KUMPULAN DOA-DOA MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN

Kumpulan Bacaan Doa-doa Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2020. Bulan Sya'ban akan berakhir yang artinya dalam beberapa hari umat Islam akan menyambut Bulan Suci Ramadhan untuk melaksanakan puasa Wajib. Bulan Suci Ramadhan disebut juga dengan nama lainnya: Bulan Alqur'an, Bulan Ampunan, Bulan sedekah, Bulan Rizki, Bulan Shalat Malam (Syahrul Qiyâm), Bulan doa, Bulan Rahmat, dan Bulan Puasa.


Puasa Ramadhan secara umum adalah menahan hawa nafsu dari hal-hal yang membatalkan puasa di Bulan Suci Ramadhan. Melaksanakan puasa adalah Wajib.  Kewajiban Melaksanakan melaksanakan puasa tekah dikatakan dalam Alqur'an Surat Al Baqarah ayat 183 yang artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."


Baca: KATA MUTIARA UCAPAN MENYAMBUT RAMADHAN 2023


Tentu saja bagi Umat Islam yang bertakwa akan sangat merindukan Ramadhan karena terdapat keistimewaan berupa gelar tertinggi yang dapat diraih manusia sebagai hamba Allah, yaitu Taqwa, alasan lainnya adalah ini bulan Pengampunan dimana pahalanya dilipatgandakan, Dibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka, Ibadah yang Istimewa (berpuasa), Dicintai Allah, Pengabulan Doa, Turunnya malam Lailatul Qodar, dll.


Dari keistimewaan-keistimewaan tersebutlah, banyak umat Muslim Menyambut Bulan Suci Ramadhan dengan beragam amalan dan doa-doa dengan harapan mendapat berkah Rajab dan Sya’ban, kemudian melihat hilal untuk dipertemukan dengan Ramadhan.


Sebagai sambutan bulan suci Ramadhan di Pelajarancg Agama Islam, berikut adalah kumpulan doa Islam yang Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com kumpulkan dari materi berbagai sumber.


KUMPULAN DOA-DOA UNTUK MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN


Doa Agar Berjumpa Ramadhan setelah Bulan Rajab dan Bulan Sya'ban


اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَب، وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allahumma baarik lanaa fii rojaba wa sya’ban, waballighnaa romadhoona

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban. Dan jumpakanlah kami kepada bulan Ramadhan.”


Bacaan doa tersebut banyak diriwayatkan para ulama, seperti Abdullah (anak dari Imam Ahmad), At Tabai, Al Baihaqi, dan Abu Nu’aim. Mereka menuliskan doa tersebut dalam kitab-kitab yang ditulisnya. Diyakini bahwa doa tersebut merupakan riwayat yang bersumber dari jalur Zaidah bin Abi Ruqad. Ia berkata bahwa Ziyad an Numairi mengabarkan dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah melantunkan doa tersebut ketika memasuki bulan Rajab.


Tetapi para ulama menyebut bahwa Zaidah bin Abi Ruqad merupakan perawi yang lemah dan tidak bisa dijadikan hujjah. Dengan demikian, doa tersebut berasal dari hadis yang sanadnya lemah, sehingga tidak bisa dikatakan bersumber dari Rasulullah.


Doa Agar Melihat Hilal


اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allahumma ahillahu ‘alaynaa bilyumni wal iimaani wassalaamati wal islaami robbii wa robbukallahu


Artinya: “Ya Allah, perjalankanlah bulan ini kepada kami dengan penuh kebajikan dan iman, serta keselamatan dan Islam. Rabb-ku dan Rabb-mu (bulan) adalah Allah.”


Diriwayatkan Imam Tirmidzi, Thalhah bin Ubaidillah menuturkan bahwa “Sesungguhnya Rasulullah ketika telah melihat hilal Ramadhan, beliau berdoa: “Allahumma ahillahu ‘alaynaa bilyumni wal iimaani wassalaamati wal islaami robbii wa robbukallah” (Ya Allah, jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.”


Jika dilihat dari arti doa tersebut, bacaan ini bukanlah untuk menyambut bulan Ramadhan melainkan bacaan ketika melihat hilal dan dapat dibaca setiap pergantian bulan dalam kalender hijriah (Islam). Tentu saja dalam kalender hijriah terdapat bulan Ramadhan, dan penentuan awal puasa berdasarkan dari Hilal, maka ini bisa dibaca ketika melihat Hilal dengan tujuan memohon kebaikan di bulan Ramadhan dengan segala amalan-amalan ibadah dan puasanya.

https://pelajarancg.blogspot.com/


Pelajari juga:



Doa Menyambut Bulan Ramadhan Dengan Harapan di terima amal ibadah dan puasa Ramadhan


اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً


Allahumma sallimnii liaa romadhoona wasallim lii romadhoona watasallamhu minni mutaqobbalaa


Artinya: “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.”


Doa tersebut merupakan doa yang biasa dilantunkan para ulama. Mereka adalah orang-orang yang berharap segera dipertemukan dengan Ramadhan, sehingga biasa melantunkan doa itu enam bulan sebelumnya, bahkan enam bulan setelahnya.


Semangat para ulama tersebut bisa kita tiru, dan doa ini bisa kita praktekkan untuk menyambut Ramadhan. Di dalam doa itu, ada permintaan untuk mempertemukan kita dengan Ramadhan, sekaligus memohon agar Allah menerima amal di bulan Ramadhan.


Meskipun banyak sekali amal untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2020 sesuai sunnah lainnya, namun teman-teman di pelajarancg.blogspot.com berharap kumpulan doa-doa diatas dapat menjadi pelengkap materi mata pelajarancg Agama Islam dengan kurikulum siswa sekolah tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA jelang awal Ramadan 1444 Hijriah.

Post a Comment for "KUMPULAN DOA-DOA MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN"