LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI JUANG KARTIKA (HJK) 2019

Kurikulum Pelajarancg: Logo dan Tema Peringatan Hari Juang Kartika (HJK) TNI Angkatan Darat Tahun 2019. Peringatan Hari Juang Kartika diperingati setiap tanggal 15 Desember oleh Tentara Nasional Republik Indonesia melalui Keppres RI Nomor 163/1999 untuk mengenang Kemenangan Pertempuran Ambarawa. Menurut sejarah singkatnya Penetapan Hari Juang Kartika berlatar belakang sebuah peristiwa bersejarah dan penting dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan yang terjadi 74 tahun silam di kota Ambarawa yang kemudian peristiwa itu dikenal dengan sebutan Palagan Ambarawa. Monumen Palagan Ambarawa menjadi bukti nyata keberhasilan TKR yang dipimpin oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman dalam pertempuran Ambarawa pada tanggal 15 Desember 1945.


Pada tulisan pelajarancg sejarah kali ini akan membahas mengenai Banner, Logo dan Tema Peringatan Hari Juang Kartika (HJK) TNI Angkatan Darat yang ke 74 Tahun 2019. Sedang tulisan Pedoman kegiatan Peringatan Hari Juang Kartika (HJK) TNI Angkatan Darat yang ke 74 Tahun 2019 dapat dilihat pada artikel situs resmi tni.mil.id


Peringatan HJK (Hari Juang Kartika) TNI Angkatan Darat memiliki sejarah yang panjang. TNI AD memperingati tanggal 15 Desember setiap tahun sebagai Hari Infanteri. Kemudian hari peringatan tersebut Berdasar Keputusan Presiden RI Nomor 163/1999 tentang Hari Infanteri diganti dengan nama Hari Juang Kartika.


Peringatan Hari Juang Kartika yang diselenggarakan setiap tanggal 15 Desember tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Tentara Nasional Indonesia Angkatan darat (TNI AD) namun juga refleksi dalam menumbuhkan semangat juang yang telah ditunjukkan oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman dalam pertempuran Ambarawa serta sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme pada seluruh insan militer Nasional.


Salah satu upaya yang dilakukan Militer TNI Angkatan Darat untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati ulang tahun Hari Juang Kartika. Hal ini dimaksudkan agar semua insan pejuang TNI AD khususnya anggota korps Infanteri mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman dalam menegakkan pondasi juang Pertempuran Ambarawa.


Adapun tujuan utama Peringatan Hari Infanteri atau Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat adalah:
  • Menanamkan rasa percaya akan kekuatan Indonesia untuk berjuang sampai titik darah penghabisan dalam mempertahankan NKRI;
  • Mengingatkan kembali akan fungsi dan jasa Infanteri akan filosofi perjuangan Jenderal Sudirman dalam meletakkan dasar dan arah perjuangan Nasional;
  • Meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan insan Militer Korps Infanteri TNI Angkatan Darat.


Sejalan dengan tujuan tersebut, Hari Juang Kartika (HJK) menjadi bagian penting dalam mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan dalam membangun nilai juang termasuk nasionalisme dan patriotisme melalui dasar dan arah juang kartika berkelanjutan.


Baca: SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KORPRI) 2019


1. LOGO PERINGATAN HARI JUANG KARTIKA (HJK) 2019 KE 74 TAHUN 

Logo Ke- 74 Tahun 2019 Peringatan Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat (HJK), adalah sebagai berikut.

LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI JUANG KARTIKA (HJK) 2019
Gambar logo HJK TNI AD (Hari Juang Kartika) 2019 Ke 74




2. TEMA PERINGATAN HJK KE 74 HARI JUANG KARTIKA TNI ANGKATAN DARAT 2019

Sebagaimana pengumuman yang diliris oleh situs resmi kodamjaya-tniad.mil.id tentang "Logo dan Banner HJK 2019". Pada logo terdapat tema yang diangkat dalam Peringatan Hari Juang Kartika (HJK) tahun 2019 ke 74 adalah "TNI ANGKATAN DARAT ADALAH KITA”. dengan tema ini diharapkan Seluruh Korps TNI khususnya Korps Infanteri dapat meningkatkan nilai juang serta rasa nasionalisme di kalangan insan militer Indonesia.

LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI JUANG KARTIKA (HJK) 2019


3. LOGO, TEMA DAN BANNER PERINGATAN HARI JUANG KARTIKA (HJK) 2019

Adapun menyambut peringatan Dirgahayu Juang Kartika di 2019, TNI Angkatan Darat Militer Indonesia telah meliris pengumuman Desaign Banner HJK ke 74 dalam format PSD dan telah dapat didownload. Untuk mendownload Banner Peringatan Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat Tahun 2019, silahkan kunjungi kodamjaya-tniad.mil.id/logo-dan-banner-hari-juang-kartika-2019.


Semoga hakekat Peringatan HJK (Hari Juang Kartika) TNI AD yang diharapkan dapat tercapai sebagaimana harapan rakyat Indonesia bukan sekedar kata ataupun ucapan semata.


Akhir kata dari pembahasan pelajarancg.blogspot.com mengucapkan Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat untuk seluruh anggota prajurit, komandan, dan insan Korps Infanteri Republik Indonesia!.

Post a Comment for "LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI JUANG KARTIKA (HJK) 2019"