SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI IKAN NASIONAL (HARKANNAS) 2019

KURIKULUM PELAJARANCG: Sejarah dan Tema Peringatan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) Ke-6 Tahun 2019. Peringatan Hari Ikan Nasional diperingati setiap tanggal 21 November oleh bangsa Indonesia melalui Surat Keppres (Keputusan Presiden) Republik Indonesia No. 3 Tahun 2014 tentang Hari Ikan Nasional.


Perayaan hari ini ditetapkan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi.


Secara singkat menurut sejarahnya, Penetapan Hari Ikan Nasional berlatar belakang dari masih rendahnya rata-rata tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lainnya, oleh sebab itu sangat perlu diselenggarakan momentum atau acara sebagai langkah buat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memperkenalkan ikan sebagai salah satu bahan pangan serta mengajak masyarakat mulai mengonsumsi ikan yang menjadi salah satu sumber protein penting. Apalagi Negara Indonesia memiliki potensi perikanan yang perlu dimanfaatkan secara optimal namun tetap berprinsip pada kelestarian alam.


Dalam tulisan Pelajaran Sejarah kali ini sebagai dukungan dari kampanye agenda Kementerian Kelautan dan Perikanan Repulik Indonesia (disingkat KKP) dan Gerakan Memasyarakatkan Ikan (GEMARIKAN), Mari kita mengenai Sejarah, Tema dan logo Peringatan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) Ke-6 Tahun 2019. Sedang tulisan Pedoman mapun informasi kegiatan untuk Peringatan Hari Ikan Nasional yang Ke-6 Tahun 2019 akan pelajarancg bahas dalam artikel tersendiri.



SEJARAH, TEMA, LOGO DAN ARTI LOGO PERINGATAN HARI IKAN (HARKANNAS) 2019 NASIONAL

1. SEJARAH PERINGATAN HARI IKAN NASIONAL (HARKANNAS)

Perayaan HARKANNAS diperingati setiap tanggal 21 November oleh bangsa Indonesia melalui Surat Keppres No. 3 Tahun 2014 tentang Hari Ikan Nasional. Adapun Peringatan Hari Ikan Nasional memiliki latar belakang sejarah sebagai berikut:

  • Sebagai negara maritim, Indonesia yang memiliki  luas laut 5,8 juta km2 dengan jumlah  pulau ±17.504 dan garis pantai 95.000 km, terpanjang kedua di dunia dianugerahi potensi kekayaan sumber daya ikan yang beraneka ragam dan melimpah. Oleh karena itu, diperlukannya pengokohan atau ketahanan pangan dan gizi nasional.
  • Pola konsumsi masyarakat Indonesia terhadap sumber pangan hewani secara umum masih rendah jika dibandingkan dengan pangan nabati.

Dari latar sejarah tersebut, diharapkan Peringatan HARKANNAS enjadi  momentum bagi pemerintah untuk mengingatkan dan menghentak kesadaran nasional tentang peran penting sektor kelautan dan perikanan dalam pembangunan Indonesia secara menyeluruh baik aspek ekonomi, politik, sosial, budaya, pangan, pelestarian lingkungan maupun sumber daya manusia.


Pada tanggal 21 November 2019,  Bangsa Indonesia akan merayakan Sejarah Peringatan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) Ke-6 Tahun 2019 sejak sejarah pertama ditetapkan di tahun 2014.


Dalam makna sebenarnya, bahwa Peringatan HARKANNAS ke-6 ini selain menjadi sebuah perayaan nasional, namun juga menjadi sebuah momentum bagi Bangsa dan Negara Indonesia dengan pesan untuk mengingat dan kembali melihat kelautan dan perikanan sebagai tumpuan dan harapan pembangunan nasional.



2. TEMA UTAMA PERINGATAN HARI IKAN NASIONAL (HARKANNAS) 2019

Peringatan Harkannas ke 6 kali ini difokuskan pada mendorong peningkatan konsumsi ikan,  kesehatan, kecerdasan, dan meningkatkan kesejahteraan nelayan dan pembudidaya dengan mengangkat tema Nasional "Konsumsi Ikan Meningkatkan Daya Saing Bangsa."


Ikan dapat menjadi salah satu solusi utama bagi permasalahan gizi di Indonesia. Ikan kaya akan gizi esensial yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecerdasan sehingga anak-anak bangsa mampu bersaing dengan dunia Internasional. Ikan mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam lemak omega 3, 6, 9 yang baik manfaat nya untuk tubuh manusia. Kandungan asam amino dan omega 3 nya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan bahan pangan sumber protein yang lain nya.


Sesuai dengan tema HARKANNAS ke-6, yaitu Melalui Hari Ikan Nasional Kita Konsumsi Ikan guna meningkatkan saya saing bangsa Yang Berkelanjutan Untuk Kesejahteraan Masyarakat. Maka KKP memandang serius dan akan senantiasa mendukung terwujudnya hal tersebut.  Hal ini karena, pertama sebagai pendukung terwujudnya ketahanan dan kedaulatan nasional, kedua menjadi modal pembentukan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas, mandiri, sejahtera yang siap bersaing dan ketiga sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional.


Oleh sebab itu, HARKANNAS untuk sejarah tema peringatan hari ikan nasional ini harus menjadi sarana bagi semua pemangku kepentingan di sektor kelautan dan perikanan untuk meluruskan niat, menguatkan tekad, merapatkan barisan dan menguatkan komitmen untuk melaksanakan pembangunan kelautan dan perikanan secara baik dan lestari untuk kemakmuran dan kesejahteraan bangsa dan negara yang bukan hanya sekedar terstimonial berisi ucapan selamat maupun kata bijak semata.


3. LOGO NASIONAL PERINGATAN HARI IKAN INDONESIA TAHUN 2019 (HARKANNAS)

Adapun logo Peringatan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) Ke-6 tahun 2019 sebagaimana ditetapkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Repulik Indonesia (disingkat KKP) bersama Gerakan Memasyarakatkan Ikan (GEMARIKAN) adalah:


SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI IKAN NASIONAL (HARKANNAS) 2019
Gambar logo HARKANNAS (Hari Ikan Nasional) thn 2019


Baca:



TEMA, LOGO, SEJARAH, DAN UCAPAN PERINGATAN HARI IKAN NASIONAL (HARKANNAS) 2019 YANG KE 6 TAHUN

Melengkapi tulisan kurikulum tahun 2019, 21 November untuk peringatan hari ikan Nasional (Harkannas) ke 6 sesuai Sejarah, Tema dan logo. Berikut contoh kumpulan ucapan-ucapan dengan kata-kata selamat hari Ikan, berisi quotes bijak juga ucapan singkat sebagai pesan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya ikan.

  • pelajarancg.blogspot.com mengucapkan selamat memperingati hari ikan nasional. Ayo makan ikan karena ikan itu enak dan mencerdaskan.
  • selamat peringatan Harkannas 21 November 2019!. Ayo Dukung Kedaulatan dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Yang Berkelanjutan Untuk Kesejahteraan Masyarakat!!!
  • Ayo kembangkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) melalui  peningkatan  permintaan ikan, penyebarluasan informasi tentang kandungan gizi dan manfaat makan ikan, merubah budaya dan persepsi yang salah tentang ikan dimasyarakat (seperti makan ikan menyebabkan anak cacingan, air susu ibu berbau amis dan korengan).
  • Beri aku ikan dan aku makan selama sehari. Ajari aku memancing dan aku makan seumur hidup. - Kata bijak Cina


Post a Comment for "SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI IKAN NASIONAL (HARKANNAS) 2019"