PELAJARAN BAHASA INDONESIA: CONTOH NASKAH PIDATO PERPISAHAN SEKOLAH YANG SINGKAT DAN MUDAH DIHAFAL

pelajarancg.blogspot.com: Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan atau bahasa setempat di wilayah lain yang telah ditetapkan sebagai bahasa nasional suatu negara dalam hal ini Indonesia. Dalam pengertian sebenarnya Bahasa Indonesia merupakan wahana atau alat dan pengungkap kebudayaan nasional yang utama. Fungsi bahasa pemersatu ini ditingkatkan melalui usaha memberlakukannya sebagai salah satu syarat atau ciri manusia Indonesia modern. Ini juga yang melatarbelakangi di sekolah, baik tingkat dasar (SD) maupun Menengah (SMP dan SMA) terdapat kurikulum pelajaracg dengan materi Bahasa Indonesia.


Tentu saja selain belajar bahasa pemersatu Indonesia ini, ada baiknya kamu juga mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari, baik di pergaulan sekolah maupun lingkungan sekitar. Contohnya di sekolah, kamu dapat menerapkannya pada percakapan ataupun membuat karangan bebas sebagai tugas sekolah. Apalagi jika kamu adalah siswa dari kelas akhir (6, 9 dan 12), inilah saatnya kamu mempraktekkan pelajaran bahasa Indonesia yang kamu pelajari di sekolah.


Katakan saja ketika akan ada acara kelulusan atau perpisahan, dan memungkin kamu untuk membuat naskah teks pidato sambutan. Naskah teks pidato sambutan perpisahan SD, SMP dan SMA sebenarnya tidak jauh berbeda, namun saat membuat pidato tersebut dibutuhkan pengetahuan apa saja pokok-pokok pidato untuk acara perpisahan sekolah.


Secara singkat, umumnya isi pokok dari pidato perpisahan kelas dalam susunan naskah pidato supaya lengkap akan mencakup:
  • Ucapan terima kasih:
  • Tekad selanjutnya:
  • Salam pembukaan:
  • Ucapan rasa bahagia:
  • Kata-kata perpisahan:
  • Nasehat untuk adik kelas:




PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK CONTOH NASKAH PIDATO PERPISAHAN SEKOLAH YANG SINGKAT, MUDAH DIHAFAL DAN YANG MENYENTUH HATI

Berikut adalah contoh-contoh naskah pidato perpisahan sekolah sebagai referensi pelajar tingkat dasar maupun Menengah yang pelajarancg.blogspot.com rangkum lengkap perpisahan SD, SMP dan SMA seperti contoh berikut:

CONTOH UNTUK KELAS 6 SD

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat Bpk/ibu kepala sekolah SD (Nama Sekolah Kamu)
Yang terhormat Para dewan guru SD (Nama Sekolah Kamu) tanpa menyebut satu persatu
Yang terhormat Para orang tua kami dan tamu undangan
Yang terhormat dan yang saya banggakan teman-teman sekalian.


Pertama-tama, Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNya, pada hari ini kita telah berkumpul dalam rangka untuk melaksanakan acara perpisahan.


Sejujurnya, saya dan mewakili seluruh teman-teman kelas 6 disini sangat berat untuk menyampaikan pidato ini, kami sedih karena harus berpisah dengan bapak ibu guru, teman, dan adik-adik kelas sekalian. Namun, seperti pepatah bijak mengatakan "Ada Pertemuan, Ada Perpisahan" yang artinya Di mana ada awal, pasti akan ada akhir. Akhir sebuah perjalanan, ia akan menjadi awal bagi perjalanan lainnya dan itulah kehidupan.


Terkhusus kepada bapak/ibu kepala sekolah serta jajaran bapak dan ibu guru yang kami hormati. saya dan mewakili seluruh teman-teman kelas 6 mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya karena selama ini bapak dan ibu guru telah ihklas dan tulus mendidik dan mengajarkan kami dari berbagai ilmu untuk menjadi bekal dasar pengetahuan kami.


Atas semua jasa bapak dan ibu guru pula kami dapat melaksanakan semua pelajaran hingga menyelasaikan Ujian Nasional dengan baik dan tentu semua pelajaran-pelajarancg akan kami ingat semasa hidup kami.


Kami menyampaikan permohonan maaf sedalam-dalamnya untuk guru-guru kami atas kenakalan dan tingkah laku kami yang kadang membuat ibu dan bapak kesal. Sekali lagi ucapan terima kasih, karena ibu dan bapak guru dengan penuh sabar menuntun kami selama bersekolah di tempat ini. Mungkin tanpa adanya bimbingan bapak dan ibu guru sekalian, kami akan menjadi anak-anak yang bodoh dalam berfikir.


Kepada adik-adik kelas sekalian kalian teruslah belajar yang semangat dan teruslah bersekolah dengan baik dan tetap hormatilah bapak dan ibu guru kita semua. Dan semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin!!


Demikianlah pidato dari saya in dan saya akhiri

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


CONTOH UNTUK KELAS 9 SMP

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMP Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com
Yang terhormat Bapak/Ibu guru SMP Kurikulum Pelajarancg
Yang terhormat Para orang tua kami dan tamu undangan
Serta teman-teman dan adik-adik kelas kami yang kami cintai


Di hari yang indah ini, kami haturkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas izinNya kita bisa berkumpul bersama untuk acara perpisahan kelas 9 SMP Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com.


