LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI KELUARGA NASIONAL (HARGANAS) 2020

Logo dan Tema Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tahun 2020 ke-27 di pelajarancg.blogspot.com. Peringatan Hari Keluarga Nasional diperingati setiap tanggal 29 Juni oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keppres RI Nomor 34 Tahun 2014, merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya keluarga di negeri ini. Menurut sejarah singkatnya Penetapan Hari Keluarga Nasional dilatarbelakangi dari gagasan Ketua Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di era Presiden Soeharto, Prof. Dr. Haryono Suyono. singkat cerita, gagasan ini disetujui oleh Presiden Soeharto. Maka, lahirlah Hari Keluarga Nasional yang diperingati setiap 29 Juni.


Pada tulisan kali ini Kurikulum Pelajarancg akan membahas mengenai Logo dan Tema Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke 27 Tahun 2020. Sedang tulisan sambutan Pedoman kegiatan acara Peringatan Hari Keluarga Nasional Tahun 2020 dapat di downlod pada situs resmi bkkbn.go.id


Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) memiliki sejarah yang panjang. Peringatan Hari Keluarga Nasional yang diselenggarakan setiap tanggal 29 Juni tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari pengejawantahan Hari Pertasikencana (Pertanian, Koperasi, Keluarga Berencana) yang pernah diperingati bersama sebelum peringatan Harganas diluncurkan, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk menghidupkan fungsi-fungsi yang ada dalam keluarga.


Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional meskipun dilaksanakan secara terpusat, terbatas, dan memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara. Peringatan hari keluarga merupakan upaya untuk mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia, betapa pentingnya suatu keluarga. Keluarga mempunyai peranan dalam upaya memantapkan ketahanan nasional dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa. Dari keluargalah kekuatan dalam pembangunan suatu bangsa akan muncul.


Adapun tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat terhadap pentingnya keluarga kecil, bahagia dan sejahtera dalam kerangka ketahanan keluarga.


Sejalan dengan tujuan tersebut, Hari Keluarga Nasional (Harganas) menjadi bagian penting dalam mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan dalam keluarga kecil, bahagia dan sejahtera dalam kerangka ketahanan keluarga berkelanjutan.



1. LOGO PERINGATAN HARI KELUARGA NASIONAL (HARGANAS) 2020

Logo Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Ke-27 Tahun 2020, adalah sebagai berikut.


https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar logo Harganas - Hari Keluarga Nasional Indonesia ke 27 tahun 2020






2. TEMA PERINGATAN HARI KELUARGA NASIONAL (HARGANAS) 2020

Sebagaimana ditetapkan oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), tema Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-27 tahun 2020 adalah "BKKBN Baru Dengan Cara Baru Dan Semangat Baru Hadir Di Dalam Keluargamu”. dengan tema ini diharapkan dapat meningkatkan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Masyarakat.



3. SEJARAH LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI KELUARGA NASIONAL (HARGANAS) 2020

Adapun Sejarah dan Peringatan HARGANAS Setiap Tahunnya. Tahun 1945 Indonesia telah menyatakan kemerdekaannya. Namun situasi bangsa ini belum begitu kondusif. Bahkan untuk mempertahankan kemerdekaan, diberlakukannya wajib militer bagi rakyat. Hal ini menjadikannya mereka berpisah dengan keluarga. Melalui perjuangan yang gigih, pada 22 Juni 1949 Belanda menyerahkan kedaulatan bangsa Indonesia secara utuh. Seminggu kemudian, tepatnya 29 Juni 1949, para pejuang kembali kepada keluarganya. Inilah yang melandasi lahirnya Hari Keluarga Nasional (Harganas)


Pada saat itu pengetahuan keluarga tentang usia nikah amat rendah disamping keinginan kuat untuk mengganti keluarganya yang gugur dalam peperangan, mengakibatkan perkawinan dini tinggi. Tentunya kesiapan yang kurang saat menikah dini sangat berpengaruh terhadap tingginya angka kematian ibu dan bayi ketika itu.


Tercatat dalam sejarah bahwa tanggal 29 Juni 1970 merupakan puncak kristalisasi pejuang Keluarga Berencana untuk memperkuat program Keluarga Berencana (KB), sehingga tanggal tersebut dikenal dengan tanggal dimulainya Gerakan KB Nasional. Hari itu sebagai hari kebangkitan keluarga Indonesia. Hari bangkitnya kesadaran untuk membangun keluarga ke arah keluarga kecil bahagia sejahtera melalui KB.


Selama kurun waktu dua puluh tahun, telah banyak keberhasilan program KB termasuk menjadi tempat pembelajaran bagi negara-negara lain. Program Kependudukan dan KB berhasil meraih penghargaan UN Population Award. Pada gilirannya, pada 1992 Presiden Republik Indonesia (RI) saat itu menetapkan tanggal 29 Juni sebagai Hari Keluarga Nasional. Penetapan ini dilatarbelakangi pemberian penghargaan kepada rakyat Indonesia yang telah berjuang merebut dan mempertahankan RI dengan meninggalkan keluarganya.


Harganas dimaksudkan untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Keluarga diharapkan menjadi sumber yang selalu menghidupkan, memelihara dan memantapkan serta mengarahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi.


Akhirnya, Harganas mendapat legalitas. Pada 15 September 2014 melalui Keputusan Presiden RI Nomor 39 tahun 2014, anggal 29 Juni ditetapkan sebagai Hari Keluarga Nasional dan bukan hari libur.




Akhir kata dari pembahasan pelajarancg.blogspot.com menyampaikan kata ucapan selamat memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) untuk Keluarga Indonesia dan Sedunia, mari membangun keluarga ke arah keluarga kecil bahagia sejahtera!.

Post a Comment for "LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI KELUARGA NASIONAL (HARGANAS) 2020"