LOGO DAN TEMA PERINGATAN KE-71 HARI BELA NEGARA TAHUN 2019

Pelajarancg: Logo dan Tema Peringatan Ke-71 Hari Bela Negara (HBN) Tahun 2019. Hari Bela Negara Nasional diperingati setiap tanggal 19 Desember oleh Rakyat Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2006 Tentang penetapan tanggal 19 Desember sebagai Hari Bela Negara, juga Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2018 tanggal 18  September 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Bela Negara 2018-2019. Menurut sejarah singkatnya Penetapan Hari Bela Negara berlatar belakang sejarah deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara di Sumatra Barat pada tanggal 19 Desember 1948.



Pada tulisan Pelajarancg Sejarah kali ini  mari bahas mengenai Pedoman logo dan tema Peringatan Hari Bela Negara (HBN) Ke -71 Tahun 2019. Sedang tulisan Desain Spanduk dan Stand Banner Hari Bela Negara Ke -71 Tahun 2019 dapat di download pad situs resmi Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia (wantannas.go.id)



Peringatan Hari Bela Negara memiliki sejarah yang panjang. Peringatan (Peringatan Hari Bela Negara) yang diselenggarakan setiap tanggal 19 Desember tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme pada seluruh Masyarakat supaya memahami bahwa belanegara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi.


Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Bela Negara. Hal ini dimaksudkan membangun karakter disiplin, optimisme, taat hukum, bekerja keras untuk negara dan bangsa, melaksanakan perintah Tuhan sesuai agamanya masing-masing guna turut menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.


Adapun tujuan utama Peringatan HBN adalah:
  • Mempromosikan pengertian bahwa Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara;
  • Bela negara terutama adalah wadah peran dan kontribusi segenap komponen masyarakat, dunia usaha, dunia pendidikan, media, hingga tokoh pemuda, tokoh agama, semua bisa dan wajib ikut serta sesuai dengan bidang profesi masing-masing;
  • Rencana Aksi Nasional Bela Negara;
  • Meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan Masyarakat Indonesia;
  • Mempromosikan pengertian bahwa Bela negara sebagai Hak Asasi Manusia (HAM) Bangsa Indonesia sesuai Pasal 68 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM yang mengamanatkan agar segenap Bangsa Indonesia dengan segala kelebihan dan kekurangannya tetap dapat memberikan sumbangsihnya dalam bela negara;


Sejalan dengan tujuan tersebut, Hari Bela Negara (HBN) menjadi bagian penting dalam mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan dalam membangun pendidikan karakter menuju bangsa berprestasi melalui dasar dan arah belanegara berkelanjutan.


1. LOGO PERINGATAN KE-71 HARI BELA NEGARA TAHUN 2019

Logo di 2019 untuk Peringatan Hari Bela Negara (HBN) Ke 71 sebagaimana terlihat Desain Spanduk dan Banner adalah sebagai berikut.


LOGO DAN TEMA PERINGATAN KE-71 HARI BELA NEGARA TAHUN 2019
Gambar logo Peringatan HBN (Hari Bela Negara) thn 2019



2. TEMA PERINGATAN HARI BELA NEGARA KE-71 TAHUN 2019

Sebagaimana Surat dari Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) No. B-1037/WANTANNAS/SESJES/10/2019, Perihal : Penyampaian Instruksi Peringatan Ke-71 Hari Bela Negara Tahun 2019 Tema Utamanya adalah "BELA NEGARA UNTUK KEMAKMURAN RAKYAT”. dengan tema ini diharapkan kita dapat meningkatkan rasa nasionalisme melalui pentingnya Kesadaran bela negara untuk ditanamkan kepada seluruh warga negara, sebagai bentuk revolusi mental sekaligus untuk membangun daya tangkal bangsa dalam menghadapi kompleksitas ancaman guna mewujudkan Ketahanan Nasional yang tangguh.


3. TEMA, LOGO DAN PEDOMAN PERINGATAN HARI BELA NEGARA 2019 TAHUN KE-71

Unduh / Download Pedoman HBN tahun 2019 berupa Dokumen Permohonan Instruksi Peringatan Ke-71 Hari Bela Negara Tahun 2019 Ke Jajaran Pemerintah Daerah untuk Kementerian Dalam Negeri Indonesia. Pedoman Permohonan Instruksi Peringatan Ke-71 Hari Bela Negara Tahun 2019 Ke Jajaran Kantor Perwakilan RI di Luar Negeri untuk Kementerian Luar Negeri Indonesia, Pedoman Peringatan Ke-71 Hari Bela Negara Tahun 2019 untuk Seluruh Kementerian / Lembaga hingga Desain Spanduk dan Stand Banner Hari Bela Negara dapat mengunjungi https://wantannas.go.id/hari-bela-negara


Semoga tema HBN Tahun ke 71 di 2019 ini dapat membikan arti penting bahwa penguatan pemahaman maupun pengertian tentang belanegara secara tidak langsung akan berdampak pula pada kemakmuran rakyat Indonesia. Inilah hakekat yang mestinya menjadi makna sesungguhnya bukan sekedar kata ataupun ucapan semata.


Akhir kata dari pembahasan sejarah pelajarancg.blogspot.com mengucapkan Selamat memperingati Hari Bela Negara (HBN) di 2019 yang ke-71 tahun, Mari jaga selalu persatuan dan kesatuan bangsa, pertebal rasa cinta tanah air dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai tugas dan profesi masing-masing!.

Post a Comment for "LOGO DAN TEMA PERINGATAN KE-71 HARI BELA NEGARA TAHUN 2019"