga pelayanan kesehatan yang memenuhi kebutuhan masyarakat, mengurangi jumlah penderita penyakit dan menekan timbulnya wabah penyakit. Meningkatkan perbaikan gizi, ketersediaan sarana sanitasi dan pengembangan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan keluarga sejahtera, serta penerapan ilmu pengetahuan teknologi dan teknologi kesehatan selain juga pelaksanaan kegiatan Pra-HKN untuk menyambut HKN dalam bentuk-bentuk seperti pertandingan/perlombaan Kesehatan lingkungan, seminar, workshop, pameran, Penelitian Inovatif bidang kesehatan, dll sampai puncak acara dalam rangka memperingati HKN ( Hari Kesehatan Nasional). Hal ini dimaksudkan agar semua insan Kesehatan mengingat kembali filosofi dari nilai sejarah keberhasilan Pembasmian penyakit malaria yang secara simbolis dilakukan oleh Soekarno selaku Presiden RI pada tanggal 12 November hingga kegiatan pendidikan atau penyuluhan kepada masyarakat dalam pembangunan Kesehatan Nasional selama bertahun-tahun ini sebagai inspirasi untuk mempercepat terwujudnya Bangsa yang sehat jasmani, rohani, dan sosial, serta bermutu, produktif, dan berdaya-saing dengan genarasi sehat mencapai cita-cita Indonesia yang unggul.


Adapun tujuan utamanya adalah:
  • Komitmen seluruh insan Kesehatan baik termasuk pendidikan kesehatan bagi pelajar, keluarga karena melihat betapa penting dan strategisnya mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat untuk mencapai cita-cita SDM Unggul Indonesia Maju;
  • Mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat akan pentingnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang juga ditindaklanjuti dengan Peraturan Menpora RI Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga agar sehat jasmani, rohani, sosial, dan bermutu, produktif, sehingga mampu berdaya-saing;
  • Mengajak seluruh elemen Masyarakat Indonesia untuk melaksanakan gerakan hidup sehat secara masif dan meluas di setiap kegiatan sehari-hari;
  • Upaya mewujudkan Bangsa dan Negeri Indonesia yang sehat-sejahtera;
  • Menumbuhkan semangat mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan GERMAS secara rutin dan secara teratur: baik pelajar, masyarakat, pekerja/ karyawan, dan semuanya menuju keberhasilan untuk mencapai kualitas sumber daya manusia indonesia yang lebih sehat, produktif, mandiri, dan unggul.


Sejalan dengan tujuan tersebut, Hari Kesehatan Nasional (HKN) menjadi bagian dalam daftar hari penting Nasional dalam mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan dalam membangun bangsa sehat berkarakter menuju SDM Unggul untuk Indonesia Maju berprestasi melalui dasar dan arah peningkatan berkelanjutan.



1. SEJARAH PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL (HKN) 2019

Sejarah telah mencatat keberhasilan Pembasmian penyakit malaria yang secara simbolis dilakukan oleh Soekarno selaku Presiden RI pada tanggal 12 November 1959 di desa Kalasan, sekitar 10 km di sebelah timur kota Yogyakarta sebagai hari kebangkitan di bidang kesehatan. Dari latar belakang itulah pada akhirnya selanjutnya pemerintah telah banyak mengeluarkan kebijakan dalam wujud nyata kepedulian akan pentingnya pendidikan termasuk gerakan hidup sehat di negeri ini, tanggal keberhasilan penanganan masalah kesehatan Nasional dalam hal ini malaria yang menyebabkan ratusan ribu jiwa mati akibat penyakti tersebut maka melalui penyelidikan dan pengalaman penyakit malaria di Indonesia dapat dieliminasi. Peristiwa penting kesehatan Nasional 12 November, kemudian kemudian diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Kesehatan Nasional.


Pada saat itu, apabila ditilik Menilik kembali ke belakang pada era 50-an, penyakit malaria merupakan penyakit rakyat yang terbanyak penderitanya dan berjangkit di seluruh Indonesia. Ratusan ribu jiwa mati akibat malaria yang sebenarnya, melalui penyelidikan dan pengalaman penyakit malaria di Indonesia dapat dieliminasi. Oleh karena itu pemerintah melakukan usaha pembasmian malaria (malaria eradication) yang berarti melenyapkan malaria dari penjuru tanah air.


Untuk mencapai hal tersebut, pada tahun 1959 dibentulah Dinas Pembasmian Malaria yang pada bulan Januari 1963 dirubah menjadi Komando Operasi Pembasmian Malaria (KOPEM).


