PELAJARAN MENGENAI ERA NEW NORMAL DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Dunia Pendidikan di Indonesia adalah suatu pondasi dalam hidup yang harus dibangun dengan sebaik mungkin oleh karena itu perlu Peran Besar Orangtua selain juga para guru di sekolah, pelajarancg.blogspot.com Salah satu tujuan utama dari pendidikan adalah mengembangkan potensi dan mencerdaskan individu dengan lebih baik tanpa terkecuali di era Normal.


The New Normal, atau kondisi Normal yang baru dalam Pendidikan di Indonesia, yaitu kondisi dimana siswa atau pelajar harus menjalani pola hidup dan tatanan yang baru dalam aktivitas belajar normal sehari-hari dengan melaksanakan protokol kesehatan contoh memakai masker, rajin mencuci tangan, physical distancing dan lain sebagainya.

https://pelajarancg.blogspot.com/


Pendidikan Era New Normal berarti belajar dari study from home pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus dalam hal ini masa Pandemi Covid-19. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia bahkan telah menerbitkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Satuan pendidikan dalam kondisi khusus dapat menggunakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik.


Baca: SURAT EDARAN KEMENDIKBUD NOMOR 04 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN COVID-19



Kurikulum darurat (dalam kondisi khusus) yang disiapkan untuk kebutuhan pembelajaran peserta didik oleh Kemendikbud merupakan penyederhanaan dari kurikulum nasional. Pada kurikulum tersebut dilakukan pengurangan kompetensi dasar untuk setiap mata pelajaran sehingga guru dan siswa dapat berfokus pada kompetensi esensial dan kompetensi prasyarat untuk kelanjutan pembelajaran di tingkat selanjutnya. Tujuan utamanya adalah Satuan pendidikan pada kondisi khusus dalam pelaksanaan pembelajaran dapat:
  1. tetap mengacu pada Kurikulum Nasional;
  2. menggunakan kurikulum darurat; atau
  3. melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri.



Pelajarancg kurikulum mengenai era new Normal dalam pendidikan di Indonesia adalah menuntut peran penting orangtua selama belajar menggunakan kurikulum darurat, karena orangtua selalu mengawasi anaknya dalam belajar, dan jika anak mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas mereka bisa menanyakannya kepada orangtua


Pertanyaan selanjutnya adalah :
  1. Menurut kamu, apa yang dimaksud new normal dalam dunia pendidikan di sekolahmu? Berikan contohnya!
  2. Apakah kamu atau orangtua khawatir jika masuk sekolah lagi? Jelaskan alasanmu!
  3. Bagaimana atau apa yang akan kamu persiapkan untuk menghadapi New Normal dalam dunia pendidikan di sekolahmu dalam pelaksanaan pembelajaran era New Norman?
  4. Bagaimana peran orangtua kamu terhadap belajarmu selama belajar dari study from home? Jelaskan!
  5. Pelajaran apa yang kamu dan orangtuamu dapatkan di sekolah selama belajar dari study from home di era new Normal dalam pendidikan? Jelaskan!



Baca: GOOGLE CLASSROOM BAGI GURU DAN SISWA : PELAJARAN APA ITU GOOGLE CLASSROOM DAN CARA PENGGUNAANNYA DALAM RUANG KELAS DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN COVID-19


Ayo berbagi pengalaman kamu mengenai era new normal dalam dunia pendidikan di Indonesia sebagai panduan bersama kurikulum pelajarancg.blogspt.com semoga bermanfaat!!!

Post a Comment for "PELAJARAN MENGENAI ERA NEW NORMAL DALAM DUNIA PENDIDIKAN"