PELAJARANCG SEJARAH HARI TRANSMIGRASI NASIONAL 12 DESEMBER

Pelajarancg.blogspot.com - Pada tanggal 12 Desember merupakan Peringatan Hari Transmigrasi Nasional. Di sekolah, tentu kamu telah mempelajari apa itu pengertian dari Transmigrasi. Untuk mengingatkan kembali, bahwa Transmigrasi (Latin: trans - seberang, migrare - pindah) adalah suatu program yang dibuat oleh pemerintah Indonesia untuk memindahkan penduduk dari suatu daerah yang padat penduduk (kota) ke daerah lain (desa) di dalam wilayah Indonesia. Penduduk yang melakukan transmigrasi disebut transmigran. Untuk lebih mengenal tentang Hari Bhakti Transmigrasi Nasional mari ketahui Perjalanan Sejarah dan Tujuannya melalui tulisan pelajarancg.blogspot.com




SEJARAH HARI BHAKTI TRANSMIGRASI

Tanggal 12 Desember adalah hari bersejarah bagi penyelenggaraan transmigrasi di Indonesia, karena itu Pemerintah (Kemnakertrans) telah menetapkannya sebagai Hari Bhakti Transmigrasi. Setiap tahun kita memperingati Hari Bhakti, dan tahun 2019 ini adalah yang ke-69. Momentum Hari Bhakti ini ditentukan sejak tanggal 12 Desember 1950, sejumlah 77 orang transmigran diberangkatkan dari Jawa Tengah menuju Lampung, pada saat itu Pemerintah RI pertama kali memfasilitasi perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain, untuk memanfaatkan sumber daya alam mencapai kesejahteraan.


Perpindahan dan atau pemindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain, itulah yang disebut sebagai transmigrasi, sebuah istilah atau kata yang sudah sangat popular di negeri ini. Awalnya adalah program kolonial, yang dikenal sebagai kolonisasi, yaitu pemindahan orang-orang Jawa dari Kabupaten Kedu, Jawa Tengah, ke Gedong Tataan, provinsi Lampung.


Sejarah transmigrasi di Indonesia dimulai dengan keberangkatan 155 Keluarga orang Jawa di tahun 1905, menuju Gedong Tataan, Lampung, yang kemudian berhasil membentuk desa-desa dengan nomenklatur Jawa, yaitu desa Bagelen, Gading Rejo, Purworejo, dan Wonodadi. Desa-desa tersebut berada di sekitar 25 Km sebelah utara kota Tanjung Karang, dan kini telah berkembang menjadi wilayah administratif kabupaten, yang dikenal sebagai Kabupaten Pesawaran.


Karena program kolonisasi dipandang relatif berhasil, maka Pemerintah pasca kemerdekaan meneruskan program tersebut. Namun karena istilah kolonisasi berciri pejoratif atau yang merendahkan, maka istilah tersebut kemudian diganti dengan istilah transmigrasi.

SEJARAH HARI TRANSMIGRASI NASIONAL 12 DESEMBER


HARI BHAKTI TRANSMIGRASI DALAM TUJUAN PROGRAM TRANSMIGRASI 


Tujuan resmi program hari ini adalah untuk mengurangi kemiskinan dan kepadatan penduduk di pulau Jawa, memberikan kesempatan bagi orang yang mau bekerja, dan memenuhi kebutuhan tenaga kerja untuk mengolah sumber daya di pulau-pulau lain seperti Papua, Kalimantan, Sumatra, dan Sulawesi.


Tentu banyak kritik mengatakan bahwa pemerintah Indonesia berupaya memanfaatkan para transmigran untuk menggantikan populasi lokal, dan untuk melemahkan gerakan separatis lokal. Program ini beberapa kali menyebabkan persengketaan dan percekcokan, termasuk juga bentrokan antara pendatang dan penduduk asli setempat.


Baca:



Seiring dengan perubahan lingkungan strategis di Indonesia, transmigrasi dilaksanakan dengan paradigma baru sebagai berikut:
  • Mendukung ketahanan pangan dan penyediaan papan;
  • Mendukung kebijakan energi alternatip (bio-fuel);
  • Mendukung pemerataan investasi ke seluruh wilayah Indonesia;
  • Mendukung ketahanan nasional pulau terluar dan wilayah perbatasan;
  • Menyumbang bagi penyelesaian masalah pengangguran dan kemiskinan

Transmigrasi tidak lagi merupakan program pemindahan penduduk, melainkan upaya untuk pengembangan wilayah. Metodenya tidak lagi bersifat sentralistik dan top down dari Jakarta, melainkan berdasarkan Kerjasama Antar Daerah pengirim transmigran dengan daerah tujuan transmigrasi. Penduduk setempat semakin diberi kesempatan besar untuk menjadi transmigran penduduk setempat (TPS), proporsinya hingga mencapai 50:50 dengan transmigran Penduduk Asal (TPA) sebagaimana dikutip dari Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia.


Dalam menyambut tanggal 12 Desember 2019, akhir kata dalam tulisan tentang sejarah singkat hari transmigrasi Nasional ini, pelajarancg.blogspot.com mengucapkan selamat memperingati hari bhakti transmigrasi Indonesia Ke-69, Mari Majukan Pelosok Negeri melalui Program Nasional Transmigrasi!!!

Post a Comment for "PELAJARANCG SEJARAH HARI TRANSMIGRASI NASIONAL 12 DESEMBER"