Saya selaku wakil dari kelas 9, ingin mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kesalahan yang pernah kami lakukan selama kami bersekolah 3 tahun lamanya di SMP SMP Pelajarancg ini kepada Bapak Kepala Sekolah, seluruh guru SMP Kurikulum, serta teman-teman dan adik-adik kelas kami.


Walaupun kami melakukan kesalahan berulang kepada para guru yang mengajar tetapi Bapak/Ibu sekalian selalu membimbing, menasihati, dan mendidik kami dengan sabar. Maka dari itu kami ucapkan banyak terima kasih kepada para guru yang sudah menjadi pembimbing dan pembina kami.


Untuk adik-adik kelas tercinta, teruskan perjuangan kalian dalam menuntut ilmu dan jangan patah semangat. Teladanilah selalu para guru yang sudah mengajar, mendidik dan membimbing kalian. Adik-adikku sekalian, kami mungkin bukan contoh yang baik untuk kalian maka berprestasilah lebih baik dari kami sampai kalian bisa mencapai cita-cita.


Kami akan selalu mengenang setiap kenangan yang sudah kami lewati di SMP Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com ini, kini kami akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.


Akhir kata, saya ucapkan sekian dan banyak terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

https://pelajarancg.blogspot.com/


Baca:



CONTOH UNTUK KELAS 12 SMA

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMA Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com
Yang terhormat Bapak/Ibu guru SMA Kurikulum Pelajarancg
Yang terhormat Para Bapak/Ibu wali murid dan tamu undangan
Serta teman-teman dan adik-adik kelas kami yang kami cintai


Salam sejahtera bagi kita semua, Alhamdulilah kami panjatkan puji dan syukur pada Allah SWT atas rahmatnya dan atas izinNya kami semua bisa berkumpul di acara pelepasan kelas 12 SMA Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com.


Di kesempatan yang berbahagia ini, saya sebagai wakil dari kelas 12 SMA Kurikulum Pelajarancg mengucapkan selamat kepada seluruh teman-teman kelas 12 yang sudah menyelesaikan ujian akhir dan sudah menempuh kelulusan dengan hasil yang baik. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak sekolah yang sudah berhasil meluluskan siswa siswinya.


Hadirin yang berbahagia,
Sudah banyak sekali kenangan yang telah kita lewati selama 3 tahun bersekolah di 12 SMA Pelajarancg. Sudah banyak juga suka dan duka yang kita lewati bersama, Namun, seperti kata-kata bijak mengatakan "Ada Pertemuan, Ada Perpisahan".


Di mana ada awal, pasti akan ada akhir. Itulah kehidupan. Ketika akhir sebuah perjalanan akan menjadi awal perjalanan yang lain, dan sebuah perpisahan akan menjadi pertemuan dengan sesuatu yang baru. Dan di dalam hidup, banyak orang yang datang dan pergi.


Allah telah menjumpakan kita dengan orang-orang yang Dia telah gariskan dalam catatan takdir sehingga mereka pun datang silih berganti. Ada yang melintas dalam segmen singkat, namun membekas di hati. Semua perasaan dan pengalaman itu kami rasakan dan temukan di sekolah kami yang tercinta ini. Kini tiba saatnya kami melanjutkan fase pendidikan yang lebih tinggi di hidup kami yaitu ke perguruan tinggi.


Pada kesempatan kali ini juga, saya mewakili teman-teman saya mengucapkan banyak terima kasih kepada para guru yang telah mengorbankan seluruh waktunya untuk mendidik dan membimbing kami. Semoga Allah membalas semua jasa-jasa kalian.


Untuk teman-teman seperjuangan yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, mari kita teruskan perjuangan kita dan semoga kita mendapatkan keberhasilan serta kesuksesan. Semoga kita semua bisa mendapatkan cita-cita yang kita inginkan.


Demikian pidato dari saya, mohon maaf jika ada salah kata, ucapan terima kasih atas perhatiannya. Sekian.


Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


KESIMPULAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA: CONTOH NASKAH PIDATO PERPISAHAN SEKOLAH YANG MUDAH DIHAFAL DAN SINGKAT

Menurut para ahli seperti contoh Emha Abdurrahman, berpendapat bahwa pengertian pidato adalah kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan uraian atau pendapat yang dilakukan oleh seseorang secara lisan mengenai sesuatu hal atau masalah dengan menggunakan kalimat yang jelas di hadapan orang banyak pada waktu tertentu. Dan Pidato perpisahan sekolah adalah kata sambutan yang berisikan tentang ucapan perpisahan yang disampaikan oleh siswa calon alumni kepada gurunya.


Teks naskah-naskah diatas hanya sekedar contoh sebagai referensi, kamu dapat mengubah susunannya dengan menyesuaikan tema perpisahan di sekolah-sekolah kamu. Pesan dari pelajarancg.blogspot.com pisah bukanlah akhir dari segalanya karena perpisahan merupakan awal petualang baru dalam menempuh perjalana hidup, jangan sedih ya!!!

Post a Comment for "PELAJARAN BAHASA INDONESIA: CONTOH NASKAH PIDATO PERPISAHAN SEKOLAH YANG SINGKAT DAN MUDAH DIHAFAL"