HKSN 2021 MENGUSUNG TEMA KESETIAKAWANAN SOSIAL PERKOKOH SOLIDARITAS INDONESIA SEJAHTERA

Tanggal 20 Desember diperingati sebagai Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN). Pelajarancg: HKSN bemula dari usaha mempertahankan kemerdekaan pada 1945 hingga 1948. pelajarancg.blogspot.com - Nilai kesetiakawanan sosial yang telah tumbuh didalam masyarakat perlu dilestarikan dan diperkokoh. Begitu juga dengan kinerja dan persatuan para sosiawan atau pekerja sosial perlu ditingkatkan. Untuk hal tersebut, Kementerian Sosial berinisiatif membuat Lambang Pekerjaan Sosial dan Kode Etik atau Sikap Sosiawan. Lambang Pekerjaan Sosial dan Kode Etik Sosiawan diciptakan pada tanggal 20 Desember 1949 tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan peristiwa bersejarah bersatunya seluruh lapisan masyarakat untuk mengatasi permasalahan dalam mempertahankan kedaulatan negara, yaitu pada tanggal 20 Desember 1948 sehari setelah tentara kolonial Belanda menyerbu dan menduduki ibukota negara Yogyakarta, maka tanggal tersebut oleh Kementerian Sosial dijadikan sebagai HARI SOSIAL yang kemudian menjadi Hari Kebhaktian Sosial, dan berganti lagi Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN).

Pelajari: KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN HARI KESETIAKAWANAN SOSIAL NASIONAL (HKSN)

Dan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Pemprov Babel) menjadi tuan rumah untuk memperingati puncak Hari Kesetiakawanan (HKSN) tahun 2021. Tema besar HKSN 2021 yaitu Kesetiakawanan Sosial Perkokoh Solideritas Indonesia Sejahtera.


Dalam tema tersebut memaknai filosofi Genggaman Solidaritas, Sinergi dalam Perbedaan, Menyongsong Satu Tujuan, dan Bersatu. Dari filosofi tersebut diciptakan sebuah logo sebagai Lambang Pekerjaan Sosial dan Kode Etik atau Sikap Sosiawan sebagaimana di rilis dalam situs resmi Kementerian Sosial. Adapun gambar logo untuk Tema besar HKSN 20 Desember 2021 adalah sebagai berikut.

https://pelajarancg.blogspot.com/



Dalam situs resmi Kementerian Sosial, Logo untuk memperingati puncak Hari Kesetiakawanan (HKSN) tahun 2021 telah dapat didownload dengan format AI, JPG, PNG, dan SVG. Jadi untuk mempelajari lebih lengkap silahkan kunjungi situs kemensos tersebut.


Adapun makna yang terkadung pada visual Lambang Pekerjaan Sosial dan Kode Etik atau Sikap Sosiawan untuk logo HKSN 2021 yang diharapkan dapat menciptakan gelombang semangat persatuan dapat dipelajari dalam arti sebenarnya.


Genggaman Solidaritas

Gambar lambang genggaman yang solid seperti menjaga rasa saling percaya antar satu dan yang lainnya dengan menjunjung tinggi tujuan bersama

Pelajari: JENIS DAN PENGERTIAN INTERAKSI SOSIAL

Sinergi dalam Perbedaan

Gambar lambang Sinergi dalam Perbedaan ini bercermin kepada slogan Bhineka Tunggal Ika, bahwasannya walaupun berbeda namun tetap satu jua. Seluruh kalangan baik dari yang muda maupun yang tua saling bersinergi di tengah perbedaan hingga dapat menciptakan gelombang semangat persatuan.


Menyongsong Satu Tujuan

Gambar Menyongsong Satu jujuan ini dimaknai sebagai diantara keberagaman masyarakat Indonesia hanya ada satu tujuan konkret yang hendaknya diwujudkan secara bersama yaitu untuk terus mempertahankan keutuhan dan persatuan Indonesia.


Bersatu

Gambar lambang Bersatu artinya hendaknya untuk dapat mewujudkan segala cita-cita dan harapan bangsa yaitu dengan bersatu. Memiliki visi, misi, cita, dan asa yang satu dan mengedepankan kepentingan bersama daripada pribadi agar tujuan bersama dapat tercapai.


Meskipun Acara puncak dilaksanakan di Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Pemprov Babel), namun acara ini bisa diperingati pada acara sekolah juga, karena peringatan hari kesetiakawanan sosial nasional yang diselenggarakan setiap tahun adalah untuk membangun peringatan kolektif seluruh elemen masyarakat Indonesia tanpa kecuali, agar nilai-nilai kesetiakawanan sosial untuk memperkuat sebagai modal sosial untuk membangun bangsa menuju masyarakat yang lebih sejahtera.


Jadi apabila siswa pengunjung blog Kurikulum Pelajarancg ingin membuat acara dengan tema pentingnya kesetiakawanan dalam memperkokoh solidaritas Pelajar Indonesia bisa merancang agendanya dari hari ini, mulai dari mempelajari sejarahnya, membuat proposal, perombaan puisi, mading ucapan, menulis kata-kata inspiratif, dsb.


Dengan harapan bahwa peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional ini dapat membantu seluruh masyarakat Indonesia khususnya pelajar agar dapat memiliki jiwa sosial dan saling memperkuat nilai-nilai kesetikawananan untuk bersama-sama membangun Indonesia agar lebih baik lagi kedepannya, ya kawan-kawan pelajarancg.blogspot.com

Post a Comment for "HKSN 2021 MENGUSUNG TEMA KESETIAKAWANAN SOSIAL PERKOKOH SOLIDARITAS INDONESIA SEJAHTERA"