PEDOMAN PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2022

Isi Naskah Teks Pancasila. pelajarancg.blogspot.com/ bpip.go.id - Sebagaimana telah dipelajari dalam mapel sejarah, Pemerintah telah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila. Setiap tanggal 1 Juni pun diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila dan ditetapkan menjadi hari libur nasional.

https://pelajarancg.blogspot.com/
Background untuk Virtual Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022. pelajarancg.blogspot.com/ Badan Pembinaan Ideologi Pancasila


Pelajari: ARTI DAN MAKNA DARI LAMBANG PANCASILA


Selaku panitia kegiatan pelaksanaan peringatan tahun ini, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022. Surat Edaran ini telah ditandatangani oleh Kepala BPIP Yudian Wahyudi di Jakarta pada tanggal 13 Mei 2022.


Diterbitkannya Surat Edaran ini adalah untuk menjadi pedoman atau panduan dalam pelaksanaan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 di tingkat pusat dan daerah serta Kantor Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri meski kegiatan tersebut masih dalam masa pemulihan pandemi COVID-19.


Disebutkan dalam Edaran ini, Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila pada tahun 2022 ini diselenggarakan secara terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada hari Rabu tanggal 1 Juni 2022 pukul 08.00 WITA secara luring dan daring, yang dihadiri oleh Presiden, Wakil Presiden, pimpinan lembaga negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah provinsi, kabupaten/kota, perwakilan negara sahabat di Indonesia, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan para tokoh serta seluruh tamu undangan secara luring dan daring.


Adapun tema Peringatan Hari Lahir Pancasila pada tahun ini adalah Pancasila: "Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia". Lebih lanjut, untuk dapat mengetahui informasi lengkap mengenai pedoman pelaksanaan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022, SE Kepala BPIP Nomor 4 Tahun 22 filenya dapat diakses atau diunduh (di-download) langsung melalui tautan (link) berikut ini:



Pelajari Tentang BPIP

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau disingkat BPIP adalah lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan, dan melaksanakan penyusunan standardisasi pendidikan dan pelatihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat lainnya. BPIP merupakan revitalisasi dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPIP).

Pelajari: KATA UCAPAN SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA TERBARU

BPIP secara strategis akan melakukan berbagai upaya melalui berbagai program kebijakan pembinaan ideologi Pancasila dalam mendukung terwujudnya visi Presiden dan Wakil Presiden untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong royong berbasiskan pemanfaatan sumber daya manusia unggul.


Selamat memperingati kelahiran pancasila, semoga nilai-nilainya selalu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari temasuk di sekolah sahabat kurikulum pelajarancg.blogspot.com!!!

Post a Comment for "PEDOMAN PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2022"