PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2022

pelajarancg.blogspot.com - Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 merupakan Hari Lahir Pancasila sekaligus sebagai Hari Libur Nasional. Penetapan Keputusan tersebut bertujuan agar pemerintah, masyarakat dan seluruh komponen bangsa memperingati Pancasila sebagai ideologi bangsa.


Pancasila itu jiwa dan raga kita. Ada di aliran darah dan detak jantung kita, perekat keutuhan bangsa dan negara. Saya Jokowi, Saya Indonesia, Saya Pancasila - Kata Mutiara Presiden RI, Joko Widodo.



Sebagai ideologi, Pancasila memiliki beberapa peranan seperti sebagai dasar negara dan sebagai pandangan hidup. Mari pelajari, apakah pengertian pancasila yang sesungguhnya?

Pelajari: KATA UCAPAN SELAMAT HARI KESAKTIAN PANCASILA TERBARU

Secara bahasa atau etimologis, pancasila berasal dari kata panca yg artinya lima dan sila yang artinya dasar. Maka arti pancasila adalah lima dasar kehidupan. Adapun arti lain dari pancasila adalah berbatu sendi yang lima. Lima nilai dasar pancasila pada masa majapahit adalah:
  • Dilarang berbohong;
  • Dilarang mencuri;
  • Dilarang berjiwa dengki;
  • Dilarang melakukan kekerasan; dan
  • Dilarang mabuk.



Secara istilah atau etimologis, pancasila merujuk kepada dasar negara Indonesia. Pancasila dirumuskan oleh pendiri bangsa pada sidang BPUPKI pertama. Berikut nilai lima pancasila sebagaimana dipelajari:
  • Ketuhanan Yang Maha Esa (Ketuhanan);
  • Kemanusiaan yang adil dan beradab (Keadilan);
  • Persatuan Indonesia (Persatuan);
  • Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan (Kerakyatan dan Musyawarah); dan
  • Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia (Keadilan).


https://pelajarancg.blogspot.com


Latar Belakang Lahirnya Pancasila

Lahirnya pancasila dilatar belakangi oleh pemberian janji oleh Perdana Menteri Jepang yaitu Kuniaki Koiso, sebagai salah satu realisasi janji tersebut, dibentuklah Badan Penyelidikan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), yaitu pada tanggal 1 Maret 1945 dan barulah diresmikan pada tanggal 29 April 1945. BPUPKI diketuai oleh Dr.K.R.T. Radjiman Widyoningrat.


BPUPKI mengadakan sidang sebanyak 2 kali, sidang pertama dilaksanakan pada tanggal 29 Mei - 1 Juni 1945 yang membahas tentang dasar negara, ada 3 tokoh yang mengemukakan pendapatnya, yaitu:
  • Mr.Muh.Yamin, pada tgl 29 Mei 1945;
  • Mr.Soepomo, pada tgl 31 Mei 1945; dan
  • Ir.Soekarno, pada tgl 1 Juni 1945



Rumusan yang dikemukakan oleh Soekarno disebut dengan Pancasila, inilah awal terbentuknya Pancasila dan pada tanggal tersebut diperingati sebagai hari lahir Pancasila. Rumusan yang dikemukakan oleh Soekarno ada 5 yaitu:
  1. Kebangsaan Indonesia
  2. Internasionalisme atau peri kemanusiaan
  3. Mufakat atau demokrasi
  4. Kesejahteraan Sosial
  5. Ketuhanan yang Maha Esa



Pada tanggal 7 Agustus BPUPKI dibubarkan dan digantikan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), yang diketuai oleh Ir.Soekarno. Pada sidang 1 PPKI, Muhammad Hatta mengusulkan adanya perubahan pada sila 1 pada Pancasila dalam piagam Jakarta, yang semula "Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya" menjadi "Ketuhanan Yang Maha Esa", Sehingga teks Pancasila menjadi:
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.



Penetapan tanggal 1 Juni sebagai Peringatan Hari Lahirnya Pancasila

Peringatan Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni mengacu pada pidato Presiden pertama RI, Soekarno. Pada 1 Juni 1945 Presiden Soekarno berpidato dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Dalam pidatonya Presiden Soekarno memaparkan rumusan awal Pancasila menjadi dasar dan pedoman negara.


Berpedoman pada sejarah tersebut, tanggal 1 Juni resmi ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Hari Lahir Pancasila melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Jokowi menyampaikan keputusan ini melalui pidato pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Gedung Merdeka, Bandung pada 1 Juni 2016.


Peringatan Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni Tahun 2022

Untuk memperingati sejarah lahirnya Pancasila yang jatuh pada hari Rabu, 1 Juni 2022 Pemerintah melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, BPIP meliris surat edaran Nomor 4 Tahun 2022 tentang Peringatan Hari Lahirnya Pancasila Tahun 2022.


Dalam edaran tersebut dikatakan bahwa, "Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 merupakan Hari Lahir Pancasila, maka setiap tanggal 1 Juni segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara."


Untuk tahun ini, BPIP mengusung Tema Peringatan “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”. Selain tema Peringatan Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni Tahun 2022, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP) juga meliris Surat Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 berikut Background Virtual Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni Tahun 2022. Dengan harapan nantinya Background ini digunakan saat penyelenggaraan upacara secara hybrid (luring dan daring) sebagai upaya mendukung pemerintah dalam mencegah, mengendalikan dan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 di Indonesia.


Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.


PELAJARI PERBEDAAN HARI LAHIR DENGAN HARI KESAKTIAN PANCASILA

Kedua Peringatan Hari Pancasila ini adalah berbeda. Untuk mempelajari apa saja perbedaannya, silahkan baca terus pembahasan Kurikulum pelajarancg.blogspot.com, berikut:


Pertama, Peringatan Hari Lahir Pancasila jatuh setiap tahun pada tanggal 1 Juni, sedangkan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila jatuh setiap tahun pada tanggal 1 Oktober.


Kedua, Sejarah Peringatan kelahiran Pancasila mengacu pada pidato Presiden pertama RI, Soekarno. Pada 1 Juni 1945 Presiden Soekarno berpidato dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Dalam pidatonya Presiden Soekarno memaparkan rumusan awal Pancasila menjadi dasar dan pedoman negara. Adapun Sejarah Peringatan Kesaktian Pancasila mengacu pada peristiwa Gerakan 30 September 1965 yang menyebabkan 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD gugur, hingga akhirnya mereka dikenal sebagai Pahlawan Revolusi.


Ketiga, Hari Peringatan Lahirnya Pancasila ditetapkan berdasarkan Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 oleh Presiden RI, Joko Widodo. Sedangkan Hari Peringatan Kesaktian Pancasila ditetapkan berdasarkan Berdasarkan Keppres Nomor 153 Tahun 1967.


Selamat memperingati 1 Juni 2022 untuk saluruh siswa pelajaran di Indonesia, harapan penulis kurikulum pelajarancg.blogspot.com pada peringatan ini, Semoga kita senantiasa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!!!

Post a Comment for "PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2022"