HIKMAH DAN TEMA PERAYAAN IDUL FITRI 2023

Hikmah dan Tema Perayaan Idul Fitri 1444 H Tahun 2023. Perayaan Idul Fitri diperingati setiap awal (1 - 2 hari) Syawal oleh umat Islam di Indonesia juga dunia untuk merayakan kemenangan setelah melaksanakan ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan dengan kata lain Aidilfitri, Idul Fitri, lebaran, Eid al-Fitr, Eid ul fitr, Idulfitri dalam bahasa Inggris: Festival of breaking the fast.


Pada tulisan kali ini kurikulum pelajaran akan membahas mengenai hikmah dan Perayaan Idul Fitri 2023. Sedangkan tulisan intisari dari pengertian Perayaan Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 dan hikmahnya dibahas dalam artikel tersendiri.


Perayaan Idul Fitri adalah bertujuan tidak hanya merayakan kemenangan setelah melaksanakan ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan juga Sholat Ied saat hari ini. Karena sebagai umat muslim sangat penting memaknai setiap peristiwa Idulfitri bukan hanya sangat identik dengan tradisi mudik, halal bihalal, kesuka citaan, hidangan kue lebaran dan kegiatan Idul Fitri lain sebagainya.


Hari Idul Fitri merupakan hari libur Islam selain hari Maulid Nabi Muhammad SAW dan hari raya Idul Adha.

https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar tema, hikmah dan ucapan Selamat hari raya idul fitri tahun 2023/1444 H



Bulan Syawal adalah bulan ke 10 Tahun hijriyah dan 1 Syawal adalah hari raya awal Idul Fitri. Di tahun 2023, tanggal 1 Syawal 1444 H InsyaAllah jatuh pada hari Sabtu, 22 April yang merupakan hari Libur dan cuti bersama 2023.


1. HIKMAH PERAYAAN IDUL FITRI 2023

Hikmah Perayaan Idul Fitri, tergantung kepada setiap induvidu itu sendiri namun pelajarancg telah merangkum secara umum untuk tahun 2023 sebagai referensi 2023 adalah sebagai berikut.


Hikmah pertama: Kembali 'FITRI'. kata Fitri yang berarti suci, bersih dari segala dosa, kesalahan, kejelekan, keburukan. Berkat ibadah selama bulan Ramadhan yang dilengkapi dengan menunaikan Zakat fitrah, Insya Allah kita termasuk orang-orang yang kembali kepada fitrohnya (fitri), karena ibadah puasa Ramadhan berfungsi sebagai tazkiyatun nafsi yaitu mensucikan jiwa dan Zakat fitrah berfungsi sebagai tazkiyatul badan, yaitu mensucikan badan, maka setelah selesai ibadah puasa dan menunaikan zakat,seorang muslim akan kembali kepada fitrohnya yaitu suci jiwanya dan suci badanya. Seorang muslim yang kembali kepada fitrohnya selain sebagai abid (hamba Allah) yang bertakwa, ia juga akan memiliki kepekaan sosial yang tinggi peduli kepada lingkungannya. Itulah beberapa indikator dari gambaran seorang yang kembali kepada fitrahnya setelah selesai menunaikan ibadah shaum Ramadhan sebulan lamanya, dan itu akan tampak pada dirinya setelah selesai puasa ramadhan, mulai hari ini dan seterusnya.


Hikmah kedua: Idul Fitri tidak dimaksudkan hanya untuk merayakan pesta untuk kesenangan dan kepuasan. Sebagaimana dikatakan dalam buku Fiqh Madzahib al-Arba’ah-Dalilun Masyru’iyyatun Sholat al- ‘Idain karya Abdurrahman Al-Jaziri, "Sesungguhnya Allah SWT telah mengganti kedua hari tersebut dengan Hari Raya Idul Adha dan Idul Fitri, yang penuh dengan makna dan hikmah-hikmahnya." Peristiwa tersebut menjadi sebuah riwayat yang menjadi Hadist yang terdapat dalam kitab Fiqh Madzahib Al-Arbaah.


Hikmah ketiga : Kepedulian sosial dengan membayar Zakat Fitrah sebelum hari raya. Ini adalah bentuk saling berbuat memberi kebaikan antara orang kaya dan orang miskin di hari raya. dengan tujuan utama sebagai bentuk syukur setelah puasa sempurna dilaksanakan dan juga Untuk memberi makan kepada orang miskin dan mencukupi mereka sehingga tidak perlu meminta-minta di hari raya, sekaligus membahagiakan mereka di hari raya. Jadilah hari raya itu menjadi hari kebahagiaan. Intinya dengan kegiatan acara untuk hari raya ini maka perenungan, kepedulian dibutuhkan bukan hanya semata menghadiri tabligh akbar, bersilaturahmi saling mengirim ucapan minal aidin wal faidzin untuk minta maaf kemudian posting ke media sosial namun melupakan hakikat pentingnya membayar Zakat Fitrah sebelum hari raya.


Tentu saja masih banyak hikmah-hikmah utama lainnya yang terlewat oleh pelajarancg namun secara umum semoga ini bisa mewakilinya.


Pelajari:


2. TEMA PERAYAAN IDUL FITRI TAHUN 2023

Banyak sekali yang kurikulum pelajaran temukan tema yang bagus baik itu untuk di sekolah maupun kantor, salah satu tema yang bisa diangkat dalam Perayaan Idul Fitri di 2023 contoh unik adalah "Menebar Maaf dan Bangun Kebersamaan pada Hari Raya IdulFitri".


Dan sebagai alternatif untuk baliho, mading, ucapan selamat, kata mutiara Islami hingga kegiatan acara, inilah tema Perayaan Idul Fitri 2023 yang bisa dijadikan sebagai pilihan menarik terbaik khususnya bagi pemuda.
  • Kembali ke Fitri, Eratkan Persatuan dan Kebersamaan.
  • Membangkitkan Spirit Keimanan Sebagai Pesan Inti hari kemenangan.
  • Lebaran di Hari Idul Fitri sebagai iktibar/pelajaran untuk memotivasi diri sendiri.
  • Dengan Hikmah Perayaan hari raya Idul Fitri Kita Mantapkan Keimanan dan Ketaqwaan kita untuk menjadi Insan lebih baik.
  • Kita tingkatkan iman dan taqwa, kita raih kemenangan dan kegemilangan menuju insan kamil dengan tingkat kepedulian yang tinggi.
  • Dengan merayakan Idul Fitri Kita Tingkatkan Toleransi dan Kerukunan Ummat Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.
  • Idul Fitri Momen Meningkatkan Keimanan.
  • Idul Fitri Sebagai Momentum Mensucikan Jiwa
  • Jadikan hikmah Idul Fitri Sebagai semangat perkuat NKRI

Hikmah tema dan kata Perayaan Idul Fitri 2023 1 Syawal 1444 H ini diharapkan mampu memotivasi juga diharapkan dapat menjadi referensi bagi teman pelajarancg yang sedang mencari ide untuk merayakan hari besar Islam lebaran tersebut.


Akhir pesan dari pembahasan pelajarancg mengucapkan selamat merayakan hari raya Idul Fitri untuk teman dan keluarga Muslim di Indonesia juga dunia semoga perayaan suci ini membawa kita pada intisari perayaan sesungguhnya. Taqabbalallahu minna wa minkum mohon maaf Lahir batin Allahu Akbar Allahu Akbar Lailaha illallahu wallahu Akbar Allahu Akbar Walillahilhamd!!

Post a Comment for "HIKMAH DAN TEMA PERAYAAN IDUL FITRI 2023"