Pembasmian malaria ditangani secara bersama oleh pemerintah, WHO, USAID dan direncanakan pada tahun 1970 malaria akan hilang dari bumi Indonesia. Pembasmian malaria dilakukan dengan menggunakan obat baru yaitu DDT, dengan penyemprotan secara masal rumah-rumah di seluruh Jawa, Bali dan Lampung. Penyemprotan secara simbolis dilakukan oleh Bung Karno selaku Presiden RI pada tanggal 12 November 1959 di desa Kalasan, sekitar 10 km di sebelah timur kota Yogyakarta. Selanjutnya, kegiatan tersebut dibarengi dengan kegiatan pendidikan atau penyuluhan kepada masyarakat.


5 tahun kemudian, kurang lebih 63 juta penduduk telah mendapat perlindungan dari penyakit malaria. Tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Mayarakat Indonesia atas keberhasilan tersebut karena dengan sangat jelas sejarah telah menulis suatu riwayat di bidang kesehatan dan hal ini akan tertulis sepanjang masa dalam sejarah bangsa Indonesia.


Berdasarkan sejarah singkat inilah, sudah semestinya bangsa Indonesia memiliki tekad kuat dalam membangun peningkatan budaya hidup sehat dan sebagai pendorong untuk meningkatkan pembangunan kesehatan masyarakat. Peringatah HKN juga harus dimaknai dengan perubahan cara berfikir dari makna kesehatan yang semula diarahkan bagaimana menyembuhkan orang sakit, menjadi berfikir bagaimana sehat mental, fisik, spiritual, lingkungan dan faktor pendukung lain; itu berarti masyakat mampu untuk menceegah penyakit. Hal ini memiliki konsekuensi bahwa pembangunan semua sektor harus memperhatikan dampak terhadap bidang kesehatan, memberikan kontribusi positif dan tidak merugikan manusia yang hidup dalam lingkungan dan perilaku sehat.


Inilah alasan mengapa pemerintah Indonesia merasa sangat penting menyelenggarakan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) bukan hanya sekedar mengenal sejarah, tema dan logo dalam bentuk kata bijaksana ataupun ucapan motivasi semata.



2. LOGO PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL (HKN) KE-55 TAHUN 2019

Adapun logo peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN), adalah sebagai berikut.

SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL (HKN) 2019
Gambar logo HKN (Hari Kesehatan Nasional) 2019 ke 55



Catatan: Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI pada tanggal 16 Oktober 2019 telah meliris melalui situs resmi promkes.kemkes.go.id mengenai Juknis sebagai pedoman resmi peringatan ke-55 tahun 2019 untuk HKN dalam pedoman logo untuk spanduk, kartu ucapan selamat, baliho pelaksanaan kegiatan Pra-HKN dalam menyambut HKN di 2019.


Baca:



3. TEMA PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL (HKN) KE-55 TAHUN 2019

Sebagaimana diliris dalam berita situs resmi oleh Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI ( promkes.kemkes.go.id ), tema utama yang diangkat dalam Peringatan Hari Kesehatn Nasional (HKN) tahun 2019 ke 55 adalah "GENERASI SEHAT, INDONESIA UNGGUL”. dengan tema hashtag #sehatmilikkita ini diharapkan menjadi momentum untuk mengajak masyarakat terus gotong royong, bekerja bersama-sama untuk mencapai kualitas sumber daya manusia Indonesia yang sehat, produktif, mandiri dan unggul.



4. MAKNA LOGO SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL (HKN) 2019

Adapun memaknai HKN tahun 2019 ke-55 yang tersirat dalam tema dan logo Peringatan Hari Kesehatan Nasional ini dapat artikan bahwa perlunya menumbuhkan motivasi dengan semangat mengajak semua lapisan masyarakat: baik pelajar, masyarakat, pekerja/ karyawan, tentang pentingnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) melalui kegiatan gotong royong, bekerja bersama-sama untuk mencapai kualitas sumber daya manusia Indonesia yang sehat, produktif, mandiri, unggul yang sehat jasmani, rohani, sosial, bermutu, produktif, berdaya-saing dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat yang mesti dilakukan ditengah aktivitas apapun sehari-hari. Inilah hakekat yang mestinya menjadi makna sesungguhnya bukan sekedar kata ataupun ucapan semata.



Akhir kata dari pembahasan pelajarancg.blogspot.com mengucapkan selamat memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) untuk pendidikan bangsa yang sehat jiwa raga berkarakter melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Post a Comment for "SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL (HKN) 2019"