LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI GIZI NASIONAL (HGN) 2020

Kurikulum Pelajarancg Logo dan Tema Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-60 Tahun 2020. Peringatan Hari Gizi Nasional diperingati bangsa Indonesia setiap tanggal 25 Januari yang menurut sejarah singkatnya diperkenalkan oleh Bapak Gizi Nasional yaitu Prof. Poerwo Soedarmo dari awal kemerdekaan. Karena gizi memang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai masyarakat yang berbangsa dan bernegara.


Pada tulisan kali ini Pelajarancg Sejarah akan membahas mengenai logo dan tema peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) 2020. Sedang tulisan pedoman penyelenggaraan peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-60 Tahun 2020 akan dibahas dalam tulisan tersendiri.


Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) memiliki sejarah yang panjang. Menurut sejarahnya, pada saat awal kemerdekaan, kondisi gizi masyarakat Indonesia memang tidak terlalu baik. Oleh karena itu, Menteri Kesehatai RI saat itu, J. Leimena meminta Prof. Poerwo untuk mengepalai Lembaga Makanan Rakyat atau LMR bernama Institut Voor Volksvoeding (IVV) yang merupakan lembaga penelitian kesehatan agar bisa mengatasi permasalahan gizi masyarakat Indonesia.

LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI GIZI NASIONAL (HGN) 2020
Gambar: 4 Pilar Gizi Seimbang


Singkatnya, sejarah Nasional mencatat bahwa pada tahun 1960-an LMR (Lembaga Makanan Rakyat) memperingati tentang dimulainya pengkaderan tenaga gizi di Indonesia serta berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan pada tanggal 25 Januari 1951. Pada tanggal 25 Januari inilah yang menjadi latar belakang mengapa Hari Gizi dan Makanan Nasional diperringati oleh rakyat Indonesia pada tanggal 25 Januari setiap tahun.


Menurut ahli dari Direktorat Jederal Kesehatan Mayarakat di Buku panduan kegiatan hari gizi Nasional untuk Gizi Masyarkat, hingga hari ini Indonesia mempunyai masalah triple burden, yaitu stunting dan wasting, obesitas dan kekurangan zat gizi mikro seperti  anemia. Terdapat 3 diantara  10  balita stunting, 1 diantara 10 balita wasting, 1 diantara 10 balita obesitas dan 1 diantara 2 ibu hamil anemia serta 3 diantara 10 remaja anemia (Riskesdas 2013 - 2018).


Arah pembangunan kesehatan saat ini dititik beratkan pada upaya promotif preventif yang dinilai dapat memberikan dampak kesehatan yang lebih luas dan lebih efisien dari sisi ekonomi. Pengembangan sumberdaya manusia dalam pembangunan kesehatan yang berkelanjutan mutlak  diperlukan,  yang salah satu komponen utamanya adaIah melalui perbaikan gizi masyarakat khususnya pada remaja. Permasalahan kesehatan dan gizi pada remaja akan mempengaruhi kualitas hidup saat usia produktif dan akan berdampak pada kualitas sumber daya generasi penerus bangsa.


Indonesia membutuhkan remaja yang produktif, kreatif, serta kritis demi kemajuan bangsa itu sendiri, dan remaja dapat mencapai produktivitas dan kreativitas yang maksimal serta mempunyai pemikiran yang kritis, apabila mereka sehat. Remaja sehat bukan hanya dilihat dari fisik, tetapi juga kognitif, psikologis, dan sosial. Perkembangan saat remaja, sangat menentukan kualitas seseorang untuk menjadi individu dewasa.


Persoalan remaja tidak dapat diselesaikan oleh bidang Kesehatan saja, namun perlu dukungan dan kontribusi lintas program, lintas sektor, profesi dan semua mitra pembangunan.


Peringatan HGN tahun 2020 merupakan momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi antara lain melalui edukasi gizi seimbang dan suplementasi Tablet Tambah Darah pada ibu hamil dan remaja putri. Hal ini dapat mendorong percepatan pencapaian RPJMN tahun 2024 bidang kesehatan yaitu percepatan penurunan stunting dan wasting.


Melalui momentum HGN ke-60 tahun 2020 ini diharapkan para pemangku kepentingan termasuk masyarakat dan unsur pemerintah memiliki komitmen yang tinggi untuk ikut berperan serta bekerjasama dalam meningkatkan perbaikan gizi dan derajat kesehatan melalui tema “GIZI Optimal Untuk Generasi MILENIAL”.



Sejalan dengan tujuan tersebut, Hari Gizi Nasional (HGN) menjadi bagian penting dalam mencapai tujuan yang diharapkan dalam membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi melalui gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan.



Baca: Pengertian Gizi Seimbang dan Prinsip-prinsipnya


1. LOGO PERINGATAN HARI GIZI NASIONAL (HGN) 2019

Logo Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN), adalah sebagai berikut.

Logo HGN ke-60 Tahun 2020

https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar logo tema peringatan HGN Indonesia (hari gizi Nasional) tahun 2020 yang ke 60


2. TEMA PERINGATAN HARI GIZI NASIONAL (HGN) 2020

Sebagaimana dilansir Kurikulum Pelajarancg dari laman www.kesmas.kemkes.go.id (situs resmi Kementerian Kesehatan RI), tema yang diangkat dalam peringatan Hari Gizi Nasional tahun 2019 adalah "GIZI Optimal Untuk Generasi MILENIAL".

Sub Tema untuk hastags : "#milenialsadargizi dan #hgn60".



3. TEMA DAN LOGO UNTUK SLOGAN PERINGATAN HARI GIZI NASIONAL (HGN) 2020

Adapun HGN ke-60 Tahun 2020 mengangkat slogan adalah "Ayo Jadi MILENIAL Sadar GIZI"

untuk download file buku panduan HGN ke-60 Tahun 2020 Anda dapat mengunduh di situs resmi kemkes dengan format PDF http://www.kesmas.kemkes.go.id/portal/konten/~pengumuman/011415-buku-panfuan-hgn-ke-60


4. TUJUAN

Tujuan peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 tahun 2020 adalah:
  • Meningkatkan pengetahuan dan peran aktif masyarakat khususnya generasi milenial tentang kesehatan dan gizi.
  • Menyebarluaskan informasi dan promosi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi yang optimal dalam pembangunan SDM yang berkualitas.
  • Meningkatkan peran media massa dalam kampanye gizi remaja sebagai salah satu upaya penanggulangan stunting.
  • Meningkatkan komitmen dan kerja sama antara pemerintah baik sektor kesehatan maupun non kesehatan ditingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta swasta dalam kesehatan dan gizi.


Akhir kata sambut peringatan hari Gizi Nasional penulis di pelajarancg.blogspot.com mengucapkan selamat memperingati HGN tahun 2020 yang ke 60!.

Post a Comment for "LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI GIZI NASIONAL (HGN) 2020"