SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI BRIGADE MOBIL (BRIMOB) 2019

KURIKULUM PELAJARANCG: Sejarah dan Tema Peringatan hari Brigade Mobil (Brimob) Ke-74 Tahun 2019. Perayaan ulang tahun Korps Brimob Polri atau Peringatan Hari Brigade Mobil Kepolisian Republik Indonesia diperingati setiap tanggal 14 November Sebagai Hari Brigade Mobil atau umum dikenal sebagai HUT Brimob. Menurut catatan sejarah singkat Pada tanggal 14 November 1961, Kesatuan Mobile Brigade diubah dan disesuaikan dengan ejaan Bahasa Indonesia menjadi Brigade Mobil. Perubahan ini disahkan dalam HUT Brimob ke-15 oleh Presiden RI Ir. Soekarno dan sekaligus mendapat penghargaan "Nugraha Sakanti Jana Utama".  Pemerintah Republik Indonesia memberi anugerah "Nugraha Sakanti Jana Utama" dengan dasar Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. : 591/1961 tanggal 14 November 1961 atas jasa-jasa perjuangan Polisi Istimewa / Brigade Mobil sejak Tahun 1945 sampai dengan Tahun 1961.


Dalam tulisan Pelajaran Sejarah kali ini mari kita mengenai Asal usul dan Tema Peringatan Hari Brigade Mobil (Brimob) yang Ke-74 Tahun 2019. Sedang tulisan Pedoman untuk Juknis agenda kegiatan acara Peringatan Hari Brigade Mobil (Brimob) yang Ke-74 Tahun 2019 akan pelajarancg bahas dalam artikel tersendiri.


Peringatan Hari Brigade Mobil (Brimob) memiliki sejarah penting yang panjang apabila dilihat dari asal mula perayaan. Peringatan atau Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Brigade Mobil (Brimob) yang diselenggarakan setiap tanggal 14 November tidak semata-mata dimaksudkan hanya untuk mengenang hari kelahiran suatu organisasi atau pembentukan organisasi dan barisan militer dalam hal ini Korps Brimob Polri, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk mengingat kembali suatu peristiwa bersejarah untuk proses peristiwa perjalanan Korps Brimob (Brigade Mobil) yang memberikan inspirasi/motivasi bagi seluruh bangsa Indonesia terutama satuan polisi.


Sebagaimana diketahui bahwa Brigade ini fungsi utamanya adalah sebagai korps untuk menanggulangi situasi darurat, yakni membantu tugas kepolisian kewilayahan dan menangani kejahatan dengan tingkat intensitas tinggi yang menggunakan senjata api dan bahan peledak dalam operasi yang membutuhkan aksi yang cepat. Bahkan didalam melaksanakan Tugas pokok, Fungsi dan Peranan Brigade Mobil POLRI, sepanjang sejarah tidak dapat dipisahkan dari situasi dan kondisi Negara dan Bangsa Indonesia pada tiap-tiap perjuangannya untuk menuju cita-cita luhur Bangsa Indonesia, yaitu masyarakat adil, makmur, maju dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI BRIGADE MOBIL (BRIMOB) 2019
Gambar kata mutiara tema ucapan hari brigade mobil ( HUT Brimob Polri) ke 74 thn 2019


Dalam rangka menyambut Perayaan HUT Brigade Mobil (Brimob) Polri, tentu banyak agenda kegiatan acara Peringatan Hari jadi Brimob diselenggarakan oleh Satuan Brimob seluruh daerah, mulai dari Bakti sosial, pemasangan spanduk, billboard, kartu dengan logo dan tema ucapan selamat dirgahayu Brimob berisi kata-kata perjuangan, hingga Upacara Pucak kegiatan hari ulang tahun (HUT) Satuan Brigade Mobil (Brimob) Ke 74 Tahun 2019 pada tanggal 14 November.



1. SEJARAH PERINGATAN HARI BRIGADE MOBIL (BRIMOB) 2019

Sejarah perjuangan Brimob atau Brigade Mobil bukan saja menjadi kebanggaan Polri, akan tetapi menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia pada umumnya, karena Brimob Polri tidak pernah absen dalam perjuangan bersenjata Rakyat Indonesia, Satuan Brimob ikut aktif menentang dan melawan penjajah dan kekuasaan bangsa Asing, perjuangan menegakkan hukum dan keadilan di seluruh tanah air.


Sejarah mencatat bahwa setahun setelah pembacaan proklamasi kemerdekaan 1945, sejak dibentuk pada 14 November tahun 1945 Polisi Istimewa berkiprah di garda depan dalam aneka perebutan fasilitas militer dan tempat-tempat strategis di pulau Jawa dan Sumatera, pada tanggal 14 November 1946 seluruh kesatuan Polisi Istimewa, Barisan Polisi Istimewa dan Pasukan Polisi Istimewa dilebur menjadi Mobile Brigade (Mobrig) atau sekarang terkenal dengan sebutan Brigade Mobile (Brimob).



Pada tanggal 14 November 1961, Brigade Mobil POLRI mendapat Anugrah "Sakanti Yana Utama" dari Presiden Republik Indonesia kala itu Ir. Soekarno.  Satya Lencana Sakanti Yana Utama tersebut mengandung nilai-nilai Spiritual yang merupakan kebanggaan dan pengungkit  untuk membangkitkan daya juang serta pengabdian Brigade Mobil POLRI terhadap Negara dan Bangsa Indonesia. Anugerah tersebut sebagai pendorong semangat yang luar biasa nilainya, dan sepanjang sejarah akan ditulis dengan Tinta Emas dalam buku pelajarancg sejarah Bangsa Indonesia. Lebih-lebih jika diingat bahwa Sakanti Yana Utama itu merupakan Anugerah dan Penghargaan tertinggi dan yang pertama dalam sejarah Kepolisian Republik Indonesia.


Oleh karenanya, pada hakekat tujuan memperingati Hari Brimob adalah mengingat kembali momentum bahwa setiap warga Brigade Mobil POLRI harus mampu mempertahankan / menjunjung tinggi kehormatan serta kebanggaan yang telah diraih pada masa perjuangan. Dan nilai-nilai inilah yang harus selalu menjiwai dalam pertumbuhan dan perkembangan kemampuan Brigade Mobil (Brimob) POLRI untuk tetap mempertahankan dan bahkan lebih meningkatkan Kinerja baik dibidang Pembinaan maupun Operasional Brigade Mobil (Brimob) POLRI dalam menghadapi tantangan yang lebih berat pada masa mendatang dengan meningkatkan jiwa kejuangan dan pengabdian kepada negara dan bangsa dalam tugas sehari-hari.


Karena itu, nilai-nilai perjuangan Brigade Mobil (Brimob) POLRI yang terkandung dalam “Sakanti Yana Utama” tersebut semestinya mempertebal keyakinan, bahwa dalam situasi dan kondisi bagaimanapun Eksistensi Brigade Mobil (Brimob) POLRI akan tetap dibutuhkan dan diharapkan dapat diandalkan serta dibanggakan. Pada saat itulah akan lebih banyak memberikan manfaat terhadap Masyarakat, Bangsa dan Negara Indonesia.


Inilah alasan mengapa Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam hal ini Korps Brimob merasa sangat penting menyelenggarakan Peringatan Hari Brigade Mobil (Brimob) bukan hanya sekedar mengenal sejarah, tema dan logo dalam bentuk kata bijaksana ataupun ucapan motivasi semata.


2. LOGO BRIMOB UNTUK PERINGATAN HARI BRIGADE MOBIL KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA KE-74 TAHUN 2019

Adapun logo yang harus dicantumkan dalam menyambut peringatan Hari Brigade Mobil Polri adalah logo Korps Brimob. Adapun gambar lambang logo tersebut:


SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI BRIGADE MOBIL (BRIMOB) 2019
Gambar logo lambang brimob untuk Peringatan Hari Brigade Mobil thn 2019 ke 74



3. TEMA PERINGATAN HARI BRIGADE MOBIL (BRIMOB) KE-74 TAHUN 2019

Adapun tema Nasional yang diangkat dalam menyambut HUT Peringatan Hari Brigade Mobil (Brimob) tahun 2019 ke 74 adalah "BRIMOB UNTUK INDONESIA”. dengan tema ini diharapkan menjadi momentum untuk mengajak seluruh Kesatuan Mobile Brigade untuk terus menjalankan tugas pokok, Peranan dan Fungsi Brigade Mobil POLRI sebagaimana cita-cita sejarah Hari dibentuknya Brimob yang tidak dapat dipisahkan dari situasi dan kondisi Negara dan Bangsa Indonesia pada tiap-tiap perjuangannya untuk menuju cita-cita luhur Bangsa Indonesia, yaitu masyarakat adil, makmur, maju dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.



4. KATA LOGO SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI BRIGADE MOBIL (BRIMOB) 2019

Adapun memaknai HUT Brimob tahun 2019 ke-74 selain tentang tema dan logo Peringatan Hari Brigade Mobil Kepolisian Republik Indonesia untuk meningkatkan semangat perjuangan Satuan/ korps Brimob dalam menjalankan tugas dan peran sehari-hari beberapa kata atau ucapan dari Pahlawan Nasional hingga tokoh militer Indonesia dibawah mampu menginspirasi anggota Polisi Istimewa.


Bung Tomo Quote:
Soal senjata nampaknya agak menggelisahkan. Sebagai anak buah Tentara Pembela Tanah Air (PETA) yang semula menjadi harapan rakyat banyak, ternyata sudah dikirim pulang oleh Jepang tanpa senjata. Satu-satunya kekuatan bersenjata yang masih kokoh adalah Pasukan Polisi Istimewa yang dipimpin oleh seorang pemuda Sulawesi, Muhammad Yasin.

Dr. H. Roeslan Abdulgani Quote:
Pasukan Polisi Istimewa lahir lebih dulu dari yang lain.

Brigjen. TNI / AD Sudarto:
Omong kosong jika ada yang mengaku dalam bulan Agustus 1945 kita memiliki pasukan bersenjata. Yang ada hanya Pasukan Polisi Istimewa dan tanpa pasukan ini tidak akan ada Hari Pahlawan 10 Nopember 1945.

Jenderal TNI/AD Sukanto Sayidiman:
Pak Yasin dan Pasukan Polisi Istimewa adalah guru dan pelatih kami.

Abdul Kadir Besar S.H.
May. Jend. Pol. M. Yasin di tahun 1945 dengan peranan juangnya wajar diberikan kedudukan Singa Pejuang RI.


Akhir kata dari pembahasan pelajarancg.blogspot.com mengucapkan selamat Dirgahayu dalam memperingati Hari Brigade Mobil (Brimob) untuk seluruh Satuan Kepolisian utamanya Personel Sat Brimob, Rakyat Indonesia mencintai Brimob yang memberikan rasa aman karena Brimob untuk Indonesia, Profesional, Modern, dan terpercaya.

Post a Comment for "SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI BRIGADE MOBIL (BRIMOB) 2019"